8 Cara Mencegah Kucing Terinfeksi Parasit Toxoplasma Gondii

Ruangdiary.com - Toxoplasma Gondii merupakan parasit intraseluler yang termasuk kedalam golongan protozoa yang dapat menular ke manusia dan hewan lainnya. 

Toxoplasma pada kucing dapat menular ke manusia disebabkan kontak langsung antara manusia dengan feses / kotoran kucing yang terdapat ookista infektif toxoplasma.

Sebagai pemilik perlu memperhatikan pada cara membersihkan kotoran kucing yang terpapar oleh Parasit Toxoplasma Gondii. Jika kamu sudah membaca artikel ini: Benarkah Kucing Dapat Menyebabkan Kemandulan Dan Keguguran Pada Ibu Hamil? pasti kamu dapat memahami pentingnya kebersihan dan menjaga diri dari parasit toxoplasma.

Bagaimana cara mencegah kucing agar tidak terinfeksi parasit toksoplasma?

Berikut dibawah ini 6 cara mencegah kucing terinfeksi Toxoplasma Gondii

bagaimana cara mencegah kucing terinfeksi toksoplasma


1. Jangan Biarkan Kucing Mengkonsumsi tikus

Pada umumnya, Tikus memiliki toxoplasma dan parasit ini berkembang di daging dan (otot) nya.

Kucing yang mengkonsumsi atau memakan tikus memiliki resiko terinfeksi dan menyebabkan parasit ini dapat berkembang di usus halusnya.

2. Bersihkan Kotoran Kucing Setiap Hari

Kamu perlu membersihkan kotoran kucing pada kotak pasir setiap hari agar terhindar dari parasit toxoplasma gondii.

Ookista Toxoplasma akan berkembang menjadi infektif (berpotensi menginfeksi) pada 1-5 hari setelah kucing mengeluarkan fesses atau kotorannya.

✓ Baca Juga: 10 Fakta Toxoplasma Gondii Pada Kucing Dan Hewan Mamalia

3. Selalu Gunakan Sarung Tangan Saat Membersihkan Kotoran Kucing

Ingat, Saat membersihkan feses atau kotoran kucing selalu gunakan sarung tangan, meski sudah menggunakan sekop untuk mengangkat feses atau kotoran kucing namun menggunakan sarung tangan juga akan membuat lebih aman.

4. Hanya Memberikan Kucing Daging Yang Sudah Matang

Jangan memberikan kucing daging yang mentah atau setengah matang karena dikhawatirkan daging tersebut sudah terinfeksi Toxoplasma yang dapat menginfeksi kucing kesayanganmu.

5. Kucing Boleh Makan Daging Yang Sudah Matang

sekali lagi, jangan memberikan daging yang belum matang atau masih mentah. Karena hal itu memiliki tingkat resiko tertular parasit toxoplasma gondii apabila daging tersebut terpapar oleh parasit toxoplasma.

Daging yang dimasak dengan suhu lebih dari 70oC akan mematikan Toxoplasma.

6. Selalu Sediakan Makanan Khusus Untuk Kucing

Untuk menghindari kucing mengkonsumsi tikus adalah dengan selalu menyediakan makanan khusus untuk kucing. Umumnya, kucing akan berburu tikus karena lapar dan itu sifat alaminya.

Namun jika kamu telah menyediakan makanan dan kucing masih tetap berburu tikus, biasanya kucing hanya menjadikan tikus sebagai mainan saja dan kucing tidak akan melahapnya karena sudah kenyang.

7. Pastikan Kucing Selalu Berada Dalam Rumah Atau Pengawasan

Kucing yang dilepas liarkan atau dibebaskan berada diluar rumah lebih rentan memakan sesuatu yang ada diluar rumah. 

itu artinya kucing sangat rentan memakan sesuatu yang telah terkontaminasi oleh parasit toxoplasma gondii.

Kucing yang dalam pengawasan pemiliknya sangat minim terinfeksi parasit toksoplasma. misal, kucing berada di halaman rumah yang dijamin dengan kebersihannya, kucing bermain atau berada diluar rumah bersama pemiliknya (pengawasan) dll.

8. Budayakan Selalu Cuci Tangan Dngan Sabun Di Air Yang Mengalir

Cuci tangan menggunakan sabun merupakan kebiasaan yang perlu ditanamkan sejak usia dini.

Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir sangat penting di lakukan, misal cuci tangan sebelum makan, setelah membersihkan kotoran kucing, setelah bermain dengan kucing, dan aktivitas lainnya.

Stay healthy and keep clean. Jika kita selalu menjaga kebersihan sekitar dan selalu menjaga kebersihan hewan kita, maka kita pun akan senantiasa akan sehat.

Buka Komentar
Tutup Komentar

Posting Komentar