√ 7 Cara Membangun Channel Youtube Supaya Sukses Dan Berhasil

Apa yang dimaksud dengan youtuber?

Sebenarnya sebutan youtuber adalah sebuah istilah, yang mengacu pada seorang konten kreator di Youtube.

Jika dilihat sekilas, menjadi seorang youtuber sangatlah mudah. Kita tinggal merekam video, mengedit video, lalu menguploadnya ke Youtube.

Terdengar cukup mudah bukan?

Tetapi pada kenyataannya, menjadi seorang youtuber memiliki banyak tantangan tersendiri yang tak sama dengan kesulitan youtuber lainnnya.

Meskipun anda akan berniat menjadi seorang youtuber pemula, bukan tidak mungkin jika anda juga punya kesempatan bisa menjadi youtuber sukses nantinya.

Hanya saja, anda perlu melakukannya dengan sepenuh hati dan bersungguh-sungguh untuk mencapai kesuksesan tersebut.

Bukan hanya sekedar dianggap kegiatan merekam video saja, akan tetapi lebih baiknya dianggap juga sebuah pekerjaan.

Nah di artikel ini saya akan membahas 7 tips cara menjadi youtuber sukses dan menghasilkan banyak uang.

Tips Membangun Channel YouTube Bisa Sukses Dan Berhasil Mendapatkan Banyak Uang

1. Buatlah Channel Youtube Sebagai Nama Brand Anda

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk menjadi seorang youtuber sukses adalah anda harus memiliki channel Youtube terlebih dahulu.

Untuk membuatnya sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan akun Gmail dan masuk ke situs Youtube.com menggunakan akun Gmail tersebut.

Selanjutnya, anda hanya perlu melengkapi profil channel Youtubemu tadi. Mulai dari isi profil, Hingga nama channel, buatlah nama channelmu yang mudah diingat oleh orang, unik, namun sederhana.

2. Tentukan Konsep Dan Tema Channel Youtube Anda

Langkah yang selanjutnya adalah Menentukan konsep atau tema dari channel youtube yang telah anda buat.

Nantinya konsep ini akan menetukan seperti apa konten-konten yang akan anda buat.

Ada banyak sekali tema yang bisa anda pilih, mulai dari daily vlog, tutorial, Tips hidup sehat, Info kesehatan, travelling, sains, style, fashion, dan masih banyak lainnya.

Jika anda sudah menemukan tema yang pas untuk channel youtube mu, maka anda bisa menentukan topik konten yang akan di bahas.

Dalam membuat tema atau topik konten video, usahakanlah anda sudah ahli dalam hal tersebut, atau paling tidaknya anda menyukai hal tersebut, sehingga anda tidak akan kesusahan membuat konten video, dan video yang dihasilkan pun lebih menyenangkan dan mudah dicerna.

Rekomendasi: √ 11 Rekomendasi Ide Membuat Konten Video YouTube Paling Rame Di Tahun Ini

3. Siapkanlah Peralatan Untuk Membuat Konten Video

Sebelum anda membuat konten video, sebaiknya anda perlu menyiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk membuat sebuah konten video.

Dengan adanya peralatan yang baik dan lengkap, maka anda bisa menghasilkan sebuah video yang bagus dan berkualitas.

Sebagai seorang youtuber pemula, anda bisa menyiapkan peralatan yang sederhana terlebih dulu, mulai dari smartphone untuk merekam, tripod ataupun tongsis, hingga headset.

Sedangkan untuk mengedit video, pastikan hp anda memiliki aplikasi edit video yang bagus. Aplikasi-aplikasi edit video bisa anda download di Playstore dengan mudah.

4. Share Video Youtube Di Media Sosial

Salah satu cara agar anda bisa menjadi youtuber sukses adalah mengenalkan channel Youtube anda ke banyak orang. Semakin banyak orang yang mengetahui, maka anda semakin dikenal banyak orang.

Sebagai langkah awal, anda bisa melakukan share konten-kontenmu dimedia sosial yang anda miliki, Misalnya, Facebook, Instagram, Twitter, Path, dan lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa share link video dikomunitas maupun di grup yang anda miliki.

Cara promosi konten video dari mulut ke mulut (MtM atau Mouth to Mouth) juga layak untuk anda pakai, sebab suatu berita sangat dengan cepat tersebar secara lisan.

5. Tingkatkan Jumlah Subscriber Channel YouTube Anda

Salah satu pencapaian seseorang bisa dikatakan sebagai youtuber sukses ialah bisa dilihat dari jumlah subscribernya.

Semakin banyak jumlah subscribernya, maka semakin sangat bagus, Sebab hal itu berarti anda dikenal oleh banyak orang dan penghasilanmu juga semakin besar.

Untuk meningkatkan jumlah subscriber channel YouTube pun ada banyak cara yang bisa anda lakukan. Di mulai dari melakukan giveaway kecil-kecilan.

Selain menarik perhatian dan minat banyak orang, cara ini juga dinilai sangat ampuh untuk menarik orang-orang yang mengunjungi channel Youtube anda.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan bantuan berupa aplikasi atau situs untuk menambah jumlah subscriber.

Yang terpenting adalah, cara yang anda lakukan tidak melanggar TOS atau ketentuan yang telah dibuat oleh pihak Youtube.

6. Upload Video Secara Teratur (Konsisten)

Supaya channel youtubmu semakin ramai pengunjung, anda juga perlu memperkaya channel Youtube anda dengan banyak konten.

Artinya, Anda harus rajin-rajin membuat konten video dan menguploadnya secara teratur.

Dampak baiknya adalah, Channel Youtube anda akan semakin sering muncul diberanda lama orang lain. Apalagi jika orang tersebut sudah pernah menonton video anda sebelumnya, atau sudah subscribe channel Youtubemu, maka videomu tersebut akan semakin mudah muncul diberanda orang lain.

Dengan jadwal upload video secara teratur, Maka anda bisa menjadi orang yang konsisten dan bertanggung jawab. Meskipun video-video yang anda buat masih jauh dari kata sempurna, tetapi anda harus tetap yakin bahwa pengunjung akan tetap memberikan apresiasi yang baik terhadap karya-karyamu.

7. Monetise Channel YouTube - Mu

Langkah terakhir yang bisa anda lakukan untuk menjadi seorang youtuber yang sukses dan berhasil adalah membuat konten Youtube mu menjadi uang, atau menjadikan kegiatanmu di Youtube sebagai ladang penghasilanmu.

Jika anda serius menekuni di Youtube, bukan hal yang mustahil anda akan menghasilkan banyak uang dalam jumlah yang cukup besar.

Untuk meng-uangkan channel youtubmu, anda perlu menghubungkan Channel Youtube yang anda kelola dengan Google Adsense.

Nantinya, Anda akan mendapatkan uang sesuai dengan jumlah iklan yang di tonton oleh viewers di videomu.

Anda juga bisa melakukan endorse produk atau bisnis lainnya sesuai dengan permintaan klien di Youtube-mu.

Bahkan jika anda sudah memiliki fanbase sendiri, anda juga bisa mencoba menjual merchandise sendiri untuk menambah penghasilan anda.

Nah, itulah 7 cara menjadi seorang youtuber yang sukses dan banyak uang.

Ingat, segala sesuatunya yang diawali dengan niat dan sungguh-sungguh pasti akan membuahkan hasil, termasuk menjadi seorang youtuber. Meskipun pada awalnya terasa sangat sulit.

Penulis Oleh :

Buka Komentar
Tutup Komentar

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2