8 Penyebab Kucing Tidak Mau Makan [Tidak Nafsu Makan]

Ruangdiary.com - Kucing tidak nafsu makan merupakan kekhawtiran yang sering di alami oleh owner (pemilik).

Tidak hanya pada kucing saja, hewan lain pun akan mengalami hal yang sama karena beberapa sebab yang belum diketahui oleh pemiliknya.

Kucing tidak mau makan penyebabnya bukan karena sakit saja, akan tetapi ada beberapa kondisi yang dapat memengaruhi kucing menjadi tidak nafsu makan.

Hal umum kucing tidak nafsu makan selain sakit adalah perubahan pada pola makan.

Pada umumnya, Kucing tidak nafsu makan karena sakit akan disertai dengan gejala klinisnya yaitu demam, lesu, mengalami dehidrasi, dan muntah.

Berikut dibawah ini 8 Penyebab kucing tidak mau makan :

penyebab kucing tidak mau makan

8 Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

1. Kucing Sakit Karena Infeksi

Infeksi pada kucing cukup bervariasi bisa disebabkan oleh virus atau bakteri.

Salah satu ciri kucing mengalami infeksi adalah demam, lemas, mengalami gangguan pencernaan seperti muntah dan diare, dan akan disertai dengan tidak nafsu makan.

Infeksi yang disebabkan oleh virus biasanya akan memperlihatkan penurunan nafsu makan secara drastis. Hal ini disebabkan karena reaksi infeksinya sangat cepat.

2. Mengalami Gangguan Mulut Dan Gigi

Kucing juga bisa mengalami sariawan, kondisi ini dapat menyebabkan merasa sakit ketika mengambil makanan, sehingga kucing akan menolak untuk makan.

Kucing yang mengalami radang pada daerah gusi dan gigi (periodontitis) dapat menyebabkan kucing kesakitan.

Umumnya, kucing yang mengalami infeksi gusi dan gigi ditandai dengan bau mulut dan air liurnya akan diproduksi lebih banyak atau keluar banyak.

Umumnya, kucing yang tidak mau makan atau tidak nafsu makan karena terdapat tulang yang terselip pada gigi atau melukai gusi.

Ketika kucing memakan ikan tak jarang ia juga bisa mengalami tersedak, hal ini disebabkan karena tulang ikan yang tersangkut di daerah mulut, sehingga dapat melukai gusi atau sela-sela gigi.

Oleh sebab itu, ketika kamu memberikan makan pada kucing dengan ikan, sebaiknya tulangnya dibuang terlebih dahulu agar kucing tidak tersedak atau melukai daerah mulutnya.

✓ Baca Juga: 5 Cara Mandi Kering Untuk Kucing Sakit Dan Hamil

3. Bosan Dengan Makanan Yang Itu-itu Saja

Hal ini sering terjadi pada kucing dan membuatnya tidak nafsu makan. Bayangkan saja selama bertahun-tahun diberikan makanan yang sama tanpa variasi. Tentu saja kucing akan jenuh dan kurang selera makan.

Biasanya rasa jenuh pada kucing karena bosan terhadap makanan ia akan terlihat hanya mencium makanan lalu dibiarkan begitu saja.

Meski kucing tidak bisa merasakan rasa manis, akan tetapi lidah kucing sangat sensitif terhadap rasa lainnya terutama pada makanan yang baunya kurang menyengat.

4. Karena Faktor Perpindahan Tempat

Perpindahan tempat, pindah tangan (pemilik) atau menitipkan kucing ke orang lain juga bisa menjadi salah satu penyebab kucing tidak mau makan (tidak nafsu makan).

Kondisi ini biasa disebut kucing mengalami stres dan perlu beradaptasi terhadap lingkungan baru.

Kucing merupakan hewan yang sangat sensitif terhadap perubahan, mereka memiliki feeling dan mood yang sama seperti manusia.

5. Faktor Usia Karena Sudah Tua

Di pembahasan sebelumnya kita sudah membuatkan artikelnya cara merawat kucing yang sudah tua, diartikel ini ya..

Kucing yang sudah berusia tua atau senior seringkali mengalami kurang nafsu makan. Bisa disebabkan karena giginya sudah mulai ompong, sakit saat berjalan, merasa sakit ketika menunduk untuk mengambil makanan.

Hal lainnya juga bisa disebabkan karena indra penciumannya sudah tidak setajam usia muda, sehingga nafsu makan mulai berkurang.

6. Mengalami Gangguan Pada Pencernaan

Gangguan pada saluran pencernaan bisa disebabkan karena mengalami infeksi pada bagian usus, lambung sehingga kucing enggan untuk makan. Kondisi ini disebabkan karena adanya rasa sakit pada bagian perut.

Kucing yang mengalami masalah pada saluran pencernaan biasanya disertai dengan muntah dan diare.

7. Mengalami Stres

Penyebab kucing mengalami stres sebenarnya cukup beragam, bisa disebabkan karena kondisi rumah yang terlalu ramai, ada hewan baru di rumah, serta bisa juga mengalami stres karena di tinggal oleh pemiliknya.

Kondisi tres yang berkepanjangan disertai dengan penurunan nafsu makan tentu akan berbahaya bagi kesehatan kucing.

8. Awal Kehamilan Dan Akan Melahirkan

Kehamilan pada kucing merupakan salah satu pemicu stres. Hal ini disebabkan karena hormon yang berubah.

Kucing hamil biasanya tidak nafsu makan karena mengalami muntah pada awal kehamilan yang disebabkan hormon progesterone meningkat dan menyebabkan kondisi lambung lebih asam. Hal inilah yang menjadi pemicu penurunan nafsu makan yang disebabkan sedang hamil.

Selain faktor pada awal hamil, Ketika akan melahirkan juga mengalami penurunan nafsu makan karena kucing gelisah sehingga tidak mau makan.

Kesimpulan:
Penyebab kucing tidak mau makan atau penurunan nafsu makan memang beragam. Untuk cara mengobati dan penanganannya juga tentunya berdasarkan pada apa penyebabnya.

Untuk mengatasi kucing tidak mau makan bisa lanjut ke artikel berikut: >> 5 Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Buka Komentar
Tutup Komentar

Post a Comment

"Terimakasih anda sudah berkunjung di situs kami. Silahkan tinggalkan komentar anda".