√ Bacaan Doa Ketika Lupa Mengingat Sesuatu

Ruang Diary - Dalam menjalani rutinitas sehari-hari tentunya kita pernah lupa akan sesuatu. Misalnya, lupa meletakkan kunci rumah, kunci motor, kunci mobil, atau kunci lemari, bahkan bagi anak sekolah seringkali lupa menjawab soal-soal ujian meskipun sudah hapal materi pelajaran.

Karena faktor Lupa tentu sangat merepotkan, apalagi jika kita dikejar oleh waktu dan harus menyelesaikan sesuatu urusan dengan cepat. 

Terlebih jika anak sekolah yang lupa dengan jawaban tes ujian, padahal sebelumnya sudah sangat hapal dengan materi pelajaran, tentu hal ini akan membuat hasil tes menjadi gagal.

Jika anda berada dalam kondisi yang seperti ini, sebaiknya jangan langsung marah atau mengeluh karena mengalami lupa. Pasalnya ada bacaan doa untuk orang yang sering lupa.

Seperti apa doanya? simak ulasannya dibawah ini.


Lupa merupakan hal yang wajar terjadi pada diri seseorang, karena lupa sifat alami pada manusia yang sudah ditakdirkan oleh Allah SWT. 

Meski demikian, sering lupa terkadang membuat kita mengalami kondisi yang cukup rumit dan merepotkan.

Selain itu, Lupa juga bisa berasal dari setan, sehingga ketika kita lupa dianjurkan untuk selalu mengingat Allah SWT seraya berdoa kepadanya.

"Jika kamu mengalami lupa, maka ingatlah Allah. karena lupa itu dari setan. Seperti yang Allah firmankan tentang kawannya Musa, “tidak adalah yang membuat aku lupa untuk menceritakannya kecuali setan.” (Adhwaul Bayan, 4/62).

Nabi Muhammad SAW juga pernah berdoa ketika ditanya tentang Ahbabul Kahfi.

Artinya:
“Kecuali (dengan menyebut): "Insya Allah". Dan ingatlah kepada Tuhanmu jika kamu lupa dan katakanlah: “Mudah-mudahan Tuhanku akan memberiku petunjuk kepada yang lebih dekat kebenarannya dari pada ini.”  (QS. al-Kahfi: 24)

Saat kamu mengalami lupa, Sebagian ulama juga memperbolehkan berdoa dengan QS. al-Kahfi: 24 seperti yang dilakukan oleh Rasulullah SAW diatas. Dan sebagiannya lagi juga memperbolehkannya membaca doa yang sama dengan sujud sahwi, yakni sujud yang di lakukan saat lupa jumlah rakaat shalat.

“Bismillaahirrahmaanirrahiim, Subhaanamallaa yanaamu walaayasHu”

Artinya : “Maha suci Dzat yang tidak lupa dan tidak tidur”


Penulis Oleh :

Buka Komentar
Tutup Komentar

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2