Penyebab Kucing Melahirkan 1 Anak Saja, Normal Atau Tidak?

Ruangdiary.com - Memiliki kucing betina yang produktif (belum di steril) kemungkinan besar akan memiliki banyak anak setiap tahunnya.

Meski termasuk kucing indoor (rumahan), biasanya ketika sudah waktunya birahi tidak akan bisa dibendung keinginannya untuk keluar rumah mencari kucing jantan.

Seringnya, kucing betina yang birahi akan melakukan perkawinan dengan beberapa kucing jantan sekaligus.

Jika sudah seperti ini, kucing betina akan hamil pun tidak bisa dihindari. Kecuali kalau sudah di steril tentu tidak akan mengandung.

✓ Baca Juga: 10 Manfaat Steril Kucing Jantan Dan Kucing Betina (LENGKAP)

Jika kucing betina sudah mengandung atau hamil, maka kita sebagai pemilik juga ikut bertanggung jawab untuk memberikan perawatan yang baik agar induk dan kitten tetap sehat.

Selain itu, ada juga orang yang sengaja mengembangbiakkan kucing dengan jenis ras untuk dijadikan bisnis. Yaitu dengan perencanaan memilih pejantan dan betina yang berkualitas.

Harapan besarnya agar anak keturunannya yang dihasilkan akan bagus dan berkualitas.

kucing hanya melahirkan 1 anak

Kucing merupakan hewan yang mandiri dan tidak memerlukan bantuan ketika melahirkan. Akan tetapi, pada saat-saat tertentu kucing juga memerlukan bantuan ketika tidak bisa mengeluarkan anaknya karena beberapa hal yang tidak bisa dilakukan oleh kucing itu sendiri.

Demi menyelamatkan kucing kesayangan, maka diperlukan dokter hewan untuk membantu mengeluarkan anaknya.

Apa penyebab kucing tidak bisa melahirkan anaknya?

Penyebab umum yang sering terjadi kucing tidak bisa mengeluarkan anaknya dari rahimnya adalah karena demam tinggi, mengalami stres, terganggu oleh hewan lain, mengalami cidera, fetus atau anaknya mati di dalam perut induknya (rahim), mengalami pendarahan, ukuran anak yang terlalu besar sehingga induk tidak kuat untuk mendorongnya keluar, dan yang sering terjadi karena terganggu atau diganggu oleh pemiliknya sendiri.

Induk kucing melahirkan 1 anak saja? Normal atau Tidak?

Akhir-akhir ini banyak terjadi kucing hanya melahirkan 1 anak saja sementara perutnya masih terlihat besar.

Biasanya pemilik juga akan merasa khawatir karena takutnya ada anaknya yang masih tertinggal didalam rahim kucing. 

Meski jarang terjadi, kucing betina yang baru pertama kali mengandung bisa saja akan melahirkan 1 anak saja. Hal ini bisa terjadi jika ternyata yang dibuahi dan berhasil menjadi embrio hanya 1, maka anak yang akan dilahirkan juga hanya 1.

Namun jangan dianggap sepele jika perutnya masih terlihat besar, ada kemungkinan masih ada anaknya didalam rahimnya. Oleh sebab itu, pemilik perlu memperhatikan pada kondisi ini. 

Untuk mengetahui apakah masih ada anak yang tertinggal di rahim induknya adalah dengan cara meraba dibagian perutnya.

jika kamu merasakan sesuatu saat meraba perutnya, seperti ada sesuatu yang bulat dan terasa keras, atau mungkin masih ada pergerakan, kemungkinan besar masih ada anak yang tertinggal didalam rahim kucing.

Lihat kondisi kucing, apakah masih kuat untuk melahirkan atau tidak. Jika masih kuat, Sebaiknya tunggu hingga 4 jam untuk memastikan anak kucing bisa dilahirkan dengan normal atau tidak.

Jika sudah lewat dari 4 jam sebaiknya segera bawa ke dokter hewan untuk dilakukan pemeriksaan.

Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka fetus yang mati akan membusuk dan meracuni tubuh induknya akibat tubuh induk menyerap bangkai anaknya sendiri yang masih berada didalam uterus atau rahimnya.

✓ Baca Juga: 18 Cara Memandikan Kucing (Cara Grooming Kucing Di Rumah)

Yang pastinya fetus yang sudah mati ini akan membahayakan bagi si induk itu sendiri.

Resiko lainnya yang dapat terjadi pada induknya adalah akan mengalami infeksi pada saluran reproduksinya pasca melahirkan, sehingga akan menimbulkan nanah dan aroma yang tidak sedap.

Demikian artikel mengenai kucing melahirkan 1 anak saja.

Semoga dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar

Posting Komentar