√ Introspeksi Diri, Agar Kesalahan Yang Pernah Dilakukan Tidak Terulang Kembali

Perubahan itu sangat penting, karena kita hidup sebagai hamba Allah yang dituntut untuk selalu menjadi manusia yang lebih baik dari hari kemaren. 

Pada dasarnya manusia adalah makhluk yang suka dengan kebaikan dan kebenaran, perasaan suka memang sudah tertanam sejak dulu didalam diri manusia karena sudah menjadi fitrahnya. 

Dalam kehidupan sehari-hari, tak ada satupun orang yang suka dibohongi, ditipu dan sebagainya. Namun terkadang realita menunjukkan hal yang berbeda, manusia justru suka dengan berbohong atau berbuat kejahatan lainnya sehingga manusia akan terjerumus kedalam kesalahan yang membuat kualitas hidupnya menjadi hancur berantakan.

Tetapi kerusakan yang diakibatkan karena kesalahan itu hanyalah bersifat sementara jika kita mau memperbaiki diri.


"Introspeksi Diri, Agar Kesalahan Yang Pernah Dilakukan Tidak Terulang Kembali"

Tidak ada manusia yang terlahir didunia ini dengan kesempurnaan, hanya Allah-lah yang maha sempurna. Manusia adalah tempatnya salah dan lupa, sebaik apapun manusia di dunia ini, tetap saja ia pasti pernah melakukan kesalahan.

Sebagai manusia, kita pasti pernah bahkan sering melakukan kesalahan dan dosa. Tetapi, sebaik-baiknya orang yang telah melakukan kesalahan, ialah orang yang mau berusaha menyadarkan dirinya sendiri dengan banyak merenungi dan instropeksi diri, kemudian mau memperbaiki kesalahannya tersebut. Supaya nantinya tidak mengulangi kesalahan yang sama dihari esok.

"Berjanjilah Pada Diri Sendiri Untuk Selalu Berbuat Baik"

Jika merasa sulit memperbaiki kesalahan yang telah kita lakukan, merasa sangat sukar menjadikan diri kita menjadi lebih anggun dihadapan Allah. Itu hanyalah sebuah pertentangan dalam batin.

Ucapkanlah pada diri sendiri, bahwa itu adalah faktor keraguan yang perlu dihilangkan. Kita juga perlu meyakinkan diri sendiri untuk selalu berbuat baik agar tindakan kita mudah dikendalikan. Karena yang terpenting adalah berjanji pada diri sendiri terlebih dahulu sebelum berjanji pada hal-hal lainnya.

"Selalu Meneliti Prilaku Diri Sepanjang Hari Untuk Bisa Bersabar"

Allah telah menciptakan kita sebagai manusia yang lengkap dengan fikiran dan hatinya. Mengapa?, karena kita ditugaskan untuk selalu berfikir dan meneliti prilaku diri sepanjang hari untuk bisa selalu bersabar. 

"Menghitung Baik Buruknya Prilaku Diri Sendiri"

Yang dimaksud dengan menghitung baik buruknya perilaku diri disini bukan berarti kita selalu setiap saat berbuat sesuatu harus dicatat. 

Iya tidak seperti itu, tetapi menghitungnya dengan selalu melibatkan Allah dalam hati kita. Apabila perbuatan kita baik maka banyak bersyukur, dan berusaha untuk tetap mempertahankannya, dan apabila perilaku kita buruk maka banyak bertaubat, berusahalah untuk tetap memperbaiki prilaku kita.

"Belajarlah Dari Kesalahan Orang Lain Agar Tidak Terjerumus Kedalam Kesalahan"

Ketika orang lain melakukan kesalahan, tak sedikit orang-orang beramai-beramai untuk menyalahkannya, bahkan terkadang memvonisnya.

Tetapi bagaimanakah dengan posisi kita, apakah kita juga akan melakukan hal yang sama dengan mereka?.

jikapun ada, ubahlah cara pandang kita mulai dari sekarang ketika melihat kesalahan orang lain, kita harus bijak menggunakan akal fikiran dan hati kita. 

Cobalah untuk tetap belajar dari kesalahan orang lain dalam memperbaiki diri, agar kesalahan-kesalahan yang orang lain lakukan tidak kita lakukan.

"Mendengarkan Teguran Atau Nasehat Orang Lain Dengan Lapang Dada"

Komentar orang lain terkadang membuat kita cepat marah, tetapi kalo kita sadari komentar yang dilontarkan oleh orang lain adalah ajang untuk kita bisa perbaiki diri.

Kita jangan mudah menyalahkan orang lain, sebab komentarnya yang terkadang terdengar tidak mengenakkan hati. Tapi perlu kita ketahui, bahwa kritikan dari orang lain bagaikan jamu pahit yang menyehatkan untuk diri kita. Sebab, mereka hanya ingin memberikan saran untuk kita meskipun dengan ucapan yang pahit.

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ Introspeksi Diri, Agar Kesalahan Yang Pernah Dilakukan Tidak Terulang Kembali"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2