√ Pilih Youtube Atau Blog Untuk Hasilkan Uang Di Google Adsense?

ruangdiary.com - Artikel ini saya buat untuk sekedar cerita pengalaman pribadi sekaligus perbandingan saja yang tentunya tidak sama dengan pengalaman orang lain.

Mungkin diantara temen-temen ada yang masih bingung mengenai membuat topik atau konten apa yang cocok untuk menghasilkan uang di internet, pilih youtube ataukah blog untuk menghasilkan uang di Google Adsense.

Sebelum saya lanjut ke pembahasan intinya, saya akan menjelaskan lebih dulu apa itu youtuber dan blogger?

Youtuber adalah seseorang yang mengupload video ke platform youtube, sedangkan blogger adalah seseorang yang mempublikasikan artikel atau karya tulisnya melalui website atau situs.

Jadi, Siapa saja orang yang mengupload konten video ke youtube berarti sudah bisa disebut youtuber. 

Dan siapa saja yang membuat atau mempublikasikan artikel atau karya tulis di website sudah bisa disebut seorang blogger.

Setelah temen-temen tau apa perbedaan Youtuber dan blogger. selanjutnya kita bahas perbandingannya mengenai "Sebaiknya pilih youtube atau blog untuk menghasilkan uang di internet (Google Adsense)".

Tapi sebelum membahas lebih lanjut, Sebenarnya untuk menghasilkan uang di internet tidak harus melalui google adsense, tapi melalui endorse atau jaringan iklan lain juga bisa menghasilkan uang di internet kok bila konten yang anda buat cocok dengan produk yang mereka tawarkan untuk memasang iklannya.

Di zaman modern yang sudah berkembang pesat dengan teknologinya, banyak hal-hal baru yang perlu temen-temen coba untuk mengais rejeki melalui internet, entah itu menjadi seorang youtuber, blogger, jualan online atau membuka toko online.

Berbicara mengenai sulit atau enggak-nya untuk membuat konten blog atau youtube, itu sudah hal yang wajar. Apalagi bagi yang jualan online, tentu membutuhkan yang namanya strategi / daya tarik promosi yang ditawarkannya pada calon pembeli.

Sesiapapun orang yang ingin memiliki usaha tentu membutuhkan pengorbanan, entah itu waktu, pikiran bahkan uang untuk modal.

Nggak ada yang instan, dalam hal apapun pasti membutuhkan pengorbanan untuk memulainya.

Coba kita bayangkan, Kita mau tidur saja terkadang membutuhkan pengorbanan. Kok bisa, Apa itu?

Yaitu mengorbankan masalah atau pikiran kita untuk dilupakan agar bisa tidur nyenyak. Kalau kita tidak mengorbankannya tentu kita tidak bisa tidur hingga pagi.

Jika anda baru mengenal Youtube dan Blogger baru-baru ini, kemudian ingin ikut andil menjadi bagian seorang blogger atau youtuber, simak perbandingannya dibawah ini untuk menjadi Youtuber atau blogger.


Pilih Youtube Atau Blog Untuk Menghasilkan Uang Di Google Adsense.

Saya yakin, seseorang terjun ke youtube dan blog pasti mempunyai alasan yang kuat, yaitu demi menghasilkan Uang di internet. entah itu sekedar penasaran, ikut-ikutan atau mengikuti sebuah trends.

Apalagi di era modern yang canggih sekarang ini, Harga Hp android dan kuota internet pun terbilang cukup murah meriah. jadi lebih leluasa upload video atau konten blog tanpa memiikirkan kuota limit.

Dulu, ketika saya masih jadi Youtuber amatiran selalu panik dengan sisa-sisa kuota yang ada. dikit-dikit cek kuota, dikit-dikit cek kuota, begitupun seterusnya. alasanya hanya satu, takut kehabisan kuota yang harga 1,5 GB adalah 50.000-an di tahun 2014-2015. Saya masih inget banget itu, betapa susahnya nyari sinyal wifi gratisan demi upload video yang durasinya 500MB/Video.

Perbandingan Jadi Youtuber Dan Blogger

Untuk mengetahui apa saja kekurangan dan kelebihan menjadi seorang Youtuber dan Blogger tentu sangat penting untuk kita ketahui sebelum memulainya, Agar nantinya kita lebih enjoy membuat kontennya.

1. Konten

Yupz, apapun platformnya pasti membutuhkan konten. Contohnya, jika kamu ingin jadi youtuber berarti harus siapin video dong. kalau gak punya konten video, apa yang mau di upload-kan?

Seseorang yang menekuni youtube sesuai passionnya pasti enjoy membuat konten. berbeda dengan orang yang hanya ngejar uang, pasti mereka mengejar quantity daripada kualitas, misalnya nekad reupload, membuat video keluar dari niche channelnya, membuat video asal-asalan, dan masih banyak contoh lainnya. Belum lagi kesalahan-kesalahan ketika membuat video seringkali kita lakukan. akhirnya harus diulang-ulang dari awal.

Membuat konten video berkualitas itu enggak gampang. kalau asal jadi si yaa beda lagi, tukang abang bakso lewat pun bisa di jadikan konten.

Kalau di blog bagaimana?

sama seperti Youtube, Kalau tidak punya hobi atau passion untuk menulis pasti tidak enjoy membuat kontennya.

Jadi yang terpenting adalah skill atau kemampuan kita lebih dominan dimana?, membuat Video ataukah Menulis?.

Kalau skill kamu ada pada pembuatan video, maka youtube-lah yang lebih cocok kamu pilih.

Tetapi, kalau kamu lebih suka menulis, maka blog lah yang tepat kamu pilih.

2. Waktu

yupz waktu pun ikut andil dalam pembuatan kontent, entah itu video ataupun menulis artikel.

Kalau kamu ingin jadi youtuber tentu membutuhkan lebih banyak waktu dari sebelumnya, misal untuk merencanakan video apa yang akan dibuat, sekaligus proses pembuatan videonya.

Apalagi, kamu juga akan memerlukan waktu editing yang tidak sebentar. bahkan menyita waktu lebih banyak untuk membuat video youtube agar tampil lebih menarik.

Kalau di Blog bagaimana?

Jika dibandingkan dengan youtube, blog lebih mudah mengatur waktunya, karena tidak perlu banyak membuang waktu dalam pembuatan konten. Sebab membuat artikel tidak memandang tempat untuk membuat konten, sambil pergi / main ke manapun kita bisa menulis artikel cukup melalui Hp.

3. Subscriber Dan Viewer

jika kamu mempunyai channel baru di youtube, tentu akan merasakan sulitnya mendapatkan subscriber dan viewer.

Banyak sekali channel-channel baru yang mengupload video dalam jumlah yang banyak namun mengeluhkan subscriber dan viewernya masih bisa dihitung dengan jari tangan dan jari kaki. Sehingga rasa bosan dan malas pun muncul karena tak kunjung mendapatkan subscriber dan viewer yang diharapkan.

Begitupun dengan Blog, blog juga memerlukan pengindeksan agar mendatangkan banyak trafik (Visitor). jika tidak mendatangkan trafik terkadang orang yang bertujuan demi uang akan cepat bosan menulis.

4. Lupa Waktu

Kalau kamu youtuber solo, atau tanpa team, pasti kamu jadi orang yang lupa waktu dengan kegiatan sebelumnya. karena kamu akan mengerjakannya sendiri dari mulai membuat video hingga proses editingnya. Sehingga kamu akan menjadi lupa waktu. 

Misalnya, jarang ngumpul sama teman, lupa sama jadwal, bahkan lupa pacar (mungkin..wkk). Untuk selanjutnya kamu introgasikan sendiri dalam hati ya...wkk

Kalau di blogger bagaimana?

Sama halnya dengan seorang blogger, namun resikonya lebih kecil dibandingkan youtube (ini menurutku ya).

Meskipun berkumpul sama teman atau sedang bepergian, seorang blogger masih mudah membuat konten melalui hp. dengan begitu tidak meninggalkan yang namanya kebiasaan sebelumnya. 

5. Modal

Yupz... apapun jenis usahanya tentu membutuhkan modal. 

Kalau di Youtube, pasti membutuhkan modal kuota internet yang lebih banyak untuk upload video. selain itu, modal  camera, microphone harus jernih, lighting, background dll.

Sedangkan di blogger tidak perlu banyak kuota dan tidak perlu peralatan fisik lainnya. Tetapi jika situsnya berdomain TLD, Hosting sendiri, dll. tentu memerlukan modal untuk membayar tagihan tiap tahunnya.

6. Pencapaian Subscriber Dan Viewer Vs Visitor

Dibulan ke 4 atau ke 5, Subscriber dan viewer Youtube lebih mudah didapatkan dibandingkan blog. Karena YouTube sudah menyimpan database video channel anda untuk di rekomendasikan di video orang lain yang membahas sama.

Bahkan jika kamu punya channel Youtube yang menarik bisa mendapatkan subscriber dan viewer berlipat ganda.

Jika di blog, untuk mendapatkan visitor tetap mengandalkan SEO yang tentunya persaingan terus bertambah untuk menduduki halaman pertama di Google.

7. Monetisasi

Monetisasi youtube lebih mudah dibandingkan dengan blog. 

Jika channel anda memenuhi syarat monetisasi dan tidak melanggar peraturan tentu persetujuan monetisasi lebih besar.

Ada yang mengatakan monetisasi blog sangat sulit, bahkan harus beberapa kali di tolak dulu barulah bisa di monetise.

Menurutku engga juga, 

Pada awal blogku di monetise yaitu tahun 2017 dengan jumlah 8 artikel dan usia blog berkisar 37 hari sudah di setujui monetise. tidak menunggu sampai berhari-hari. Jadi, jarak pengajuan hingga di terima monetise adalah 2 hari. Tidak sampe berhari-hari atau berbulan-bulan.

8. Pendapatan

Banyak atau sedikitnya penghasilan youtube ditentukan oleh jumlah klik iklan dan jenis konten video youtube yang anda buat, jika konten video channel anda tentang bisnis tentu akan mendapatkan lebih banyak penghasilan dibandingkan channel komedi.

begitu juga perbandingannya dengan blog, Youtube lebih cepat menghasilkan uang dibandingakan blog. karena persaingan di blog menduduki page one jauh lebih sulit.

Jadi jika ada pertanyaan, penghasilan adsense lebih cepat youtube atau blog?

Jawabannya hanya satu, yaitu relatif..

jika channel youtube milikmu ramai viewer dan subscriber tentu saja lebih mudah mengumpulkan uang. begitupun diblog, bila visitornya ramai tentu akan mendatangkan banyak penghasilan juga.

9. Optimasi

Meskipun channel youtube tanpa optimasi pun bisa mendapatkan banyak viewer dan subscriber, asal konten video yang anda buat adalah menarik dan bermanfaat untuk orang banyak.

jika dibandingkan dengan Blog, Youtube tidak perlu banyak optimasi, karena bot youtube akan terus bekerja untuk tiap-tiap channel. Meskipun channel kamu sudah banyak video, pasti salah satu video yang kamu upload akan mendapatkan rekomendasi untuk di munculkan di feeds, sehingga channel anda akan terus meningkat subscriber dan viewernya.

Kalau di blog bagaimana?

Sedangkan di blog memerlukan optimasi dan SEO yang ekstra untuk menduduki page one di google. 

Selain itu, persaingan di blog juga jauh lebih ketat dan membutuhkan strategi yang tepat untuk bisa bersaing.

Nah itulah beberapa perbandingan sebelum anda terjun menjadi seorang Youtuber atau blogger. 

Pilihlah youtube bila anda suka dengan membuat dan mengedit video. Dan pilihlah blog jika anda suka dengan menulis.

Atau jika anda suka keduanya, anda bisa membuat blog dan youtube sekaligus.

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk " √ Pilih Youtube Atau Blog Untuk Hasilkan Uang Di Google Adsense?"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2