√ Jagalah Ucapanmu, Karena Dengan Ucapanmu Bisa Menjadi Perbuatanmu

Kehidupan di dunia ini sangatlah indah, Allah telah menciptakan semuanya dengan seindah-indahnya. Allah juga tidak hanya menciptakan manusia dengan kerangka, tulang dan kulit. Tetapi Allah juga menciptakan manusia lengkap dengan akal fikiran dan hatinya. Oleh sebab itu manusia akan menjadi mulia jika mampu menjaga akal fikiran dan hatinya.

Sejatinya, manusia tidak akan berguna jika hanya hidup mengandalkan tubuh saja tanpa dibekali dengan hati dan akalnya, karena manusia tumbuh menjadi makhluk yang bisa berfikir, berucap, berbuat, dan memiliki nasib baik dengan terkendalinya hati dan akal fikirannya. Dan ini semua menjadi tanggung jawab kita untuk menjadikan bagaimana tubuh kita bisa berguna dan pantas menghamba kepada-NYA.


"Jagalah Pikiranmu, Karena Pikiranmu Bisa Menjadi Ucapanmu"

Kita harus bisa menjaga pikiran kita sebelum menjadi kalimat yang pantas untuk diucapkan. Hal itu memang sangat penting, karena apa yang terucap dari bibir kita akan menjadi indah dan baik apabila pikiran yang kita gunakan adalah pikiran yang positif.

Begitu pun sebaliknya, ucapan kita akan menjadi buruk jika pikiran kita terus saja negatif.

Oleh sebab itulah kita dituntut untuk terus berfikir positif sebelum berucap, karena sudah banyak sekali orang yang merugi disebabkan tidak bisa berfikir sebelum berucap.

Apabila kita ingin pantas dimata Tuhan dan orang lain, kita harus mampu berkata baik dan sopan melalui lisan kita.

"Jagalah Ucapanmu, Karena Dengan Ucapanmu Bisa Menjadi Perbuatanmu"

Kita selalu dituntut untuk terus menjaga ucapan kita, karena terciptanya perbuatan adalah dari bagaimana kita menjaga cara berbicaranya kita.

Berbicara bukan hanya tentang keterampilan memainkan lidah berbicara didepan orang lain, tetapi bisa saling bertukar fikiran, memberikan gagasan, dan dapat memengaruhi orang lain.

Berbicara merupakan kosa kata yang sederhana, setiap hari kita juga berbicara sebagai alat komunikasi dengan sesama. Tetapi kita juga perlu ingat, bahwa dengan ucapan kita terkadang ada yang menghina dan ada pula memuji. Oleh sebab itu, ucapan kita akan menjadi tingkah laku kita yang tidak di sadari.

"Jagalah Perbuatanmu, Karena Perbuatanmu Bisa Menjadi Sifatmu"

Perbuatan yang kita lakukan bisa dikecam oleh banyak orang apabila kita tidak bisa menjaganya. karena dengan perbuatan bisa menjadikan sesuatu yang melekat pada diri seseorang. Sifat menjadi identitas kita karena adanya perbuatan yang sering kita lakukan.

Orang lain memberikan kita dengan label buruk karena melihat sisi buruk yang kita perbuat, dan begitu juga sebaliknya, orang lain akan memberikan kita label baik apabila perbuatan kita juga baik terhadap orang lain.

"Jagalah Sifatmu, Karena Sifatmu Bisa Menjadi Karaktermu"

Kita diwajibkan untuk selalu menjaga sifat yang melekat pada diri kita. Sebab, sifat seseorang bisa menjadi karakter yang orang lain mudah untuk mengenali-Nya.

Apabila sifat kita membawa pengaruh baik terhadap orang lain, maka karakter yang kita miliki juga akan menjadi contoh baik kepadanya.

Tetapi bila karakter kita buruk bahkan sangat buruk maka karakter yang kita miliki menjadikan bahan hinaan orang lain. Karena sesungguhnya karakter akan terbentuk oleh sifat-sifat yang kita miliki.

"Jagalah Karaktermu, Karena Karaktermu Akan Menentukan Nasibmu Sendiri"

Kita diwajibkan untuk terus menjaga karakter kita, karena dengan identitas karakter diri itu sangat penting untuk membedakan kita dengan orang lain. Karakter yang kita miliki akan menentukan bagaimana nasib kita dalam menjalani hidup ini.

Apabila karakter kita menandakan orang yang baik, maka kita akan hidup dengan bahagia dan tentram. Tetapi sebaliknya, jika karakter kita buruk, maka nasib buruk pun bisa datang kapan saja.

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ Jagalah Ucapanmu, Karena Dengan Ucapanmu Bisa Menjadi Perbuatanmu"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2