√ 5 Cara Mengisi Deskripsi Video Youtube Yang Baik Dan Benar

Pada saat anda membuka sebuah video di Youtube, pasti anda juga akan melihat ringkasan deskripsi video tepat dibawahnya. 

Biasanya deskripsi video di youtube berfungsi untuk menggambarkan isi apa yang ada didalam konten video tersebut. Tetapi bagi para youtuber pemula, deskripsi video seringkali dianggap tidak penting (diabaikan).

Padahal, deskripsi video memiliki peran yang sangat penting untuk bisa anda manfaatkan. 

Apa manfaat mengisi deskripsi video di Youtube?

Deskripsi video bisa membantu agar video yang anda publish di youtube lebih mudah ditemukan di pencarian YouTube, bahkan jika deskripsi video mengandung kata kunci yang tepat bisa dengan mudah video anda di munculkan di pencarian Google juga.

Selain itu, deskripsi video juga berfungsi untuk membantu meningkatkan jumlah subscriber dan viewers. 

Nah, Jika anda menulis deskripsi video dengan baik dan benar maka dampak yang ditimbulkan juga sangat besar.

Bagaimana cara mengisi deskripsi video di Youtube yang baik dan benar?

Berikut dibawah ini anda perlu mencoba 5 tips cara menulis deskripsi video Youtube yang baik dan benar.

Cara Mengisi Deskripsi Video Di Youtube Yang Baik Dan Benar

1. Buatlah Deskripsi Video Yang Mudah Dicari

Seperti yang sudah disinggung tadi, Buatlah isi deskripsi video yang bisa membuat videomu lebih mudah dicari. 

Selain itu, isi deskripsi video juga menggambarkan apa yang ada didalam video tersebut. oleh sebab itu, anda harus bisa menulis deskripsi video yang menarik, mudah dimengerti dan di pahami.

Ingat, anda juga perlu menyisipkan kata kunci (keyword) yang relevan dan cocok dengan konten video anda.

Bagaimana cara menyisipkan keyword atau kata kunci di deskripsi video?

Caranya adalah, Sisipkan kata kunci atau keyword di paragraf pertama, kedua dan ketiga di kalimat pertama.

ingat, isi deskripsi video tidak hanya keyword atau kata kunci saja, tetapi anda harus mengisinya dengan kalimat yang menggambarkan isi dari video yang anda publish.

Rekomendasi: √ 12 Penyebab Channel Youtube Di Banned Secara Permanen

2. Sisipkan Hastag Dalam Deskripsi 

Bagi anda yang masih bingung apa itu fungsi hastag (tanda pagar #) adalah sebuah tautan link yang jika diklik maka akan mengarahkan ke video yang memiliki hastag serupa atau masih berhubungan. 

Dengan kata lainnya, fungsi hastag dalam deskripsi video youtube adalah bisa membuat orang lebih mudah menemukan video yang sama atau berhubungan dengan hastag videomu.

Untuk memaksimalkan deskripsi video dengan hastag, usahakanlah menyisipkan hastag di atas judul pertama. 

jadi, jika ingin menampilkan diatas judul maka buatlah hastag di akhir deskripsi.

Pastikanlah hastag yang akan anda gunakan masih berhubungan dengan konten video yang anda buat. 

Jangan lupa, untuk menggunakan hastag seperlunya saja. 

kenapa? 

Karena jika terlalu banyak hastag di deskrispsi, maka membuat Youtube mengabaikan video anda sehingga tidak akan di masukkan kedalam pencarian youtube yang paling sering dicari. 

3. Cara Maksimalkan Isi Deskripsi Video Youtube

Perlu anda pahami, deskripsi video yang anda buat bisa menentukan sikap dari pengunjung, apakah lanjut menonton videonya ataukah dilewati saja. 

Nah, supaya isi deskirpsi video yang anda buat bisa lebih maksimal, pastikanlah isi deskripsi video yang anda buat itu lebih unik, menarik penonton dan mudah dipahami, sehingga deskripsi video bisa memudahkan dalam pencarian dan terlihat lebih menonjol.

Anda bisa menggunakan kalimat-kalimat awal (Pembuka) untuk menjelaskan isi video secara singkat sekaligus menyisipkan keyword atau kata kunci yang masih berhubungan dengan konten.

Gunakanlah bahasa yang mengalir, santai, tapi mudah dipahami agar penonton lebih betah berada di channel YouTube-mu.

4. Buatlah Isi Deskripsi Video Yang Multifungsi

Sebagian besar orang pasti berpikir jika isi deskripsi video hanyalah sebuah kumpulan kata-kata yang dibuat sebagai salam pembuka dan tidak penting.

Jika anda juga berpikir seperti itu, sebaiknya pemikiran seperti itu harus anda ubah, mengapa?

karena isi deskripsi video sangat penting sebagai langkah optimasi channel Youtube anda.

Buatlah isi deskripsi video yang menarik sekaligus multifungsi, sehingga tidak hanya berisi sekumpulan kata-kata saja.

Di deskripsi video, anda bisa menyisipkan gambar stempel jam. Tanda ini bisa anda gunakan untuk membantu penonton berpindah durasi kebagian video yang penting. 

Selain itu, anda juga bisa mencantumkan link didalam deksripsi video ini. Dengan mencantumkan link, anda akan membantu pengujung untuk masuk ke link video selanjutnya atau rekomendasi video dari anda sendiri.

Selain link, anda bisa mengarahkan penonton ke playlist yang di dalamnya terdapat video tersebut atau serupa.

Yang paling penting adalah ketika anda menuliskan link, jangan di tulis https://... supaya link websitenya bisa diakses dengan mudah.

5. Buatlah Deskripsi Video Yang Bisa Menarik Minat Pengiklan

Apabila anda merupakan youtuber yang sudah memiliki banyak subscriber, beruntung anda memiliki kesempatan besar untuk mendapatkan banyak iklan. 

Nah salah satu faktor utama yang bisa memengaruhi suatu video layak digunakan untuk banyak iklan adalah deskripsi video. 

Oleh sebab itu, anda bisa membuat deskripsi video yang bisa membantu semua unsur yang dibutuhkan oleh pengiklan (advertiser).

Umumnya, pengiklan lebih memilih video yang memiliki deskripsi yang relevan, berisi istilah, kata kunci yang terletak dijudul, deskripsi yang jelas, hingga tag atau hastag, tujuannya adalah supaya bisa menjangkau lebih banyak orang dengan mudah. 

Oleh sebab itu, anda harus bisa membuat judul, isi deskripsi video, dan hastag yang sesuai dengan konten video yang anda buat.

Ingat, anda juga harus menghindari kalimat atau kata-kata yang berkonotasi negatif atau kontroversial dan/tidak sopan. Sebab, hal ini bisa membuat para pengiklan berpikir ulang untuk menampilkan di channel youtube-mu.

Kemudian, hindarilah penggunaan kata atau kalimat yang bermakna ganda. Sebab, Hal ini bisa membuat para pengiklan mempunyai penafsiran yang berbeda terhadap konten yang sudah anda buat.

Nah itulah pembahasan mengenai 5 cara menulis deskripsi video yang baik dan benar.

Semoga ulasan ini dapat bermanfaat.

Salam..


Penulis Oleh :

Buka Komentar
Tutup Komentar

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2