Manfaat Kucing Makan Rumput Dan Jenis Rumput Yang Baik Untuk Kucing

Ruangdiary.com - Kucing merupakan tergolong jenis hewan karnivora sehingga pada dasarnya hanya makan daging saja.

Sedangkan pada Anjing termasuk kedalam hewan omnivora (pemakan segala) sehingga anjing memerlukan makanan yang terdapat pada sayuran. Berbeda dengan kucing, kucing justru tidak membutuhkan gizi yang terdapat pada sayuran.

Mungkin kamu pernah melihat kucing makan rumput disekitar rumah atau dihalaman.


Perlu kita ketahui bahwa kucing pada awalnya adalah hewan liar sebelum terjadi proses domestikasi.

Saat kucing masih berstatus hewan liar ia memiliki insting yang sangat kuat dan sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, serta memiliki insting untuk mengobati dirinya sendiri.

Ketika kucing makan rumput kamu tidak perlu khawatir karena hal itu normal-normal saja.

Mengapa kucing makan rumput? Apa alasan kucing makan rumput?

Kucing makan rumput merupakan salah satu instingnya untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya dan mengobati dirinya sendiri dari gangguan pencernaan.

Insting kucing makan rumput dikarenakan ia ingin mengeluarkan benda-benda yang tidak tercerna baik,  misalnya untuk memuntahkan rambut atau bulu yang tertelan, untuk mengeluarkan sisa-sisa tulang halus yang tidak tercerna, dan  untuk mengeluarkan benda-benda lainnya yang tidak tercerna.

Nah itulah sebabnya mengapa kucing akan muntah setelah memakan rumput.

Umumnya saat kucing makan rumput ia akan memuntahkannya dengan membawa benda-benda yang tidak tercerna.

✓ Baca Juga: 4 Jenis Makanan Yang Berbahaya Untuk Kucing Kesayanganmu

Selain untuk mengeluarkan benda-benda yang tidak tercerna, alasan kucing memakan rumput dikarenakan kondisi perutnya tidak nyaman, misal kembung atau “begah”, yang bertujuan untuk mengeluarkan gas yang ada dalam saluran pencernaan.

Hal yang perlu kamu perhatikan pada saat kucing makan rumput adalah kamu harus memastikan bahwa kucing tidak makan rumput secara berlebihan dan tidak terdapat pestisida (semprotan tanaman beracun).

Umumnya kucing memakan rumput hanya beberapa helai saja. Namun jika kucing makan rumput secara berlebihan hal itu menandakan ada kelainan yang biasa dikenal pica (memakan sesuatu yang tidak wajar).

Jangan memberikan rumput yang tidak disukai kucing, karena ada beberapa jenis rumput yang dapat menyebabkan kucing sakit perut.

Biarkan kucing memilih rumput sendiri, karena kucing lebih paham dengan jenis rumput yang aman dan yang mereka butuhkan.

Tetapi jika kamu ingin tetap menyediakan rumput untuk kucing, kamu bisa menyediakannya di dalam pot kecil. Rumput yang baik dan boleh dikonsumsi kucing adalah rumput gandum, gandum dan barley.

Nah demikian pembahasan mengenai alasan kucing makan rumput dan manfaat rumput untuk kucing.

Kamu tidak perlu khawatir saat kucing makan rumput masih dalam batas wajar. Akan tetapi jika kucing kesayanganmu lebih sering makan rumput dibandingkan makanan utamanya hal itu perlu dikonsultasikan ke dokter hewan.

Buka Komentar
Tutup Komentar

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 2