√ Waspada, Ini 5 Tempat Tinggal Jin Menurut Islam Yang Wajib Kamu Tau

Ruang Diary - Siapa yang tidak takut jika bisa melihat jin? 

Jangankan melihatnya mendengar kata jin saja mungkin sudah merinding, yaa. Mengingat, bentuk dan perwujudannya jelas-jelas berbeda.

Yang perlu kamu ingat, Jin sangat senang tinggal di tempat yang kotor dan berbau busuk, tapi ada juga jin yang tidak suka tempat-tempat tersebut. 

Beberapa tempat di sekitar rumah kita juga ternyata banyak disukai oleh jin dan mereka suka tinggal di tempat tersebut. Tempat seprti apa yang di sukai golongan Jin? Yuk, simak sampai selesai.


Tempat Tinggal Jin Menurut Islam

1. Di lubang-lubang

Jin sangat menyukai dan tinggal di lubang-lubang yang kotor seperti, got, lubang pembuangan air, lubang cuci piring, lubang WC, dan lain-lainnya. 

Oleh sebab itu mengapa kita tidak boleh sembarangan  membuang air kecil di lubang-lubang?. Misalnya kita tidak boleh sembarangan buang air kecil di lubang-lubang tanah, pohon, dan lain-lainnya.

Rasulullah SAW bersabda:

“Janganlah seseorang diantara kalian kencing di lubang karena lubang itu tempat tinggalnya golongan jin.” (H.R Abu Dawud, Nasai, dan Ahmad)

Selain itu, kita juga tidak boleh membuang air panas di lubang-lubang yang sering di kerubuti golongan jin. meskipun tidak ada dalil, namun fatwa islam menganjurkan untuk tidak membuang air panas ke lubang-lubang karena di khawatirkan mengenai jin yang berada di lubang itu.

"Hendaknya setiap muslim hati-hati ketika membuang air panas di kamar mandi atau tempat lain, agar tidak mengenai jin, sementara dia tidak tahu. Semacam ini berdasarkan realita di lapangan, meskipun kami tidak mengetahui ada riwayat dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam maupun para sahabat Radhiyallahu ‘anhum. (Fatwa Islam no. 226625)

2. Pasar Atau Mall

Pasar tempat berkumpulnya para pedagang dan juga pembeli. Namun, di sisi lain ternyata ada makhluk tak kasat mata yang juga berada di tempat ini, yaitu bangsa jin dan golongan syetan.

Saat kita di pasar atau mall seringkali ingin selalu belanja yang tidak penting. Keadaan seperti ini menandakan bahwa kamu sedang diganggu atau digoda oleh jin.

Maka dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk selalu membaca doa sebelum masuk ke pasar atau mall agar terhindar dari godaan setan dan jin.

Baca Juga: √ Amalan Sebesar Gunung Hancur Lebur Karena Hal ini ...

3. Atap Rumah

Tempat tinggal golongan jin juga ada di atas atap-atap rumah, namun golongan jin ini disebut jin muslim. Sebagaimana terdapat dalam hadits berikut ini:

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: 

“Tidak ada satu rumah orang muslim pun kecuali di atap rumahnya terdapat jin muslim. Apabila ia menghidangkan makanan pagi, mereka (jin) pun ikut makan pagi bersama mereka. Apabila makan sore dihidangkan, mereka (jin) juga ikut makan sore bersama orang-orang muslim. Hanya saja, Allah menjaga dan menghalangi orang-orang muslim itu dari gangguan jin-jin tersebut” (HR. Abu Bakar sebagaimana ditulis oleh Ibnu Hajar dalam Fathul Bari).

Jin muslim dari golongan jin ini tidak mengganggu urusan manusia. Berbeda dengan jin kafir, ia selalu mengganggu dan menggoda manusia.

Baca Juga: √ 5 Jenis Golongan Jin Yang Sering Bertamu Di Alam Manusia Secara Diam-Diam

4. Masjid

Selain atap rumah, golongan jin juga ada yang bertempat tinggal di masjid dan suka melakukan shalat. Jin tersebut adalah jin muslim. Seperti yang dikisahkan dalam sebuah hadits:

Dari Abu Shalih dari Ibnu Abbas ra. berkata bahwa jin telah berkata kepada Rasulullah SAW:

“ Wahai Rasulullah izinkan kami (para jin) untuk ikut melakukan shalat secara berjamaah bersamamu di masjidmu.”

Maka Allah menurunkan firman-Nya, 

“Dan sesungguhnya masjid-masjid itu kepunyaan Allah, dan janganlah kalian menyembah seorang pun di dalamnya di samping menyembah Allah”. [QS. Jin ayat 18] [HR. Ibnu Abi Hatim dalam Tafsir Jalaludin Jilid IV]

5. Kamar mandi

Salah satu tempat yang di sukai golongan jin sebagai tempat tinggalnya di dalam rumah adalah kamar mandi, karena kamar mandi adalah tempat untuk membersihkan badan dari kotoran.

Oleh sebab itu, dianjurkan untuk selalu membaca doa saat masuk dan keluar kamar mandi. 

Demikian juga saat masuk ke kamar mandi atau WC, dahulukan kaki kiri dan keluar dahulukan kaki kanan.


Penulis Oleh :

Buka Komentar
Tutup Komentar

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2