5 Penyebab Kucing Suka Kencing Sembarangan

Ruangdiary.com - Kucing termasuk hewan peliharaan yang digemari dan disukai oleh banyak orang. Kucing juga bisa menjadi sahabat dan keluarga bagi manusia sudah sejak dulu.

Selain itu, Tingkah laku kucing yang selalu menggemaskan dan wajahnya yang lucu terkadang menimbulkan gelak tawa bagi pemiliknya.

Akan tetapi, terkadang pemilik akan mengeluhkan kucingnya melakukan perilaku yang tidak disenangi, yaitu Kucing kencing sembarangan, terutama pada kucing jantan. Bau urin kucing yang khas terkadang membuat aroma yang tidak nyaman bagi pemilik.

Berikut dibawah ini 5 penyebab mengapa kucing kencing sembarangan :

kucing kencing sembarangan


Penyebab Kucing Kencing Sembarangan

1. Untuk Menandai Wilayahnya

Kucing yang menyemprotkan (spraying) urin yang disebarkan di tempat tertentu bertujuan untuk menandai wilayahnya.

Hal ini biasa dilakukan oleh kucing jantan dewasa untuk menunjukkan dominasi terhadap wilayah tertentu.

Jadi, jangan heran, meski menjengkelkan perilaku kucing kencing sembarangan merupakan sifat alaminya untuk menandai wilayahnya.

2. Rumah Dengan Banyak Kucing

Rumah yang memiliki banyak kucing dapat menyebabkan salah satu kucing dari mereka merasa tersaingi, akhirnya salah satu dari mereka ingin mendominasi wilayah dirumah tersebut.

Salah satu yang sering dilakukan adalah spraying atau menyebarkan urin disekitar rumah.

3. Kucing Mengalami Stres

Kucing yang mengalami stres atau gelisah biasanya akan melakukan banyak hal diluar kendalinya, termasuk menyemprotkan urin.

Stres yang timbul pada kucing bisa disebabkan oleh kondisi rumah yang terlalu ramai, ada kucing baru, ada hewan lain, atau ada orang asing.

4. Kucing Mengalami Diabetes

Penyebab selanjutnya mengapa kucing kencing sembarangan bisa saja sedang mengalami diabetes.

Biasanya diabetes terjadi pada kucing obesitas, gemuk dan kucing tua. Akan tetapi, ada perbedaan ketika kucing kencing sembarangan untuk menandai wilayahnya dengan kucing yang sedang mengalami diabetes.

Kucing yang menandai wilayahnya ia hanya akan menyemprotkan urin pada bagian benda yang vertikal saja, seperti tembok, pintu, atau furniture lainnya. Sedangkan, kucing yang sedang mengalami diabetes ia akan kencing dilantai.

5. Sedang Masa Birahi (Kucing Belum Di Steril)

Kucing jantan yang belum di steril memiliki perilaku menyemprotkan urin atau kencing sembarangan diberbagai tempat dan lebih sering dilakukan karena faktor hormonal (masa kawin).

Untuk mencegah kucing jantan kencing sembarangan (melakukan spraying) adalah dengan dilakukan kastrasi atau steril.

berikut beberapa artikel mengenai kastrasi atau steril yang mungkin perlu kamu baca:

Buka Komentar
Tutup Komentar

Post a Comment

"Terimakasih anda sudah berkunjung di situs kami. Silahkan tinggalkan komentar anda".