4 Penyebab Kucing Harus Di Mandikan

Ruangdiary.com - Sudah tidak asing lagi kita sering mendengar bahwa kucing adalah hewan yang takut dengan air.

Apakah kucing perlu di mandikan?

Ketika kucing masih di alam liar, ia tidak membutuhkan mandi sama sekali, ia akan gunakan lidah dan air liurnya sebagai pembersih bulu-bulunya, akan tetapi setelah di pelihara oleh manusia maka memandikan kucing sangat di perlukan.

Meski begitu, sebenarnya memandikan kucing juga tidak perlu sering dilakukan. Karena kucing memiliki kebiasaan self grooming atau membersihkan dirinya sendiri.

Pada umumnya, kucing termasuk hewan yang sangat menikmati self grooming, karena pada dasarnya kucing sangat suka menjaga kebersihan dirinya sendiri.

Self grooming yang sering dilakukan oleh kucing secara anatomi di dukung adanya lidah yang berduri. Fungsi dari bentuk lidah yang berduri ini mampu mengangkat rambut rontok dan kotoran yang menempel pada bulunya.

Bagi kucing yang tidak terbiasa mandi dapat membuat kucing stres. Oleh sebab itu diartikel ini sudah saya jelaskan cara memandikan kucing dengan baik dan benar 18 Cara Memandikan Kucing (Cara Grooming Kucing Di Rumah)

Umumnya kucing yang stres setelah di mandikan karena kucing belum terbiasa, merasa terkekang, merasa di paksa dan karena menggunakan air dingin. Tak jarang setelah kucing dimandikan membuat ia menjadi agresif dan sangat ketakutan.

Namun ada penyebab yang memang kucing harus di mandikan, yaitu:

penyebab kucing di mandikan
Kucing Suka Mandi

Penyebab Kucing Harus Di Mandikan

1. Kucing Berambut Panjang

Alasan pertama mengapa kucing harus di mandikan adalah kucing yang memiliki rambut panjang, seperti kucing Persia dan kucing yang berambut panjang lainnya.

Mengapa harus di mandikan?

Kucing berambut panjang yang tidak diberikan mandi dapat menyebabkan rambutnya menjadi gimbal.

Mandi secara berkala setiap seminggu 1x, sebulan 2x, atau sebulan 3x sangat perlu dilakukan untuk menjaga bulu tetap sehat.

Selain memandikan, perawatan disertai dengan menyisir rambut juga perlu di lakukan untuk membantu kucing dari rambut rontok sehingga tidak terjadi hairball yang masuk ke perut kucing.

2. Kucing Outdoor (Luar Rumah)

Apa itu kucing Outdoor?

Mungkin bagi kamu yang belum tahu apa itu kucing indoor dan outdoor merasa bingung dengan istilah tersebut.

Kucing Indoor adalah kucing yang dipelihara dan terbiasa bermain didalam rumah.

Kucing Outdoor adalah kucing yang dipelihara dan dilepas atau dibebaskan bermain diluar rumah.

Kucing yang hidup dengan gaya outdoor (diluar rumah) tentunya akan lebih sering berinteraksi langsung dengan lingkungan dibandingkan dengan kucing yang gaya hidupnya indoor.

Kucing outdoor lebih mudah terpapar oleh penyakit dan tertular penyakit dari kucing liar. Selain itu, kucing outdoor juga lebih mudah kotor karena berinteraksi langsung dari luar rumah. Misal, kucing kotor karena terkena lumpur, bulu kucing lebih mudah kotor karena bermain didaerah yang berdebu dan lain lain sebagainya.

Tentunya, kucing Outdoor perlu dilakukan mandi lebih sering dibandingkan kucing indoor.

Sehingga kucing outdoor perlu diberikan mandi secara berkala agar terbebas dari bulu kotor penyebab jamur atau penyakit dari luar rumah.

✓ Baca Juga: 21 Cara Merawat Anak Kucing Tanpa Induk Dengan Baik

3. Kucing Usia Tua

Kucing yang sudah tua biasanya tidak bisa melakukan self grooming dengan maksimal.

Hal ini disebabkan karena kondisi sendinya mulai menurun dan kurang baik, sehingga akan menyebabkan rasa nyeri saat melakukan self grooming sendiri. Pada kondisi ini kita perlu membantunya untuk membersihkan bulu-bulunya.

Kucing usia tua tidak perlu terlalu sering dimandikan, karena kondisinya yang mungkin kurang baik jika sering di mandikan.

Akan tetapi, kamu boleh memandikannya jika dirasa perlu dimandikan saja (ketika bulu terlihat kotor).

4. Penyakit Kulit

Kucing yang memiliki penyakit kulit secara menyeluruh, misalnya infeksi jamur (ringworm diseluruh tubuh) perlu di berikan treatment mandi menggunakan shampoo khusus secara rutin.

treatment yang dilakukan menggunakan shampoo khusus agar infeksi jamur atau penyakit kulit dapat teratasi dengan cepat.

Oleh karena itu, Kucing yang memiliki penyakit kulit atau infeksi jamur perlu diberikan mandi menggunakan shampo khusus secara rutin.

Demikian artikel mengenai 4 alasan mengapa kamu perlu memandikan kucing.
Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya dibawah.

Buka Komentar
Tutup Komentar

Post a Comment

"Terimakasih anda sudah berkunjung di situs kami. Silahkan tinggalkan komentar anda".