√ Syarat Dan Biaya Membuat SKCK Baru Di Polsek Atau Polres

Ruangdiary.com - Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau biasa di sebut dengan istilah SKCK merupakan salah satu surat yang sangat penting untuk keperluan administratif. baik itu untuk melamar pekerjaan ataupun untuk keperluan lainnya. 

Selain itu, surat SKCK hanya bisa diterbitkan oleh pihak Kepolisian Republik Indonesia saja. sebab, Pihak Kepolisian telah memiliki hak dan wewenang dalam pendataan surat SKCK yaitu memiliki catatan atas diri seseorang.



Syarat Membuat SKCK Baru Di Polsek Atau Polres

Sudah menjadi prosedur yang wajib anda penuhi ketika anda akan mengurus atau membuat surat SKCK baru, dalam proses membuat SKCK membutuhkan sejumlah syarat yang perlu anda persiapkan yaitu:

1. Surat Pengantar Untuk Pembuatan SKCK Baru

Cara membuat SKCK Baru yang harus anda siapkan terlebih dahulu adalah membuat surat pengantar dari kelurahan ataupun dari kecamatan. 

siapkan foto ukuran 4x6 sebanyak 1 lembar (background bebas), untuk mendapatkan surat pengantar sebagai administratif dari kelurahan.

Setelah anda mendapatkan surat pengantar dari kelurahan atau kecamatan selanjutnya anda lihat bagian di poin kedua di bawah ini untuk syarat membuat Skck baru.

2. Syarat Membuat SKCK Baru

Bagi Warga Negara Indonesia ada beberapa persyaratan wajib yang harus dilengkapi sebagai berikut:

- Fotokopi KTP
- Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
- Fotokopi Ijazah Atau bisa juga Akta Kelahiran.
- Siapkan Pas foto Ukuran 4×6 (background merah) sebanyak 6 lembar.
- Map Berwarna Merah 

(Seluruh Persyaratan tadi masukkan kedalam map, lalu berikan ke petugas).

3. Proses Dan Cara Membuat SKCK Baru

Setelah semua persyaratan untuk membuat skck baru sudah anda penuhi. selanjutnya Anda bisa langsung mengurus SKCK di Polres atau Polsek. 

(Namun ada yang perlu anda perhatikan, Untuk keperluan kelengkapan administrasi khusus CPNS, kepengurusan visa, atau keperluan yang bersifat antar negara, silahkan anda bisa langsung ke Polres setempat).

Polres Dan Polsek buka di hari kerja dari Senin hingga Jumat Pukul 08.00-15.00 Wib, dan hari Sabtu setengah hari mulai pukul 08.00-11.00 Wib.

Setelah semua persyaratan sudah anda penuhi, Selanjutnya anda bisa langsung menuju ke loket dibagian SKCK, kemudian serahkan berkas yang telah anda siapkan tadi. lalu, Anda akan diminta untuk mengisi formulir yang harus anda lengkapi.

Setelah anda selesai mengisi formulir, silahkan serahkan kembali formulir tadi ke bagian loket dan tunggulah sampai petugas memanggil anda. 

Jika petugas sudah selesai mencetak surat Skck milik anda, nanti anda akan di panggil sambil anda menyerahkan uang administrasi kurang lebihnya skitar Rp30.000. 

Kemudian silahkan anda fotokopi Skck tersebut untuk keperluaan legalisir sebanyak max 10 lembar.

Setelah anda selesai fotokopi, kembali berikan fotokopian skck tadi ke petugas loket yang nantinya anda di suruh menunggu, kurang lebihnya hanya 5 menit menunggu proses legalisir ini selesai.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Post a Comment

"Terimakasih anda sudah berkunjung di situs kami. Silahkan tinggalkan komentar anda".