√ Keutamaan Dan Waktu Terbaik Membaca Surat Alkahfi Di Hari Jumat

Ruang Diary - Hari jumat merupakan hari yang sangat istimewa bagi umat Islam. Bahkan, Rasulullah SAW juga pernah menyebutkan dalam sabdanya bahwa kemuliaan hari Jumat melebihi Idul Fitri dan Idul Adha. 

Pada hari jumat umat Islam juga di anjurkan untuk membaca Surat Al Kahfi.

Dalam hadits disebutkan barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka dia akan disinari cahaya diantara dua Jum’at. 

Selain itu, Umat islam yang mau membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat akan dihindarkan dari fitnah Dajjal.

Namun, kapankah waktu terbaik membaca surat alkahfi di hari Jumat?

Konon, ada yang mengatakan waktu terbaiknya adalah pada waktu magrib (Kamis menuju malam Jumat). Ada pula yang mengatakan setelah usai menunaikan ibadah shalat Jumat. 

Lantas, kapankah waktu terbaiknya menurut hadits? Berikut ulasannya.


Surat Al-Kahfi memang memiliki kesitimewaan yang luar biasa.

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih)
Selain itu, dengan membaca surat alkahfi di hari Jumat maka akan dihindarkan dari fitnah Dajjal yang keji.
“Barangsiapa yang membaca sepuluh ayat dari permulaan surat al-Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal.” (HR Muslim)
Namun, kapan waktu terbaik membaca surat alkahfi di hari jumat? 

Ternyata selama hari Jumat, waktu tersebut sangat baik untuk membaca surat Al-Kahfi.

Para ulama juga mengatakan:
"batasan waktu untuk membaca surat Al-Kahfi pada hari jumat adalah dimulai dari tenggelamnya matahari pada sore hari kamis (malam jum’at) sampai pada tenggelamnya matahari pada sore hari jum’at".
Hal ini diperkuat dengan Hadits Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallaahu’anhu:
Yang artinya: 
“Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam jumat, maka ia akan diterangi oleh cahaya, antara dirinya dan al-bait al-‘atiq (ka’bah)”. (HR Darimi: 3407, dan dinilai shahih oleh Al-Albani rahimahullah dalam Shahih Al-Jami’: 6471).
“Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi paa hari jumat, maka ia akan diterangi oleh cahaya diantara dua jum’at tersebut”. (HR Al-Hakim: 2/399, dan dinilai hasan oleh Ibnu Hajar, dan diikuti pula oleh Al-Munawi sebagaimana dalam Faidh Al-Qadir: 6/198, serta dinilai shahih oleh Al-Albani: 6470).
Al-Hafidz Ibnu Hajar rahimahullah juga berkata tentang hadits ini: 
“Demikianlah yang terdapat dalam beberapa riwayat, ada yang menyebutkan: siang hari jumat, dan ada yang menyebutkan: malam jumat, keduanya disinkronkan bahwa maksudnya adalah siang hari jumat sekaligus malam jumatnya, atau malam hari jumat sekaligus juga siang harinya”. (Dinukil oleh Al-Munawi rahimahullah dalam Faidh Al-Qadir: 6/199).
Al-Munawi menyatakan: 
“Maka disunnahkan membacanya (surat Al-Kahfi) pada siang hari jumat, demikian pula pada malam harinya, sebagaimana yang disebutkan oleh Imam Syafi’i rahimahullah”. (Faidh Al-Qadir: 6/198).
Berdasarkan dari penjelasan tersebut, maka seluruh waktu di hari Jumat adalah waktu yang terbaik untuk membaca surat Al Kahfi. 

Jadi, jangan lewatkan membacanya yaa…Terimakasih sudah membaca.

Penulis Oleh :

Buka Komentar
Tutup Komentar

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2