√ 12 Penyebab Channel Youtube Di Banned Secara Permanen

Bagi para youtuber, membuat konten video dan menguploadnya sesering mungkin adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan demi mendapatkan banyak viewers.

Selain dapat meningkatnya viewers, jumlah subscriber juga akan turut meningkat, serta trafik Youtube menjadi semakin tinggi, hingga penghasilan juga akan ikut meningkat.

Tetapi dibalik suatu kewajiban mengupload konten video, terkadang kita pernah melakukan atau melihat youtuber pemula melanggar peraturan dan kebijakan Youtube. Karena hal ini jugalah yang membuat Youtube untuk mengambil keputusan sepihak, misal banned akun Youtube.

Banned akun Youtube secara tiba-tiba atau sepihak sudah sering terjadi dari dulu hingga sekarang. Dan kesalahan yang kita lakukan seringkali tanpa kita sadari karena alasan malas membaca kebijakan atau peraturan Youtube. 

Ketika kita melakukan suatu pelanggaran dan pihak Youtube Mem-banned Akun channel secara sepihak, seringkali membuat kita panik, ngomel-ngomel dan menyalahi keputusan dari Youtube.

Oleh sebab itu, mungkin kita akan timbul sebuah pertanyaan, Apa penyebab channel youtube di banned?

Untuk membahas apa penyebab channel Youtube di banned, mari kita simak ulasannya dibawah ini.

Penyebab Channel Youtube Di Banned Permanen

1. Melakukan Reupload Video

Sebagian besar channel Youtube yang di banned oleh youtube ialah karena reupload video milik orang lain.

Umumnya, Perilaku Reupload video dilakukan oleh orang-orang yang tidak mau berproses dan suka cara yang instan-instan saja supaya channel Youtubenya penuh dengan konten.

2. Tidak Menyertakan Link Sumber Asli Video Yang Di Upload

Di poin yang kedua ini masih berhubungan dengan reupload video, hingga saat ini masih banyak orang-orang yang melakukan reupload video milik orang lain tanpa menyertakan link video asli atau nama pemilik aslinya.

Ketika pemilik asli melihat video aslinya di reupload, pemilik video tersebut melakukan protes dan klaim ke Youtube atas videonya tersebut. Ketika laporannya sudah diterima oleh pihak Youtube, maka video di channel Youtube yang sudah melakukan reupload tersebut akan langsung dihapus, atau lebih parahnya langsung dibanned sehingga tidak bisa digunakan untuk melakukan hal serupa.

Umumnya banned akun youtube ini dilakukan bagi orang-orang yang keseluruhan isi channelnya adalah konten reupload, konten film, pembatasan penayangan dinegara tertentu, Copyright, dll

3. Click Bait

Apa yang dimaksud dengan click bait? 

Click bait adalah ketidaksesuaian antara gambar thumbnail video dengan isi konten video di dalamnya.

Apabila suatu video terdeteksi telah melakukan click bait, maka pihak Youtube tak segan-segan segera melakukan banned akun tersebut dengan alasan menipu atau konten yang menyesatkan.

Biasanya click bait ini berupa gambar thumbnail yang terdapat anak panah ataupun lingkaran, thumbnail video yang memiliki copyright, dan jenis thumbnail yang di pakai untuk menutupi konten p*rn0grafi didalam video tersebut.

4. Penggunaan Tag Yang Berlebihan

Pada dasarnya, fungsi penggunaan tag video bisa membantu pencarian terhadap video. Akan tetapi jika dilakukan secara berlebihan, maka efeknya channel Youtube tersebut bisa dibanned oleh Youtube karena penggunaan tag yang tidak wajar.

Penggunaan tag normalnya adalah 5 tag saja. Apabila lebih dari itu, maka Youtube akan menganggapnya sebagai tag spam dan itu sangat mengganggu di pencarian, sehingga akun youtube bisa di banned oleh Youtube secara sepihak.

5. Penggunaan Deskripsi Yang Tidak Wajar

Setelah tag, penggunaan deskripsi juga bisa menjadi penyebab bannednya channel youtube.

Penggunaan deskripsi yang tidak wajar seperti menumpuk beberapa kata kunci, meta tag yang berlebihan dan penjelasan yang tidak sesuai dengan isi video bisa mengakibatkan channel youtube di banned. Oleh karena itu gunakanlah deskripsi yang sesuai dengan isi video dan penggunaan yang wajar.

6. Konten Video Yang Dilarang

Penyebab lain mengapa channel Youtube dibanned ialah karena isi konten video telah terdeteksi mengandung konten yang dilarang oleh Youtube. misalnya Konten p*rn0grafi dan kek*rasan. 

Tujuan dinonaktifkannya atau banned akun youtube ini adalah agar Youtube hanya memiliki video-video dengan kualitas konten yang bagus dan terjamin.

Selain itu, YouTube bertujuan agar semua video yang ada di platformnya bisa diakses dengan leluasa dan aman oleh semua kalangan, terutama anak-anak.

7. Penggunaan Foto Profil Yang Tidak Sesuai (Hak Cipta)

Masalah pada foto profil yang tidak sesuai pun ternyata bisa menyebabkan channel Youtube bisa di banned secara tiba-tiba. Misalnya penggunaan suatu gambar/photo yang ternyata sudah memiliki hak cipta atau Copyright. 

Biasanya, Sebelum channel Youtube di bekukan, channel tersebut akan diberikan peringatan terlebih dahulu sebanyak 2 kali supaya foto profilnya diganti dengan gambar yang bebas dari copyright. 

Jika masih diabaikan tanpa adanya perubahan, maka channel Youtube tersebut akan langsung dibanned.

Rekomendasi: √ 5 Cara Video Youtube Bisa Trending Topik Dengan Mudah

8. Melanggar Pedoman Komunitas

channel youtube yang melanggar pedoman komunitas sangat berpotensi dibannednya Channel Youtube.

Seperti apa channel youtube yang melanggar pedoman komunitas?

berikut dibawah ini ciri-ciri channel youtube yang melanggar pedoman komunitas yang harus anda ketahui:

- Channel Youtube yang dibuat untuk menyebarkan isu palsu, Hoax, konten palsu, video yang merugikan orang lain, ujaran kebencian dan perbuatan yang tidak menyenangkan.

- Spam Comment, yaitu channel youtube yang memberikan komentar di channel orang lain secara berlebihan, bernada kasar, dan melecehkan.

9. Channel YouTube Yang Terdeteksi penyalahgunaan berat

Channel youtube yang telah terdeteksi sebagai penyalahgunaan berat sudah pasti memiliki potensi untuk di banned.

Seperti apa channel Youtube yang terdeteksi sebagai penyalahgunaan berat?

Yaitu channel youtube yang dibuat untuk spamming, predator, konten p*rn0grafi, konten  pe*retasan, konten yang membahayakan, dll

10. Channel Youtube Yang Dibuat khusus Untuk Uji Penyalahgunaan Atau Melanggar Kebijakan Youtube

Di poin yang ke sepuluh ini  melingkupi semua isi pelanggaran/dibuat untuk melanggar peraturan, pedoman komunitas dan kebijakan yang dibuat Oleh Youtube.

11. Channel Youtube Yang Dibuat Untuk Meniru Identitas Orang Lain

Apabila channel Youtube yang dibuat untuk meniru identitas orang lain, maka dalam hal ini sangat berpotensi di banned oleh Youtube.

Ketika seseorang melihat channel Youtube yang menyerupai identitasnya, kemudian melaporkan ke pihak youtube. Saat itu juga channel yang melanggar akan di banned tanpa adanya peringatan.

12. Channel Youtube Terdeteksi Melanggar berungkali (Strike Violation 3x)

Channel youtube yang melakukan beberapa pelanggaran atau strike violation yang ketiga, maka channel tersebut akan di banned secara permanen.

Dimana strike yang ke 1 dan 2 adalah harapan untuk memperbaiki reputasi channel Youtube untuk menjadi lebih baik. Namun apabila di strike yang ke 3 tidak ada perubahan maka channel akan di banned saat itu juga.

Demikianlah 12 Penyebab channel Youtube Di Banned Secara Permanen, semoga ulasan ini bermanfaat.

Salam...

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ 12 Penyebab Channel Youtube Di Banned Secara Permanen"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2