Usia Kucing Boleh Di Steril Dan Biaya Steril Kucing Jantan Dan Betina

Ruangdiary.com - Steril kucing tidak hanya bertujuan untuk mencegah bertambahnya populasi kucing yang tidak terkontrol. Akan tetapi sangat bermanfaat juga untuk kesehatan kucing itu sendiri.

Jika kamu sudah membaca artikel ini > 10 Manfaat Steril Kucing Jantan Dan Kucing Betina (LENGKAP) maka kamu sudah mengetahui apa saja manfaat steril kucing jantan dan kucing betina.


Biaya Steril Kucing Jantan Dan Betina

Berapa biaya steril kucing jantan dan betina?

Tergantung pada lokasi dimana kamu berada dan kebijakan klinik hewan di daerahmu.

Tentunya setiap klinik hewan memiliki kebijakkan dan harga yang berbeda dengan klinik hewan lainnya, di tahun ini didaerahku untuk biaya steril kucing jantan adalah 500.000. Sedangkan biaya steril kucing betina adalah 700.000.

Berbeda lagi jika didaerahmu ada keringanan biaya atau STERIL SUBSIDI (steril subsidi untuk kucing jantan dan betina).

- Untuk steril subsidi kucing jantan adalah 200.000. Sedangkan biaya steril subsidi kucing betina adalah 300.000.

- Sedangkan, Untuk biaya steril subsidi kucing jantan domestik (kucing kampung) adalah 150.000. Sedangkan untuk biaya steril subsidi kucing betina domestik adalah 250.000.

Umur berapa kucing boleh di steril?

Untuk kucing yang masih muda atau masih anakkan boleh di steril pada usia 4 bulan.

Usia yang tepat kucing di steril adalah pada usia 4 bulan. Karena pada usia ini memiliki risiko komplikasi pasca oprasi yang lebih rendah. Selain itu, untuk pemulihannya juga lebih cepat dibandingkan dengan kucing dewasa.

Untuk steril jantan membutuhkan pemulihan sekitar 5-7 hari. Dan untuk pemulihan steril pada kucing betina membutuhkan waktu sekitar 12-14 hari.

Yang terpenting adalah, Sebelum steril kucing - kamu perlu berkonsultasi dulu dengan dokter hewan untuk menentukkan usia dan kesehatannya. Sehingga nanntinya dokter hewan akan menentukan waktu yang tepat untuk dilakukan sterilisasi.

✓ Baca Juga: 7 Cara Merawat Kucing Yang Sudah Tua (Tips Perawatan Kucing Tua)

Jika dokter hewan sudah menyatakan kucing boleh dilakukan steril. Maka Kamu perlu mempersiapkannya yaitu:

- Kucing harus di puasa-kan terlebih dahulu selama 6-8 jam sebelum dilakukan sterilisasi. Jadi, kucing harus dikosongkan perutnya, tetapi masih boleh diberikan minum saja.

- Harus pastikan kesehatan kucing tidak dalam keadaan sakit.

Saran:
Meski jarang terjadi, Namun jika dalam waktu 24 jam pertama setelah kucing dilakukan sterilisasi dan memperlihatkan gejala Seperti kucing kesakitan, bengkak pada area oprasi, Mengeluarkan darah atau nanah pada area oprasi, tidak mau makan dan minum, lesu, tidak buang air besar dan air kecil selama 24 jam. Maka segeralah hubungi dokter hewan yang menangani untuk dilakukan pengechekkan.

Buka Komentar
Tutup Komentar

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 2