√ 4 Penyebab Channel Youtube Tidak Muncul Di Pencarian

Memiliki channel YouTube yang banyak subscriber dan viewers merupakan impian terbesar banyak orang. Sebab, tanpa adanya subscriber dan viewer apalah artinya sebagai konten kreator di YouTube.

Tujuan utama kita bergabung di platform youtube adalah mempublikasikan kreatifitas kita berupa video, kemudian berharap mendapatkan viewer (penonton) dan subscriber, Puncaknya adalah kita berharap mendapatkan penghasilan tambahan berupa monetise.

Di zaman modern ini, banyak orang-orang yang berlomba-lomba terjun sebagai youtuber dadakan demi mendapatkan keuntungan dari video yang di uploadnya.

Beruntungnya, Kehadiran Youtube di zaman modern ini adalah jalan terbaik untuk meningkatkan kreatifitas kebanyakan orang untuk menciptakan ide berupa video, sekaligus mengurangi angka pengangguran saat ini.

Namun sebelum kita menjadi seorang Youtuber yang terkenal, pasti kita akan menemui masalah channel youtube tidak muncul di pencarian sewaktu awal-awal kita membuat sebuah channel.

masalah seperti ini tentu akan dialami oleh semua orang yang baru membuat channel Youtube, baik yang masih pemula ataupun yang sudah senior yang lebih dulu tau tentang teori Youtube. 

Ada beberapa penyebab mengapa channel youtube tidak muncul di hasil pencarian Youtube, baik lewat aplikasi YouTube ataupun di browser Hp.

Channel youtube yang tidak bisa di temukan di pencarian adalah hal yang wajar apabila anda baru saja membuat channel Youtube.

Penyebab Channel YouTube Tidak Muncul Di Hasil Pencarian

1. Channel Masih Fresh (Channel Baru)

Penyebab pertama yang membuat channel youtube tidak muncul di pencarian adalah channel YouTube yang kita buat masih baru (baru saja dibuat)

Channel youtube yang baru saja kita buat pasti belum terdeteksi oleh sistem crawl di pencarian YouTube, Kita perlu menunggu beberapa hari untuk melihat channel youtube bisa muncul di pencarian, setidaknya 1-2 hari. Apalagi jika video yang kita upload di youtube tidak banyak mencari, jadi sangat wajar channel youtube belum bisa muncul di hasil pencarian.

2. Nama Channel Banyak Yang Menggunakan

penyebab channel youtube tidak di temukan di hasil pencarian yang selanjutnya adalah nama channel youtube yang kita buat banyak yang menggunakan atau sama dengan nama channel youtube orang lain.

Sebagai contohnya adalah nama brand yang banyak di gunakan seperti  Tempat Wisata, Crafts, Drawing, Home Design, dan masih banyak lagi.

Nama channel youtube yang baru dibuat apabila persaingannya banyak tentu akan sangat sulit menduduki teratas di pencarian. oleh sebab itu di sarankan membuat nama channel yang lebih berbeda atau lebih unik.

Rekomendasi: √ 7 Cara Menjadi Youtuber Gaming Yang Sukses Di YouTube

3. Belum Mengisi Kata Kunci Nama Channel Di Youtube

Biasanya, youtuber pemula seringkali mengabaikan kata kunci nama channel Youtubenya sendiri, sehingga akan berdampak pada nama channel youtube nya menjadi lebih lama terindex.

Seharusnya, anda bisa memaksimalkan kata kunci channel Youtube agar lebih mudah di index dengan mamanfaatkan fitur fitur yang ada di Studio YouTube.

Anda bisa menggunakan kata kunci atau keyword sesuai dengan nama channel youtube-mu. misal, nama channel anda adalah Desain Rumah, maka anda harus mengisi keywordnya adalah Desain Rumah.

Hal ini dilakukan supaya mempermudah pengindexan nama channel baru anda di Youtube.

Bagi anda yang belum tau cara mengisi keyword atau kata kunci channel youtube adalah pergi ke Studio>Channel>Lanjutan>Kata Kunci Channel. 

Silahkan anda isi sesuai dengan keyword yang benar agar channel youtube-mu mudah di temukan di pencarian.

4. Channel YouTube Belum Terverifikasi

Penyebab nama channel youtube tidak muncul di pencarian yang selanjutnya adalah Akun Channel Youtube anda belum terverifikasi.

Setiap Channel Youtube membutuhkan verifikasi melalui nomer handphone sebagai bukti bahwa anda bukanlah robot.

Apabila anda belum memverifikasi akun channel menjadi terverifikasi, silahkan selesaikan terlebih dulu langkah verifikasinya. Sebab channel yang belum terverifikasi dapat memengaruhi lambatnya index nama channel youtube anda. Untuk ceknya anda bisa pergi ke Akun channel Youtube anda>Channel>di profil channel terdapat status Terverifikasi / Belum Di Verifikasi. 

Nah itulah beberapa penyebab mengapa channel YouTube tidak muncul di pencarian. semoga ulasan ini dapat bermanfaat.

Salam...

Penulis Oleh :

Buka Komentar
Tutup Komentar

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2