5 Manfaat Minyak VCO Untuk Kucing (Khasiat Minyak Kelapa Murni)

Ruangdiary.com - Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (atau biasa disebut minyak VCO) sudah tidak asing lagi di telinga kita, karena minyak VCO memiliki manfaat yang cukup banyak untuk kesehatan manusia dan hewan peliharaan.

Minyak VCO tidak hanya berperan sebagai suplemen untuk manusia saja, Minyak VCO juga sangat bermanfaat untuk kucing kesayangan anda.

Dengan memberikan ½ sendok teh minyak kelapa murni (VCO) setiap 5 kg/Berat Badan kucing setiap hari, maka banyak manfaat yang akan dirasakan oleh kucing kesayanganmu.

Manfaat minyak vco untuk kucing
manfaat minyak kelapa murni / VCO untuk kucing


Manfaat Minyak VCO Untuk Kucing

Minyak VCO atau minyak kelapa murni bermanfaat untuk kesehatan kucing. Kandungan asam lemak seperti lauric, monolauric, capric, dan caprylic sangat bermanfaat sebagai agen anti bacterial, anti fungal, dan antiviral.

1. Minyak VCO Sebagai Antiparasit

Dengan mengoleskan minyak VCO / Minyak kelapa murni pada kulit kucing dapat berperan sebagai repellent (penolak) pinjal pada kulit kucing.

Anda dapat mengoleskan minyak VCO saat sedang bermain dengan kucing atau bisa juga saat kucing kesayanganmu sedang tidur.

Berikan secukupnya agar manfaat minyak VCO untuk kucing bisa diserap dengan baik oleh kulit kucing.

2. Minyak VCO Sebagai Antifungal

Khamir (yeast) secara umum sebenarnya berada pada tubuh. Meski begitu seringkali menjadi senjata makan tuan bagi tubuh kucing karena keberadaannya berlebihan akibat dari kebersihan sekitar yang tidak terjaga serta kelembaban kulit yang berlebih.

Secara umum keberadaan khamir (yeast) ini dapat menyebabkan dermatitis atau infeksi pada kulit yang ditandai dengan gatal-gatal yang berlebihan dan tampak kemerahan.

Nah keberadaan minyak VCO / minyak kelapa murni sangat bermanfaat untuk kucing kesayanganmu. Dengan mengoleskan minyak kelapa murni / VCO pada kulit kucing yang terinfeksi dapat mengurangi gatal dan kemerahan.

✓ Baca Juga: Manfaat Kucing Makan Rumput Dan Jenis Rumput Yang Baik Untuk Kucing

3. Mengkonsumsi Minyak Kelapa Murni Dapat Mencegah Diabetes

Minyak kelapa murni juga sangat bermanfaat bagi tubuh manusia dan hewan peliharaan.

Minyak kelapa murni memberikan efek yang sangat baik pada pengaturan pengeluaran insulins sehingga dapat menstabilkan kondisi gula darah pada tubuh.

4. Mengkonsumsi Minyak Kelapa Murni Dapat Memperbaiki Kondisi Pencernaan

Manfaat minyak kelapa untuk kucing juga berperan  penting sebagai perbaikan kondisi pencernaan.

Penyerapan nutrisi akan menjadi lebih baik saat kucing kesayanganmu mengkonsumsi minyak kelapa. Sehingga berat badan dapat terkontrol (tidak  terjadi obesitas), terhindar dari infeksi saluran pencernaan, menghilangkan bau mulut, serta mengurangi hairballs pada kucing.

5. Mengkonsumsi Minyak Kelapa Dapat Memperbaiki Kondisi Persendian

Dengan mengkonsumsi minyak kelapa menjadikan tubuh menjadi lebih sehat.

Minyak kelapa murni juga memberikan efek yang baik terhadap kesehatan sendi, terutama pada sendi daerah lutut.

Manfaat minyak kelapa juga dapat mengurangi masalah infeksi sendi atau arthritis terutama pada kucing yang memiliki tubuh besar dan usia lanjut.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari minyak kelapa murni (VCO) diperlukan keaslian dari minyak kelapa tersebut.

Ingat, bukan minyak kelapa yang sering digunakan untuk menggoreng loh yaa. Minyak kelapa murni (VCO) ini sangat mudah kamu dapatkan diberbagai toko kok, jadi jangan khawatir.

Minyak kelapa murni (VCO) dapat berbentuk cair dan padat.

Saat minyak kelapa murni (VCO) berbentuk cair akan berwarna bening jernih, tanpa endapan. Dan saat berbentuk padat seperti lemak dan berwarna putih mengkilat. 

Jadi, Minyak kelapa murni yang bagus dan baik adalah tidak  berbau tengik.

Buka Komentar
Tutup Komentar

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 2