√ 7 Strategi Cara Share Video YouTube Supaya Banyak Viewer Dan Subscriber

Anda sudah punya channel youtube sendiri tetapi masih belum tahu bagaimana cara mempromosikan video Youtube yang benar? 

Mungkin ada beberapa diantara kalian ada yang masih bingung cara mempromosikan video youtube yang dapat menjaring banyak viewer dan subscriber. 

Oleh sebab itu, di artikel ini saya akan memberikan tips cara share atau mempromosikan video youtube yang tepat, baik dan benar supaya channel youtube yang anda kelola memiliki banyak subscriber dan viewer.

Mempromosikan video Youtube sebenarnya tidak beda jauh dengan cara memasarkan sebuah produk. inti dasarnya adalah Anda harus memiliki strategi khusus yang bisa menarik perhatian orang banyak agar mau melihat video di channel YouTube anda.

Agar video di channel youtube anda mendapatkan banyak viewer dan subscriber, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan. berikut tips caranya saya ulas dibawah ini:

Cara Share Video Youtube Yang Tepat Dan Benar

1. Siapa Target Audience Anda?

Sebelum anda memulai share video Youtube anda, ingatlah bahwa anda juga perlu menentukan target audience terlebih dulu dan memahami siapa mereka sebenarnya. Kenali juga berapa rentang usia mereka.

Informasi seperti ini sangat membantu anda dalam merancang cara promosi video Youtube yang tepat dan menjaring banyak viewer dan subscriber.

Semakin Anda mengenali target audience Anda, maka semakin mudah bagi Anda untuk merancang strategi promosi video youtube yang tepat sasaran.

2. Pahami Jenis Video Yang Akan Anda Share / Promosikan

Untuk jenis video marketing saja ada beberapa jenisnya seperti: video branding, video demo, video testimoni, video edukasi, video review dan masih banyak lagi.

Setiap jenis video memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, cara mempromosikan video juga tidak bisa dipukul rata.

Sebagai contohnya adalah: jenis video tutorial atau edukasi. Video jenis seperti ini tentu kaya akan informasi. 

Unsur-unsur isi video tersebut sangat cocok jika di share atau di promosikan diforum online yang membahas tentang cara, how to, atau masalah yang ingin dijawab.

Contoh jenis video lainnya seperti video review juga membutuhkan strategi promosi yang berbeda. Karena video ini berfokus pada pengenalan, salah satu cara strategi promosi video Youtube yang cocok adalah dengan mempromosikan di jejaring online seperti produk, atau branding, dan iklan berbayar.

Rekomendasi: √ 13 Cara Aman Dapatkan 1000 Subcriber Dan 4000 Jam Tayang (SEO YouTube)

3. Perhatikan Tujuan Anda Share Atau Mempromosikan Video

Tempat Anda share dan mempromosikan video Youtube juga akan menentukan seberapa potensi jumlah view yang bisa anda dapatkan.

Ingat, Jangan asal share atau mempromosikan video Youtube di media sosial yang tidak relevan. misal, video anda adalah cara memasak akan menjadi tidak tepat jika di share atau dipromosikan di Group facebook mengenai review rumah, smartphone atau mobil.

Selain hal tersebut, ada beberapa tempat yang tepat untuk share atau promosikan video channel youtube anda, seperti:

A. Blog

Menggunakan blog atau website untuk mempromosikan video Youtube? 

Sebenarnya ini bukanlah hal yang aneh. Anda mungkin pernah melihat blog atau website yang berisi konten video Youtube dalam salah satu postingannya.

Karena yang kita bahas di poin ini adalah cara mempromosikan video Youtube, Anda tidak perlu membuat blog dadakan.

Solusinya adalah, Cobalah meminta bekerja sama dengan blogger yang membuka kesempatan untuk penulis tamu (guest post).

bagaimana caranya?

Caranya adalah Anda bisa menulis artikel mengenai pembahasan di video Youtube yang Anda buat. Selanjutnya, embed video Youtube kedalam artikel yang anda buat tersebut.

B. Social Bookmarking

Sebenarnya social bookmarking agak terlihat mirip seperti media sosial pada umumnya. Hanya saja, disini Anda bisa membagikan apapun yang ada di internet.

Anda bisa membagikan beberapa video Youtube yang telah Anda buat ke social bookmarking. Pilih saja social bookmarking yang memiliki banyak pengguna atau memiliki profil pengguna yang mirip dengan target audience Anda.

Dengan demikian, maka potensi untuk mendapatkan banyak viewer dan subscriber akan semakin tinggi.

4. Berkolaborasi Dengan Konten Kreator Lainnya

Kolaborasi yang dimaksud disini tidak sama dengan endorsement. Akan tetapi, Video hasil kolaborasi ini dibuat secara bersama, mulai dari konsep hingga eksekusinya.

Oleh karena itu, pastikanlah untuk bekerja sama dengan youtuber yang konten videonya relevan dengan konten video yang Anda buat.

Kolaborasi sangat membantu meningkatkan jangkauan ke audience yang lebih banyak. Dengan begitu, channel YouTube anda akan di banjiri banyak viewer dan Subscriber.

5. Giveaway

Channel Youtube tidak mungkin bisa sukses tanpa memiliki video yang bagus. Tetapi, video bagus juga tidak banyak berguna jika hanya ditonton sedikit orang.

Pengaruh dari subscriber terhadap jumlah view terkadang tidak selalu signifikan. 

Meskipun demikian, subscriber bisa membuka peluang bagi channel Youtube anda untuk mendapatkan lebih banyak view.

Bagi channel baru, menambah jumlah subscriber biasanya menjadi prioritas utama sekaligus menjadi target awal. namun terkadang menjadi sangat sulit untuk mendapatkannya.

Cara supaya orang-orang bisa tertarik pada channel YouTube anda adalah, tawarkanlah giveaway kepada mereka. Sebab, Dengan mengadakan giveaway bisa menjadi cara promosi video Youtube yang sangat ampuh.

6. Buatlah playlist

Jika Anda sudah memiliki banyak video, mulailah untuk membuat playlist. 

Anda bisa membuatkan playlist sekaligus sebagai strategi anda meningkatkan jumlah viewer atau jam tayang.

Dengan membuat playlist, Anda juga bisa meningkatkan jangkauan promosi video tersebut.

7. Iklan Berbayar

Ada banyak cara mempromosikan video Youtube yang bisa anda lakukan tanpa mengeluarkan uang sepeserpun.

Namun, jika anda ingin menjangkau audiens lebih banyak, iklan berbayarlah solusinya.

Youtube sendiri juga memiliki fitur tersebut. Dengan menggunakan fitur iklan berbayar, video Youtube Anda akan lebih sering ditampilkan oleh Youtube di beranda audiens.

Selain itu, Anda juga bisa mengatur secara spesifik siapa saja target audiens Anda. 

Apabila video youtube yang Anda iklankan sering ditampilkan di halaman beranda, maka peluang untuk mendapatkan banyak viewer juga semakin besar.

Nah itulah strategi cara share Video YouTube agar berpotensi menjangkau banyak viewer dan subscriber.

Semoga ulasan ini bermanfaat.

Salam

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk " √ 7 Strategi Cara Share Video YouTube Supaya Banyak Viewer Dan Subscriber"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2