6 Tips Membeli Pakan Repack Untuk Kucing (Keuntungan Dan Kekurangan)

Ruangdiary.com - Banyak sekali jenis dan merek pakan untuk kucing. Biasanya pakan kucing dijual dalam berbagai berat dan juga bentuk.

Ada yang dijual per sachet atau pouch, dan tin atau per kaleng yaitu untuk jenis WetFood.

Ada juga dalam bentuk packaging berbagai berat, mulai dari 250gram hingga 20kg yaitu untuk jenis DryFood.

Tak jarang untuk memudahkan pembeli agar mendapatkan pakan dengan harga yang terjangkau, penjual juga me repack ulang alias bungkus ulang menjadi bungkusan dengan berat yang sesuai dengan harga yang diinginkan.

Pakan repack asalnya dari pakan DryFood dalam jumlah yang lebih besar / Kantong an. Kemudian penjual akan membungkus ulang sesuai berat yang di inginkan, misal 500gram, 800gram, 1kg, dan seterusnya.

Apa keuntungan dan kekurangan membeli pakan repack untuk kucing?

makanan repack untuk kucing


Nah, Dibawah ini akan dijelaskan apa saja keuntungan membeli pakan repack untuk kucing.

Keuntungan Membeli Pakan Repack Untuk Kucing

1. Harga pakan lebih murah karena kuantitasnya lebih kecil.
2. Bisa membelinya dengan jumlah yang lebih kecil. Jadi, kamu bisa menyesuaikan kebutuhan untuk 1 mingguan, 2 mingguan atau bulanan.
3. Bisa melihat apa reaksi kucing setelah makan dengan merk tersebut. Jadi, Jika kucing tidak suka atau tidak cocok, Kamu bisa mengganti ke merk lainnya tanpa perlu membeli pakan dalam jumlah yang lebih besar.

(Ingat, Setiap pergantian pakan perlu pelan-pelan dan juga bertahap, yaitu dengan cara mix/mencampur pakan lama dengan yang baru).

✓ Baca Juga: 4 Jenis Makanan Yang Berbahaya Untuk Kucing Kesayanganmu

Kekurangan Membeli Pakan Repack Untuk Kucing

1. Kita tidak tau kapan Expirednya. Kemasan masih baru atau sudah lama kita tidak mengetahuinya.
2. Quantitas pakan atau feeding guidelines biasanya tidak disertakan, jadi pemberian pakan jumlahnya bisa saja tidak sesuai.
3. Kita tidak tau apakah sudah terkontaminasi atau tidak.

Apa saja kontaminasi pada pakan kucing?

Kontaminasi pada pakan kucing bisa berasal dari kontaminan fisik yaitu debu, serpihan kaca, rambut dan lain-lainnya. Sedangkan Kontaminan lainnya bisa saja terjadi seperti adanya bakteri, jamur, semut, dan serangga.

Apa dampak buruknya jika pakan kucing sudah terkontaminasi? 

Kontaminasi pada pakan kucing yang berasal dari kontaminasi fisik termasuk cukup berbahaya bagi pencernaan kucing, misal adanya pecahan kaca, debu, dan lain-lainnya.

Sedangkan Kontaminan lainnya bisa saja terjadi dan mengakibatkan gangguan pencernaan pada kucing. Hal umumnya yang sering terjadi adalah kucing mengalami diare dan muntah. 

Untuk mencegah dan menghindari kontaminasi akibat memberikan pakan repack, sebaiknya perhatikan 6 penting dibawah ini:

1. Perhatikan Bungkus Nya

Ciri pakan repack yang sudah lama (Expired) adalah akan terlihat adanya kumpulan garam dan berminyak di dalam bungkusan tersebut. Selain itu, Bungkusan juga akan terlihat lebih kusam.

2. Pastikan Tidak Ada Lubang Pada Bungkus Nya

Perhatikan juga kondisi bungkusnya, jangan sampai ada lubang, semut, serangga, atau bekas gigitan tikus.

Bungkus dari pakan repack yang sudah berlubang atau terbuka akan memengaruhi kualitas pakan itu sendiri. Biasanya pakan menjadi berbau tengik dan menjadi lembek (melempem).

3. Setiap Membeli Pakan Repack, Sebaiknya Segera Pindahkan Ke Toples Dan Tutup Rapat

Untuk menghindari pakan terkontaminasi sebaiknya segera pindahkan ke toples dan tutup rapat. Hal ini lebih terjaga kualitasnya dibandingkan dengan menggunakan plastik saja. 

4. Jika Memungkinan Mintalah Fresh Pack

Jika penjual menyediakan fresh pack, mintalah kepada penjual untuk melayaninya secara fresh pack.

Keuntungan membeli pakan repack secara fresh pack dapat meminimalisir kontaminasi dari sesuatu yang disebutkan diatas.

5. Tanyakan Expired Date nya

Kamu perlu menanyakan kapan expired date nya atau tanggal kadaluarsa pakan tersebut. Sehingga kamu dapat mengetahui pakan masih layak dikonsumsi atau tidak.

Selain itu, dengan mengetahui expired date nya kamu dapat mengetahui sampai batas kapan pakan tersebut harus sudah habis.

✓ Baca Juga: 15 Cara Memelihara Kucing Di Rumah Dengan Baik Dan Benar

6. Perhatikan Reaksi Kucing Setelah Di Berikan Pakan

Kamu juga perlu memperhatikan apa reaksi kucing setelah diberikan pakan, apakah muntah?, apakah bentuk feses (kotorannya) jadi encer/lembek?.

Normalnya, kucing yang sudah biasa diberikan merk pakan tertentu tidak akan ada perubahan perilaku. Akan tetapi jika makanan sudah terkontaminasi bisa saja memperlihatkan perilaku yang tidak biasa.

Kesimpulan:
Pemilik kucing perlu teliti dan memperhatikan hal-hal diatas ketika akan membeli pakan repack untuk kucing kesayangan dirumah.

Yang terpentingnya lagi,  asupan cairan harian untuk kucing juga perlu diperhatikan. Terutama jika kucing selalu diberikan pakan kering (DryFood).

Tidak ada salahnya kamu perlu memberikan pakan basah ataupun ikan dan ayam rebus sebagai variasi makanannya selain diberikan dryfood.

Selain menjaga agar kucing tidak bosan terhadap pakan itu-itu saja, kucing juga akan mendapatkan protein hewani secara langsung dari bahan alam yang tentunya lebih baik.

✓ Baca Juga: Bolehkah Kucing Makan Nasi? Dan Apa Dampak Buruknya?

Buka Komentar
Tutup Komentar

Posting Komentar