√ 7 Cara Mempersiapkan Metode Belajar Anak Yang Tepat

Salah satu yang menjadi faktor penting agar dapat membantu anak bisa sukses ketika ia berada di sekolah ialah metode belajar yang tepat. 

Jika dilihat dari kepribadian anak, setiap anak mempunyai cara belajarnya masing-masing sesuai dengan minat dan kemampuannya sendiri. Bagaimanakah persiapan metode belajar bagi anak yang tepat dan menyenangkan?

Berikut beberapa tips belajar yang bisa membantu anak belajar secara efektif dan efisien.

1. Menyiapkan Ruang Belajar

Siapkanlah ruang belajar bagi anak  yang kondusif, seperti di area atau sudut ruangan kosong di rumah. Rapikanlah ruangan tersebut hingga bisa membuat anak merasa nyaman, simpanlah barang-barang yang bisa membantu belajar anak dan jauhkanlah benda-benda yang bisa mengganggu konsentrasi belajar anak.

Ketika ada buku bahan pelajaran sebelumnya atau mainan anak yang sudah tak terpakai, bunda bisa mendaur ulang kembali atau bunda bisa menyumbangkannya kepada mereka yang mungkin saja membutuhkannya.

Saat ruang belajar terasa nyaman hal ini bisa membantu metode belajar anak menjadi menyenangkan.

2. Menyiapkan Alat Tulis Satu Set Lengkap

Alat tulis ini tidak harus baru, yang lebih penting lengkap sesuai yang anak butuhkan, seperti pensil, pulpen, penghapus, pensil warna, penggaris, buku-buku dan lain sebagainya.

Tempatkanlah alat tulis ini dalam satu wadah ataupun tempat yang mudah dijangkau oleh anak. Hal ini bertujuan agar anak ketika ia membutuhkan sesuatu, anak tidak merasa repot mencarinya.

3. Mengajarkan Pada Anak Untuk Menggunakan Agenda

Agar anak bisa disiplin dan teratur saat mengerjakan tugas-tugasnya. Bunda bisa mengajarkan pada anak untuk menggunakan catatan agenda seperti membuat to-do-list hal apa yang harus anak lakukan.

Agenda ini bisa anak gunakan untuk mencatat list dari pekerjaan rumah anak di minggu sekarang, atau tugas yang harus ia kumpulkan pada minggu ini, beserta deadline-nya.

4. Menyiapkan Kalender Acara Dan Kegiatan

Pada ruang belajar anak, Bunda bisa menyiapkan kalender khusus agar anak bisa mencatat daftar acara atau kegiatan penting yang akan direncanakan. Bunda bisa menuliskan beberapa acara atau kegiatan besar, misalnya acara liburan keluarga ataupun ujian penting, sebagai “goals” anak.

5. Membuat Kesepakatan

Bunda bisa membuat kesepakatan dengan anak, misalnya ketika anak berhasil mendapatkan nilai bagus. Tidak ada salahnya, jika bunda memberikan rewards untuknya, sebagai target ketika ia mencapai prestasinya, Misalnya, menjanjikan liburan ataupun jalan-jalan ke taman rekreasi yang diinginkan anak. Hal ini bisa menjadi motivasi bagi anak agar ia belajar lebih giat.

6. Mencari Tahu Cara Belajar Anak Yang Sesuai

Anak mempunyai cara belajarnya masing-masing. Lakukanlah pendekatan dengan anak ketika ia belajar, agar bunda bisa mengetahui bagaimanakah cara anak belajar. Temukan apakah yang menjadi kelebihan serta dominasi anak dalam belajar. Metode belajar yang sesuai dengan anak bisa membantu anak sukses saat menghadapi pelajaran di sekolah.

7. Rencanakan Bonding Dengan Anggota Keluarga

Hal terakhir yang tidak kalah penting, ialah merencanakan waktu untuk bisa mempererat ikatan diantara anggota keluarga dengan cara melakukan kegiatan bersama.

Bunda bisa mempertimbangkan acara tamasya keluarga, atau bisa saja sekedar berjalan-jalan dan makan bersama di luar rumah saat akhir pekan agar bisa menghibur anak setelah ia bersekolah di hari-hari biasa.

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ 7 Cara Mempersiapkan Metode Belajar Anak Yang Tepat"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2