8 Hal Penting Yang Wajib Di Persiapkan Sebelum Test Interview Kerja

Ruangdiary.com - Wawancara kerja atau test interview merupakan tahap test yang cukup penting. dimana kamu akan berhadapan langsung dengan HRD untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang akan diberikan.

Di tahap ini juga cukup menegangkan dan tidak mudah calon karyawan dapat memikat hati HRD.

Secara garis besar, pada saat mengikuti test wawancara kerja atau interview kerja kamu akan diminta untuk menjelaskan dalam waktu yang singkat mengenai kemampuan, pengalaman yang pernah didapat dan kelebihan yang kamu miliki.

Kelihatannya memang sederhana ya.., akan tetapi tetap saja pasti ada saja perasaan cemas dan gugup, karena kita tidak tahu dengan siapa akan di wawancara dan akan diberi pertanyaan-pertanyaan seperti apa yang nantinya harus di jawab.

Oleh sebab itu di artikel ini akan kita bahas tips cara mempersiapkan diri untuk wawancara kerja, sehingga pada saat wawancara dapat berjalan dengan baik.

test wawancara kerja
Test interview kerja

1. Persiapkan CV, Portofolio, dan dokumen lain yang mendukung kemampuan atau prestasimu

Jika wawancara diibaratkan seperti medan perang, maka CV, portfolio dan dokumen lain yang mendukung kemampuanmu adalah amunisi yang harus kamu persiapkan sebelum berangkat berperang.

Sekarang ini, membuat CV yang menarik dan seinformatif akan menjadi nilai plus bagi pelamar kerja di mata HRD.

Jika kamu melamar kerja di perusahaan yang berkaitan dengan industri kreatif. Tentu CV yang menarik akan menjadi hal pertama yang akan dinilai.

2. Gali informasi tentang perusahaan yang dituju

Ini poin kedua yang sangat penting tetapi sering dilupakan oleh kebanyakan orang.

Jangan sampai saat kamu tiba ditempat wawancara dengan membawa kepala kosong.

Mencari tahu tentang profil perusahaan dan posisi yang hendak kamu lamar juga tak kalah pentingnya, karena HRD seringkali bertanya tentang hal tersebut.

Jadi, sebaiknya kamu harus benar-benar mempersiapkan hal ini terlebih dahulu sebelum wawancara kerja. sehingga ketika ada pertanyaan tersebut kamu sudah tahu dan siap harus menjawab apa.

3. Datang tepat waktu

Ketepatan waktu ketika wawancara kerja juga sangat penting loh.

Datang tepat waktu bisa menunjukkan seperti apa karakter disiplin dalam dirimu.

Oleh karena itu, Sebaiknya kamu datang 15-20 menit sebelum wawancara dimulai. Waktu tersebut bisa kamu gunakan untuk merapikan penampilanmu, menyiapkan CV yang kamu bawa, dan mempersiapkan jawaban apa yang harus diperlukan.

4. Berpenampilan rapi dan bersikap sopan

Berpakaian rapi dan sopan adalah salah satu hal yang wajib diperhatikan ketika wawancara kerja.

Biar bagaimanapun juga, hal pertama yang akan dilihat oleh HRD adalah penampilanmu.

Penampilan memang bukan penentu lolos tidaknya melewati tahap wawancara, akan tetapi dengan penampilan yang rapi dan sopan akan memberikan kesan dan penilaian plus terhadap kepribadianmu.

✓ Baca juga: 4 Hal Penting Yang Dinilai HRD Ketika Wawancara Kerja (Interview)

5. Perhatikan body language

Percayalah, gestur tubuh atau body language bisa menjadi hal yang cukup sulit dikendalikan jika kamu sebelumnya tidak berlatih dan mempersiapkan mentalmu sebaik mungkin.

Salah satu contohnya adalah menjabat tangan merupakan gestur tubuh yang harus dijaga.

Menjabat tangan yang benar adalah jangan terlalu lemas dan tidak juga terlalu kencang.

Jangan lupa, untuk menatap mata lawan bicaramu pada saat berjabat tangan.

Poin penting gestur tubuh lainnya adalah apabila kamu merasa gugup, hindari gerakan-gerakan mengetuk-ngetukkan kaki ke lantai atau jari memainkan pulpen.

Kamu dapat menyalurkan perasaan gugupmu dengan cara menggerakan-gerakan tanganmu ketika kamu sedang berbicara.

6. Siapkan jawaban-jawaban yang sekiranya kamu tahu jawabannya

Diartikel sebelumnya, author lisha sudah menjelaskan dengan baik di artikel ini 13 Soal Test Wawancara Kerja (Interview) Dan Tips Jawaban-Nya Silahkan kamu baca untuk bahan latihan yang mungkin kamu perlukan.

Sebagai tambahan, pewawancara atau HRD akan Lebih banyak menanyakan tentang pengalaman kerjamu di perusahaan sebelumnya.

Jika kamu belum memiliki pengalaman kerja, HRD atau pewawancara akan fokus menanyakan tentang kemampuan yang kamu miliki.

Selain itu, HRD juga akan menanyakan rencana masa depanmu dalam beberapa tahun mendatang.

Maksud dari pertanyaan ini adalah bukan mengarah pada rencana masa depan personalmu, akan tetapi kepada kontribusi apa yang bisa kamu berikan ke perusahaan di waktu yang akan datang.

7. Siapkan pertanyaan yang ingin kamu ketahui tentang lingkup pekerjaan atau posisi yang kamu lamar

Jika kamu diberikan kesempatan untuk bertanya, gunakanlah waktu sebaik mungkin untuk mendapatkan informasi yang kamu butuhkan.

8. Berikan aura kesan positif

Penampilan sudah rapi, CV sudah siap, latihan tanya jawab juga sudah lancar, latihan gestur tubuh sudah oke, kontak mata juga sudah matang, lalu apalagi yah?

Oh iyah, kamu harus berikan aura atau kesan positif.

Memberikan kesan positif dari awal hingga akhir wawancara juga sangat penting loh, karena akan memengaruhi penilaian terhadap kepribadianmu.

Lalu bagaimana caranya?

isilah perkataan-perkataan atau percakapanmu dengan kata-kata yang positif.

Sebagai contoh,
Jika di perusahaan sebelumnya kamu bekerja merasa tidak nyaman, cobalah utarakan hal tersebut tanpa menjelekkan-jelekkan perusahaan tersebut.

Nah, itulah beberapa hal penting yang perlu kamu persiapkan sebelum wawancara kerja. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan untuk menghadapi test wawancara kerja.

Buka Komentar
Tutup Komentar

Post a Comment

"Terimakasih anda sudah berkunjung di situs kami. Silahkan tinggalkan komentar anda".