√ 7 Tips Membuat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

Ruangdiary.com - Membuat surat lamaran kerja adalah hal yang paling utama bagi siapa saja yang hendak melamar suatu pekerjaan. 

Para pencari kerja biasanya menginginkan lamaranya di terima baik oleh suatu perusahaan maupun instansi tertentu, dan berharap surat lamaran kerjanya mempunyai daya tarik tersendiri.

Tak jarang, hingga sekarang ini masih banyak calon pelamar kerja yang sering mengabaikan tata cara menulis surat lamaran kerja tersebut yang kadang mengakibatkan tidak meyakinkan HRD maupun personalia diperusahaan yang di tuju. 

Oleh sebab itu, untuk meminimalisir kegagalan adalah dengan cara memperbaiki isi dari surat lamaran kerja yang kita buat.

Banyak hal yang perlu diperhatikan ketika anda termasuk orang yang pertama kali membuat surat lamaran kerja, pasti merasa bingung tata cara membuat lamaran kerja yang baik dan benar itu bagaimana, dan masih butuh bimbingan dari orang-orang yang lebih berpengalaman membuat lamaran kerja diperusahaan.

Banyak hal yang perlu diperhatikan ketika anda membuat atau menulis surat lamaran kerja.


7 Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar 

1. Surat Lamaran Kerja Harus Jelas

Hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah surat lamaran kerja yang akan kita buat harus jelas dan berisi sesuai tujuan untuk melamar kerja.

Itu artinya anda harus memberikan penjelasan yang benar dan keterangan yang tepat pada surat lamaran tersebut agar bisa diterima baik oleh perusahaan dengan mencantumkan beberapa alasan anda mengapa melamar pekerjaan diperusahaan tersebut, berikanlah alasan dan kejelasan yang tepat.


2. Surat Lamaran Kerja Harus Menarik Personalia (HRD)

Membuat surat termasuk penyampaian kata yang disampaikan dengan tulisan untuk pembaca.

Ketika anda hendak membuat surat lamaran kerja usahakanlah agar bisa menarik personalia (Hrd) di perusahaan yang dituju. 

Buatlah tulisan semenarik mungkin agar pembaca tidak bosan dan ingin tau lebih lanjut kriteria tentang anda.


3. Cantumkan Prestasi Yang Pernah Diraih

Membuat surat lamaran kerja perlu anda cantumkan beberapa prestasi yang pernah anda raih sebelumnya kedalam surat lamaran kerja.

misalnya prestasi selama anda sekolah, prestasi dalam berorganisasi, dan prestasi selama bekerja diperusahaan sebelumnya.

Jika hendak membuat lamaran kerja dan menginginkan nilai baik ketika surat lamaran anda diterima oleh HRD perusahaan, maka cantumkanlah prestasi-prestasi yang pernah anda raih. Karena semakin banyak prestasi yang pernah anda raih maka akan memudahkan perusahaan menerima anda.


4. Gunakan Tata Bahasa Yang Baik

Ketika anda hendak membuat surat lamaran kerja gunakanlah penulisan tata bahasa yang baik, karena bahasa dan kosa kata sangat dipertimbangkan oleh personalia saat membaca lamaran kerja yang anda buat.

Jangan gunakan bahasa gaul ataupun kekini-kinian, karena hal itu akan membuat Personalia (HRD) akan mencoret surat lamaran kerja yang anda buat karena dinilai kurang baik.


5. Tujuan Dan Alasan Melamar

Surat lamaran kerja yang kita buat hendaknya memiliki tujuan jelas agar sesuai dengan yang kita harapkan.

Anda bisa memberikan alasan atau harapan-harapan ketika menulis surat lamaran kerja, dengan meyakinkan pembaca bahwa anda mengharapkan bisa bergabung diperusahaan tersebut.


6. Surat Lamaran Kerja Harus Rapi

Surat lamaran kerja yang kita buat hendaknya enak dipandang dan bisa menarik pembaca. 

Oleh sebab itu usahakan ketika anda membuat surat lamaran kerja harus rapi dan tidak banyak coretan ataupun kotor.


7. Buatlah Surat Lamaran Kerja Dengan Gaya Tulisan Tangan / Komputer

Banyak perusahaan yang mempersilahkan calon pelamar pekerja dengan berbagai penulisannya. 

Bisa menggunakan tulisan tangan ataupun menggunakan komputer yaitu Microsoft word. 

Tetapi, banyak perusahaan yang menerima surat lamaran kerja dengan menggunakan gaya tulisan tangan, karena menurutnya dinilai memiliki keunikan tersendiri dan daya usaha yang kuat.

Nah itulah beberapa hal yang harus di perhatikan ketika membuat surat lamaran pekerjaan.

Buka Komentar
Tutup Komentar

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 2