Apakah Kucing Harus Di Vaksin? Dan Umur Berapa Kucing Boleh Di Vaksin?

Ruangdiary.com - Memelihara hewan dengan baik dirumah merupakan salah satu tanggung jawab yang sangat penting dalam hidup anda. Apalagi jika hewan kesayangan tersebut adalah kucing sebagai hiburan dirumah. 

Kucing merupakan hewan yang seringkali dipelihara oleh orang banyak, bahkan dilingkungan sekitar banyak kucing berkeliaran kesana kemari.

Kucing sangat bermanfaat dilingkungan sekitar sebagai pembasmi hama tikus, hewan melata atau sebagai hanya sekedar hiburan dirumah.

Selain itu, kucing juga termasuk hewan yang mampu bertahan dalam usia yang lama.

Akan tetapi disamping bisa bertahan lama kucing juga bisa terserang oleh berbagai  penyakit sehingga membuatnya berumur pendek. Oleh sebab itu kita harus berusaha menjamin kesehatannya.

Tindakan pencegahan terhadap berbagai penyakit merupakan langkah terbaik yang bisa kita lakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkannya, yaitu memberikan vaksinasi pada kucing.

Untuk itu, akan saya bahas pentingnya vaksinasi pada kucing untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit, sehingga tubuh kucing akan kuat terhadap serangan virus dan penyakit.

yuk kita simak sampai selesai.

Berikut dibawah ini penjelasan vaksinasi pada kucing

Vaksinasi kucing yang wajib dilakukan adalah vaksin terhadap virus Feline Panleukopenia, Feline Rhinotracheitis, dan Feline Calicivirus.

Umur berapa kucing boleh di vaksin?

Usia atau umur yang tepat kucing di vaksin adalah pada usia 2 bulan (8 minggu). Saat kucing akan di vaksin harus dalam keadaan sehat.

Vaksinasi akan diulang sekitar 3 sampai 4 minggu, kemudian akan diulangi lagi setiap 1 tahun.

✓ Baca Juga: 7 Penyakit Pada Kucing Di Usia Tua, Berikan Perhatian Untuk Nya


Kenapa kucing harus di vaksin?

Perlu kita ketahui, bahwa vaksinasi adalah tindakan untuk memasukkan agen penyakit yang sudah dilemahkan kedalam tubuh kucing, sehingga akan menggertak reaksi antara penyakit dan memberikan respon kekebalan (Antibody).

Mengapa kucing yang akan di vaksin harus dalam keadaan sehat?

Sebab, Vaksinasi yang dilakukan pada kucing yang sakit tidak akan efektif, karena sistem kekebalan tubuh kucing tidak akan merespon baik akan adanya vaksin.

Apa efeknya setelah kucing di vaksin?

Efek vaksinasi pada kucing cukup bervariasi, akan tetapi karena adanya reaksi antara penyakit dan sistem kekebalan tubuh pada kucing maka beberapa hari setelah kucing di vaksin kemungkinan akan menimbulkan demam.

Berapa kali kucing di vaksin? Apakah cukup 1 kali?

Seperti yang sudah dibahas diatas, pengulangan vaksinasi perlu dilakukan bertujuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit.

Vaksinasi hanya boleh dilakukan oleh dokter hewan dan anda akan mendapatkan buku vaksinasi.

Buku vaksinasi ini sangat penting. Jika anda termasuk breeder kucing maka sebagai trusted breeder anda akan dimintai keterangan mengenai kesehatan kucing.

Begitu juga jika anda ingin keluar negeri dan ingin membawa hewan kesayangan anda maka buku vaksinasi ini sangat diperlukan.

Nah... itulah sekilas tentang vaksin pada kucing, ssemoga artikel singkat ini dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 2