10 Manfaat Steril Kucing Jantan Dan Kucing Betina (LENGKAP)

Ruangdiary.com - Manfaat steril pada kucing sangat penting dilakukan jika kamu merasa kwalahan dengan perilaku kucing saat birahi dan kwalahan memiliki banyak keturunan dari kucing peliharaan.

Banyak pemilik kucing yang kwalahan dengan anak-anak kucing yang terlalu banyak hingga rela membuang dan menelantarkannya.

Memelihara kucing tidak hanya tentang tanggung jawab saja, akan tetapi kita sebagai pemilik juga harus memiliki social responsibility terhadap lingkungan sekitar.

Kucing merupakan hewan yang memiliki reproduksi sangat baik dan bisa memiliki banyak keturunan dalam waktu yang singkat.

Selain memiliki alat reproduksi yang baik, pada puncak kesuburan kucing akan memberikan masalah baru pada lingkungan sekitar, yaitu peningkatan populasi yang tak terkontrol.

Dampak dari peningkatan populasi ini adalah banyaknya kucing yang terlantar dan tidak terurus dengan baik.

Masyarakat sekitar yang tidak suka dengan kucing cenderung akan melakukan tindakan yang tidak baik hingga pada kekerasan terhadap kucing (animal abuse).

Akibat dari kekerasan yang dilakukan oleh masyarakat sekitar membuat kucing cidera dan kematian.

Sebagai pemilik yang baik dan bertanggung jawab, tidak hanya menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan saja namun kita perlu menjadikan kucing sebagai bagian dari keluarga yang perlu kita pedulikan.


Salah satu wujud kepedulian kita terhadap kucing kesayangan kita adalah melakukan kastrasi atau steril pada kucing jantan dan kucing betina.

Apa Tujuan Dan Manfaat Steril Pada Kucing Jantan Dan Kucing Betina?

Tujuan kastrasi atau steril pada kucing merupakan tindakan untuk mengendalikan populasi dengan teknik operasi yang dilakukan oleh dokter hewan.

prosedur steril pada kucing jantan adalah menghilangkan kedua testis pada kucing jantan untuk menghilangkan sumber hormon testosterone. Sedangkan prosedur steril pada kucing betina adalah pengangkatan ovarium / menghilangkan indung telur dan rahim agar tidak bisa hamil.

Berikut dibawah ini manfaat seteril kucing jantan dan Kucing batina.

Manfaat Steril Pada Kucing Jantan

1. Untuk Mengendalikan Populasi

Tindakan kastrasi atau steril pada kucing jantan secara langsung akan mengurangi populasi kucing dikarenakan berkurangnya tingkat perkawinan yang dilakukan oleh kucing jantan ke kucing betina.

2. Memberikan Rasa Nyaman Dan Aman

Manfaat steril pada kucing jantan dapat mengurangi tindakan kucing yang sedang birahi keluar rumah (roaming) untuk mencari kucing betina. Sehingga pemilik akan merasa nyaman dan aman karena tidak ada kekhawatiran terhadap hewan peliharaannya.

Kondisi roaming pada kucing jantan mencari kucing batina akan terjadi selama 3 hari hingga 1 minggu. itu artinya, ketika kucing jantan mengalami birahi akan keluar rumah mencari betina.

Resikonya, kucing jantan dapat mengalami perkelahian antar kucing jantan lainnya yang sama-sama sedang birahi.

Kucing jantan yang sudah dilakukan steril ia akan lebih betah dirumah dan lebih tenang.

3. Mengurangi Perilaku Agresif

Steril pada kucing jantan dapat memberikan dampak positif yang sangat baik terhadap komunikasi antar hewan jantan.

Perlu kita ketahui, Hormon testosterone yang sebagai hormon “jantan” akan memberikan dampak dominansi pada jantan. Itu artinya, ketika kucing jantan bertemu dengan kucing jantan lainnya maka tingkat perkelahian akan sangat tinggi.

Oleh sebab itu steril pada kucing jantan akan memberikan dampak positif bagi komunikasi antar kucing jantan lainnya untuk mengurangi perkelahian.

4. Mengurangi Kebiasaan Spraying

Urine spraying yang dilakukan oleh kucing jantan adalah tindakan menyemprotkan urin di sembarang tempat.

Umumnya, kucing jantan akan menyemprotkan urin di tempat-tempat yang menurut mereka adalah daerah teritorialnya (kawasannya). Misal seperti ditembok rumah yang biasa ia lewati, di kursi, kaki meja, bahkan tidak segan-segan menyemprotkan urin di kendaraan yang sedang parkir.

5. Mencegah Penyakit Prostat

Penyakit prostat dapat terjadi diakibatkan karena mengalami kondisi patologis pertambahan jumlah sel prostat akibat peran dari hormon testosterone.

Akibatnya pembesaran prostat pun dapat terjadi dan menyebabkan penekanan pada saluran kemih sehingga terjadilah kencing darah.

✓ Baca Juga: Usia Kucing Boleh Di Steril Dan Biaya Steril Kucing Jantan Dan Betina

Manfaat Steril Pada Kucing Betina

Setelah kamu tau apa saja manfaat steril pada kucing jantan, selanjutnya dibawah ini manfaat steril pada kucing betina.

6. Mencegah Tertularnya Infeksi Virus Yang Dibawa Oleh Kucing Jantan

Manfaat steril pada kucing betina juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kucing kesayanganmu.

Kucing betina yang sedang birahi juga akan mencari kucing jantan untuk mengawininya.

Umumnya, Kucing betina akan dikawini lebih dari satu kucing jantan. Itu artinya, kucing betina lebih rentan tertular virus yang dibawa oleh kucing jantan.

7. Mencegah Kanker Rahim, Kanker Ovarium Dan Infeksi Rahim

Manfaat steril kucing betina juga sangat berdampak positif bagi kesehatan kucing kesayanganmu.

Seperti yang sudah kita ketahui diatas, prosedur steril pada kucing betina adalah pengangakatan ovarium / menghilangkan indung telur dan rahim.

8. Mencegah Risiko Tumor Kelenjar Susu

Manfaat Steril pada kucing betina dapat menurunkan risiko tumor kelenjar susu.

Sterilisasi pada kucing betina dapat membantu menurunkan risiko kucing betina dari tumor kelenjar susu.

Penyakit ini tidak boleh disepelekan, sebab kucing indukan betina sering mengalami kematian karena tumor kelenjar susu yang diakibatkan karena terpisah dari anak-anaknya yang masih kecil, anak-anaknya mati, dan lain-lainnya. Sehingga air susu akan menumpuk dan membuat kelenjar susu membengkak.

9. Mencegah Infeksi Pyometra

Kucing betina yang di steril cukup penting untuk kesehatannya. Sebab Steril dapat menurunkan risiko infeksi pyometra.

Banyak kasus kematian pada indukan kucing betina karena ternyakit ini.

Penyakit pyometra sering terjadi karena ada infeksi serius yang berkembang di rahim kucing betina.

10. Mencegah Komplikasi Persalinan

Setelah kucing betina di steril, kucing betina tidak akan lagi bisa hamil dan melahirkan.

Itu artinya, kucing betina tidak akan lagi mengalami komplikasi serius ketika melahirkan yang bisa membahayakan nyawanya.

✓ Baca Juga: Manfaat Kucing Makan Rumput Dan Jenis Rumput Yang Baik Untuk Kucing

Nah, itulah beberapa manfaat steril kucing jantan dan kucing betina. Jika kamu tidak ingin kucing kesayanganmu di steril maka wajib memelihara kucing sepasang agar hasrat mereka bisa terlampiaskan.

Selanjutnya, Ketika puppy atau kitten sudah lahir, kita yang sebagai pemilik tidak boleh menelantarkan atau membuangnya.

Sebagai pemilik kita wajib bertanggung jawab untuk merawat anak-anaknya. 

Jadi, jangan buang anak-anaknya yaa, selain dapat menambah populasi juga dapat mengganggu masyarakat lain yang tidak menyukainya.

Sekian dulu ya..
jangan lupa baca-baca artikel menarik lainnya di situs ini yaa..
salam hangat... 

Buka Komentar
Tutup Komentar

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 2