5 Penyebab Kucing Tidak Mau Buang Kotoran Di Pasir Litter Box

Rungdiary.com - Apakah kucing kesayanganmu suka buang air besar, Pup, dan kencing di sembarang tempat? padahal sudah disediakan tempat pasir di litterbox?

Hal ini dianggap wajar jika dilakukan oleh kucing usia muda (kitten).

Akan tetapi, sangat tidak wajar jika dilakukan oleh kucing usia dewasa jika kamu sebelumnya sudah melatih kucing pup di kotak pasir sejak kucing masih kecil.

Perilaku kucing dewasa membuang air besar dan air kecil di luar kotak pasir merupakan perilaku yang sangat buruk.

Perilaku seperti ini bisa dilakukan oleh kucing manapun termasuk kucing yang telah terlatih.

Pada dasarnya kucing adalah hewan yang suka dengan tempat yang bersih dan suka dengan kebersihan.

Secara alamiahnya kucing akan mencari daerah berpasir untuk membuang kotorannya.

Jika kucing kesayanganmu sudah dilatih namun masih suka buang kotoran di sembarang tempat, ada kemungkinan terdapat beberapa hal yang kucing tidak suka dengan tempat pasirnya.

penyebab kucing tidak mau buang kotoran di tempat pasir


Penyebab Kucing Tidak Mau Buang Kotoran Di Pasir (Litter Box)

1. Kotak Pasir Terlalu Kecil

Kucing termasuk hewan yang sangat memperhatikan hal-hal detail. Termasuk pada tempat pasir.

Ukuran kotak pasir (litter box) yang terlalu kecil dapat menjadi masalah bagi kucing, karena kucing tidak bebas ketika defekasi dan kucing tidak suka jika tubuhnya terkena kotoran nya sendiri.

Sehingga (Litter box) kotak pasir yang cukup besar itu sangat penting. Idealnya kotak pasir untuk kucing buang kotoran adalah 1.5 – 2 kali panjang tubuhnya.

Penelitian ini telah di ungkapkan oleh Guy Adtras yaitu menunjukkan bahwa kucing lebih suka dengan kotak pasir yang berukuran besar (86 x 39 x 14) cm, dibandingkan dengan kotak pasir berukuran (56 x 38 x 14) cm.

2. Kotak Pasir Di Gunakan Bersama Kucing Lain

Jika kamu memiliki kucing lebih dari 1 Sebaiknya juga memiliki kotak pasir sesuai dengan jumlah kucing yang kamu miliki.

Sebab, Kucing tidak suka apabila kotak pasirnya digunakan oleh kucing lain, bukan hanya pada masalah territorialnya saja, akan tetapi kucing juga suka dengan privasinya sendiri.

 ✓ Baca Juga: 5 Manfaat Minyak VCO Untuk Kucing (Khasiat Minyak Kelapa Murni)

3. Kotak Pasir Sulit Di Jangkau / Penempatan Yang Tidak Di Suka Kucing

Letakkanlah kotak pasir ditempat yang mudah dijangkau oleh kucing dan tempatkanlah kotak pasir di tempat yang ia sukai.

Tempatkanlah kotak pasir di tempat yang sering ia lewati dan jangan tempatkan kotak pasir di tempat yang sering dilewati oleh orang. Sebab, kucing termasuk hewan yang suka dengan tempat-tempat yang tidak ramai dilewati orang.

4. Kucing Mengalami Stress

Kucing yang mengalami stress akan berperilaku aneh bahkan diluar kebiasaannya. Bahkan enggan melakukan hal biasa yang sering ia lakukan.

Kondisi stress ini dapat dipicu karena beberapa hal yaitu adanya keberadaan kucing lain, terlalu dieksploitasi oleh anak-anak, kondisi rumah yang terlalu ramai, dan lain-lainnya.

5. Kucing Mengalami Gangguan Kesehatan

Masalah kesehatan juga sangat memengaruhi kebiasaan kucing.

Gangguan kesehatan yang dialami oleh kucing sangat mengganggu proses urinasi dan defekasi.

Kucing yang mengalami infeksi saluran kemih seperti peradangan pada kantung kemih (cystitis), mengalami gangguan ginjal, serta diabetes akan mengalami peningkatan frekuensi pada urinasi. Hal ini dapat menyebabkan kucing tidak mau buang air besar dan air kecil di kotak pasir.

Selain itu, Kondisi Arthritis atau radang sendi yang sering dialami oleh kucing senior atau kucung tua juga menyebabkan sulit masuk ke kotak pasir karena untuk mengangkat kaki pun sedikit kesulitan dan merasa nyeri.

Faktanya sebanyak 42 % pemilik kucing akan membuang atau menelantarkan kucing akibat perilaku house soiling atau buang kotoran sembarangan.

Oleh sebab itu pahami terlebih dahulu ketika kucing buang kotoran sembarangan. Dan jangan langsung mengabaikannya dengan melakukan menelantarkan kucing.

Buka Komentar
Tutup Komentar

Posting Komentar