√ 9 Cara Menjadi YouTuber Modal Hp Untuk Pemula

Ruang Diary - Di era modern seperti sekarang ini, anak muda mana sih yang gak kenal Youtube?

Platform penyedia ratusan juta video di dalamnya ini memiliki banyak sekali kelebihan-kelebihan yang perlu kamu ketahui.

Selain sebagai hiburan, Platform Youtube ini mampu menghasilkan pendapatan yang cukup banyak bagi yang menekuninya, yaitu dengan menjadi seorang Youtuber.

Kelihatannya menjadi seorang Youtuber sangat mudah. Tinggal membuat video lalu menguploadnya.

Namun kenyataannya, ada banyak sekali hal yang perlu anda perhatikan jika ingin menjadi youtuber handal, mulai dari konsep pembuatan channel, kualitas konten, hingga butuh peralatan yang mumpuni.

Nah apabila kamu ingin menjadi Youtuber tetapi hanya memiliki modal sedikit, kamu bisa memanfaatkan Gadget yang kamu miliki.

Jangan salah, menjadi seorang Youtuber sukses hanya modal HP bisa membuatmu menjadi sosok yang kreatif dan juga berkembang.

Lantas, bagaimanakah caranya?

Simak 9 cara menjadi youtuber sukses hanya modal HP.


1. Buatlah Channel YouTube Dulu

Langkah awal yang harus kamu lakukan untuk menjadi youtuber adalah membuat channel Youtube terlebih dahulu.

Nantinya channel ini akan digunakan sebagai wadah untuk video–video yang sudah kamu buat.

Untuk cara membuat channel Youtube baru, kamu hanya perlu menyiapkan akun Gmail, Kemudian Login ke email tersebut lalu masuklah ke Youtube menggunakan email tersebut.

Setelah selesai, sebaiknya kamu mengatur penampilan channel Youtube baru tersebut, mulai dari foto profilnya, deskripsi, nama channel, dan lain-lainnya.

2. Konsep Video

Langkah kedua yang harus kamu lakukan adalah memikirkan konsep konten video apa yang akan kamu buat.

Sebab, konsep ini akan memengaruhi tema yang akan dibahas di channel youtube yang kamu buat.

Sebagai contohnya, kamu ingin membuat channel youtube yang berfokus pada konten masakan atau kuliner. Selanjutnya, konsep ini diruncingkan lagi ke tema, misal masakan nusantara.

Nah, untuk topiknya terserah. Misalnya di minggu ini, kamu membuat konten video tentang masakan rendang, minggu berikutnya kamu akan membuat konten video tentang cara membuat soto, begitupun seterusnya.

Rekomendasi: √ 13 Cara Aman Dapatkan 1000 Subcriber Dan 4000 Jam Tayang (SEO YouTube)

3. Siapkan Peralatan Yang Dibutuhkan

Langkah yang ketiga adalah mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan dalam membuat video.

Nah, jika modal utama anda menjadi youtuber bermodalkan HP. Usahakan kamu mempunyai HP dengan kamera depan atau kamera belakang dengan resolusi yang tinggi, sehingga nantinya kualitas video yang dihasilkan akan memuaskan.

Selain HP sebagai modal utama, kamu juga butuh Alat lain berupa tripod untuk menopang HP agar tetap stabil dan juga headset yang berfungsi sebagai mikrofon.

4. Edit Video Semenarik Mungkin

Setelah kamu selesai mengambil video menggunakan HP, Langkah selanjutnya adalah kamu mengedit video tersebut menjadi sebuah konten yang menarik untuk dilihat.

Untuk mengedit video pun kamu bisa lakukan di HP saja, tidak perlu menggunakan laptop ataupun komputer.

Untuk kegiatan mengedit video, kamu tentu membutuhkan sebuah aplikasi edit video. Ada banyak sekali aplikasi edit video yang bisa kamu dapatkan secara gratis di Playstore. Aplikasi YouTuber Modal Hp adalah Power Director, KineMaster, Viva Video, dan masih banyak lagi.

Meskipun pengeditan video dilakukan menggunakan HP saja, kualitas video yang dihasilkan juga tidak main-main, karena hampir s/sama dengan edit video profesional.

5. Jangan Lupakan SEO YouTube

Setelah kamu selesai mengedit video, sekarang waktunya untuk mengunggahnya di Youtube.

Supaya kamu bisa mendapatkan lebih banyak penonton (viewer) dan jumlah subscriber, kamu harus memahami optiomasi Youtube menggunakan SEO Youtube.

Tujuannya ini adalah supaya video yang kamu upload tersebut memiliki posisi yang bagus di mesin pencarian, sehingga nantinya banyak orang yang akan melihatnya.

6. Hubungkan Ke Google Adsense

Supaya kamu lebih bersemangat dalam membuat konten video, kamu bisa menghubungkan channel Youtubemu ke Google AdSense.

Hal ini dilakukan agar setiap videomu di YouTube ada iklan yang tayang.

Namun untuk bisa lolos, kamu perlu memiliki subscriber minimalnya 1000 orang dan memiliki jam tayang sekitar 4.000 jam dalam rentang 12 bulan terakhir.

7. Bersikaplah Konsisten

Salah satu kunci channel Youtube berkembang dan Sukses adalah bersikap konsisten.

Jika kamu tidak memiliki sifat konsisten, bisa dipastikan kamu akan gagal ditengah jalan.

Misalnya, kamu perlu konsisten dalam mengupload video setiap beberapa hari sekali, konsisten di satu tema, dan lain-lainnya.

8. Menjalin KerjaSama Dengan Youtuber Lain

Kerjasama dengan konten kreator atau youtuber lain juga perlu kamu lakukan.

Dengan cara ini, kamu akan mendapatkan feedback yang lebih bagus dan kamu juga bisa mendapatkan pengalaman yang lebih besar didunia Youtube daripada pengalaman kamu yang masih pemula.

Kamu bisa mengajak mereka untuk berkolaborasi atau saling mempromosikan channel Youtubenya, supaya jumlah subscriber dan viewer meningkat.

Rekomendasi: √ 12 Penyebab Channel Youtube Di Banned Secara Permanen

9. Bergabunglah Dengan Komunitas

Untuk menjadi seorang youtuber yang sukses hanya bermodalkan HP, kamu  juga perlu bergabung dan aktif dikomunitas YouTuber.

Ada banyak komunitas YouTuber yang bisa kamu temukan disana, mulai di Facebook, Kaskus, hingga Telegram Channel.

Di komunitas kamu bisa melakukan sharing tentang pengalaman, saling memberikan feedback, baik yang positif ataupun yang negatif, di mana semua feedback tersebut bertujuan untuk saling membangun, hingga saling mempromosikan channel Youtube dan video-video di dalamnya.

Demikianlah 9 cara menjadi seorang youtuber Sukses hanya bermodalkan HP saja.

Setelah kamu mengetahui cara-cara ini, mulai sekarang kamu tidak perlu pesimis lagai ataupun takut untuk memulai mimpi menjadi youtuber terkenal.

Selama kamu berusaha terus mencoba dan tidak pernah menyerah, maka kamu pasti bisa mewujudkan mimpimu.

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ 9 Cara Menjadi YouTuber Modal Hp Untuk Pemula"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2