7 Perawatan Kucing Agar Tetap Sehat Dan Terawat

Ruangdiary.com - Memelihara kucing dengan baik yaitu dengan cara memperlakukan mereka seperti keluarga kita.

Jika kucing sudah dianggap seperti keluarga kita, maka kita akan memberikan perhatian dan kasih sayang kepada mereka, memperhatikan kesehatannya, memberikan tempat tinggal yang layak, serta akan memperhatikan nutrisinya.

Berikut dibawah ini 7 perawatan penting yang perlu kamu lakukan untuk kucing kesayanganmu.

Cara merawat kucing agar tetap sehat

1. Ajak Interaksi Setiap Hari

Mengajak interaksi dengan hewan peliharaan sangat penting dan mudah dilakukan, namun bisa menjadi sangat sulit dilakukan apabila kamu terlalu sibuk dan tidak ada waktu untuk interaksi dengannya.

Berinteraksi dengan hewan peliharaan dapat meningkatkan bonding dan interaksi yang baik antara anda dengan kucing kesayangan anda.

Setiap hari anda dapat memberikan interaksi dan perhatian dengan mengelus rambutnya, menyisir rambutnya (brush), kemudian mengajaknya bermain.

2. Berikan Perawatan Grooming (Memandikan Kucing)

Untuk cara memandikan kucing atau cara grooming kucing dirumah sudah saya bahas diartikel ini yaa 18 Cara Memandikan Kucing (Cara Grooming Kucing Di Rumah)

Grooming atau Memandikan kucing sangat penting dilakukan minimal 1 minggu sekali untuk menjaga kebersihan dan kesehatannya. Namun jika kamu tidak bisa memandikan kucing, kamu dapat menggunakan jasa grooming.

Grooming yang dilakukan dengan baik dan benar akan mempermudah kamu untuk mengetahui perubahan yang terjadi pada kucing kesayanganmu.

3. Pencegahan Terhadap Penyakit

Pencegahan terhadap penyakit merupakan tindakan yang perlu kita lakukan agar dapat memberikan jaminan kesehatan pada hewan kesayangan kita. 

Usaha pencegahan terhadap berbagai penyakit dapat dilakukan dengan cara memberikan vaksinasi pada kucing.

Artikel mengenai vaksinasi pada kucing sudah dijelaskan di artikel ini > Apakah Kucing Harus Di Vaksin? Dan Umur Berapa Kucing Boleh Di Vaksin?

Sedangkan pencegahan terhadap parasit dapat dilakukan dengan cara menghindarkan kucing dari ektoparasit yaitu caplak, pinjal, kutu, dan endoparasit yaitu protozoa dan cacing.

Langkah diatas akan memberikan efek positif bagi anda sebagai pemilik, karena ketika hewan peliharaan sehat maka anda pun akan hidup lebih sehat.

4. Pentingnya Di Lakukan Sterilisasi Pada Kucing

Kastrasi atau steril kucing merupakan langkah penting untuk mencegah terhadap berbagai penyakit yang mungkin bisa saja muncul dikemudian hari, terutama pada sistem reproduksinya.

Manfaat kastrasi atau steril kucing sudah di jelaskan di artikel ini yaa... 10 Manfaat Steril Kucing Jantan Dan Kucing Betina (LENGKAP)

5. Perhatikan Nutrisi Nya

Pemberian nutrisi pada kucing memang perlu di perhatikan karena akan berpengaruh pada kondisi dan kesehatannya.

Pakan yang dijual bebas (komersial) memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap dan baik. Tetapi kita juga perlu menambahkan bahan makanan lain yaitu suplemen.

Bahkan membuat makanan sendiri untuk kucing juga perlu perhitungan yang pas, agar tidak terjadi malnutrisi (nutrisi yang tidak tepat).

Nutrisi sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan dan juga perkembangan kucing.

✓ Baca Juga: 4 Jenis Makanan Yang Berbahaya Untuk Kucing Kesayanganmu

Nutrisi yang baik dan tepat dapat menghindarkan kucing kesayanganmu dari berbagai masalah kesehatan serta akan memperpanjang life-span (usia hidupnya).

Jangan Lupa, Selalu Sediakan Air bersih (Air Matang) di wadah air minumannya agar kucing tidak mengalami dehidrasi.

6. Perhatian Terhadap Bahaya

Berbagai hal yang dapat membahayakan kucing mungkin sangat banyak dilingkungan kita, misal racun yang di sediakan untuk tikus, jeratan untuk tikus, tanaman beracun, makanan beracun, serta benda-benda listrik.

Benda-benda tersebut sangat membahayakan kucing kesayangan kita, jika racun tikus yang dipasang di tempat yang sering dilewati oleh kucing kemudian salah sasaran karena dimakan kucing, tentu kucinglah yang akan mengalami kematian.

7. Selalu Menjaga Kebersihan Diri, Lingkungan Sekitar Dan Hewan Peliharaan

Selalu menjaga kebersihan merupakan hal penting yang perlu kamu lakukan untuk mengurangi resiko terjadinya berbagai penyakit.

Kandang kucing yang selalu bersih, serta perlengkapan makan dan minum yang selalu dibersihkan, dan teratur dibersihkan akan membuat suasana lingkungan sekitar menjadi lebih nyaman dan sehat.

Cara memelihara kucing yang baik tentunya tidak luput dari tanggung jawab sepenuhnya.

Hal terpentingnya adalah tidak pernah membedakan antara jenis kucing ras dengan kucing domestik.

Sebagai pemilik yang bijak dan baik tidak akan memperlakukan hewan peliharaan berdasarkan jenis ras nya. Pada dasarnya semua memiliki hak yang sama untuk diperlkukan dengan baik dan mendapatkan perawatan yang baik.

Buka Komentar
Tutup Komentar

Posting Komentar