7 Cara Merawat Kucing Yang Sudah Tua (Tips Perawatan Kucing Tua)

Ruangdiary.com - Kucing yang sudah tua atau kucing sudah berumur adalah kucing yang sudah menginjak usia lebih dari 7 tahun.  

Kucing yang sudah berumur 7 tahun itu artinya sama seperti usia manusia 50 tahunan, sehingga ketika usia kucing kesayanganmu  menginjak di usia ini maka akan lebih banyak masalah yang muncul, terutama pada masalah kesehatannya.

Kamu bisa mengetahui penyakit apa saja yang sering dialami oleh kucing di usia tua bisa baca disini > 7 Penyakit Pada Kucing Di Usia Tua, Berikan Perhatian Untuk Nya

Nah, di artikel ini akan saya berikan sekilas tips cara merawat kucing yang sudah tua / tips perawatan kucing tua. Silahkan baca sampai selesai yaa..


Cara Merawat Kucing Yang Sudah Tua

1. Rutin Cek Ke Dokter Hewan

Tips pertama yang dapat kamu lakukan untuk perawatan kucing tua adalah rutin cek dan konsultasikan ke dokter hewan untuk mengetahui kesehatan kucing.

Sebab kucing yang sudah tua perlu dilakukan pengecekan yang lebih intens oleh dokter hewan.

Mengapa perlu dilakukan cek rutin ke dokter hewan?

karena pada usia ini kucing tua lebih cenderung memiliki penyakit kronis.

2. Perhatikan Pola Makan

Tips yang kedua untuk merawat kucing tua adalah dengan memperhatikan pola makan nya.

Kucing tua yang obesitas akan semakin mengalami peningkatan berat badan jika pola makannya tidak dirubah.

Pemberian pakan untuk kucing obesitas sebaiknya diberikan makanan rendah lemak dan rendah kalori. Sebab kucing yang mengalami obesitas akan lebih rentan terkena penyakit.

Sedangkan pada kucing usia tua yang kurus perlu diberikan terapi makan dengan rutin yaitu dengan memberikan makanan yang sedikit tapi lebih sering.

3. Perhatikan Pada Pola Minum

Kucing lebih rentan dehidrasi tinggi jika jarang minum.

Masalah kucing jarang minum sebenarnya tidak hanya dialami oleh kucing tua saja, akan tetapi bisa juga dialami oleh kucing yang masih muda.

Namun lebih berbahayanya lagi jika kucing usia tua tidak mendapatkan perhatian minum yang cukup karena akan berakibat pada dehidrasi.

Fungsi organ kucing yang sudah tua tidak sebaik seperti kucing muda. Oleh sebab itu untuk menghindari kucing tua mengalami dehidrasi adalah memberikan makanan basah dan selalu sediakan air yang cukup.

✓ Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Rasa Sedih Saat Kucing Kesayangan Mati

4. Memberikan Makanan Yang Beraroma Menyengat

Fungsi indra penciuman dan perasa pada kucing tua akan mengalami penurunan. Oleh sebab itu kucing tua akan mengalami penurunan nafsu makan.

Jika hal itu terjadi pada kucing tua kesayanganmu sebaiknya berikan makanan dengan aroma menyengat seperti ikan tuna, kaldu ayam tanpa garam, atau memberikan makanan yang dihangatkan sehingga uapnya akan menimbulkan aroma menyengat yang menyebabkan meningkatnya nafsu makan.

5. Selalu Menjaga Kebersihan Bulu

Tips ke lima yang perlu kamu lakukan saat merawat kucing tua adalah selalu menjaga kebersihan bulu dan kuku nya.

Jangan biarkan kucing usia tua memiliki bulu yang kusam serta terdapat pinjal yang akan memperburuk kondisi tubuh kucing.

Jika perlu obat anti parasit juga bisa kamu berikan pada kucing usia tua sesuai jadwal.

Bulu kucing perlu disisir setiap hari untuk menstimulasi peredaran darah agar tetap lancar sehingga bulu kucing akan tetap sehat.

6. Selalu Menjaga Kebersihan Kuku

Tips ke enam yang perlu kamu perhatikan adalah menjaga kebersihan kuku.

Kuku kucing yang sudah tua akan lebih cenderung pecah-pecah sehingga perlu dipotong sebelum kuku memanjang.

Untuk cara memotong kuku yang benar bisa kamu lihat pada gambar dibawah. ingat jangan memotong kuku kucing terlalu dalam sebab dibagian pangkal kuku kucing terdapat daging. Sehingga jika kamu memotong kuku terlalu dalam makan bisa menyebabkan kuku kucing berdarah.

Bagian kuku kucing yang boleh dipotong

7. Menghindari Stress

Tips ke tujuh cara merawat kucing tua adalah dengan menghindarkan kucing tua mengalami stres.

Jangan biarkan kucing tua mengalami stress karena dapat memperburuk kesehatannya.

Stress dapat membuat kucing tua enggan untuk makan dan minum, enggan untuk beraktivitas, serta dapat menurunkan sistem imunnya sehingga kesehatan akan menurun.

Oleh sebab itu, kucing tua perlu diberikan perhatian khusus dari pemiliknya dengan cara mengajak bermain dan selalu berinteraksi sehingga kucing tidak mengalami stress.

Buka Komentar
Tutup Komentar

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 2