√ Tips Kegiatan Anak Agar Tidak Bosan Selama Physical Distancing


Anak Bunda mulai merasa bosan saat libur sekolah dikarenakan virus Corona (Covid-19), dan Bunda bingung memikirkan kegiatan apa yaa untuk anak selama dirumah? Yuk, ikuti beberapa tips berikut agar anak tetap merasa betah saat dirumah selama pemerintah mulai memberlakukan physical distancing.

Imbauan pemerintah terkait physical distancing membuat banyak masyarakat mau tidak mau mereka harus menghabiskan waktu sehari-harinya dengan dirumah saja. Tidak hanya orang dewasa yang melakukan kegiatan bekerja dari rumah, akan tetapi sekolah pun diliburkan guna mengurangi aktivitas di luar rumah bagi para pelajar. Anak tentu akan merasa jenuh dan bosan ketika ia berada dirumah saja utnuk durasi waktu yang lama. Terlebih lagi jika kegiatan anak dirumah yang ia lakukan hanya itu-itu saja. Namun, Bunda tidak perlu merasa khawatir karena ada beberapa cara untuk tetap bisa membuat anak betah dan merasa bahagia meski ia hanya di rumah saja.

Supaya anak tidak bosan, Bunda bisa menyiapkan ide kegiatan yang menarik untuk anak di rumah. Kegiatan yang bunda pilih tidak harus mengeluarkan banyak biaya ataupun sulit dibuat. Ketika bunda bisa memilih permainan sederhana dengan benar, hal ini pun akan menarik minat anak. Dengan modal bahan dengan harga murah, bunda bisa membuat kegiatan yang menarik untuk anak dirumah. Bahkan, kegiatan bunda yang biasa dikerjakan bisa menjadi sarana belajar dan bermain untuk anak. Berikut dibawah ini kegiatan seru untuk anak yang bisa dikerjakan di rumah :

1. Memasak bersama
Hal ini memang terlihat sederana, tapi kegiatan memasak bersama ialah salah satu kegiatan menyenangkan untuk anak ketika di rumah. Cobalah bunda perhatikan, jika anak sering penasaran ketika Bunda memasak, tandanya anak tertarik untuk bisa mencobanya sendiri. Ajaklah anak mempersiapkan makannanya sendiri atau bund mencoba resep baru yang belum pernah anak makan sebelumnya.

Jika Bunda merasa khawatir akan proses memasak berbahaya untuk anak, berikanlah tugas yang ringan untuknya. Misalnya menyiapkan bahan, mengaduk adonan, atau sekerdar menghias makanan. Sebaiknya Bunda memilih menu makanan yang simple dan anak menyukainya, agar anak menjadi lebih semangat saat ia memasak, misalnya roti lapis, es buah, atau kue coklat.

2. Berkebun dihalaman rumah
Salah satu kegiatan yang menyenangkan ialah berkebun. Dengan berkebun, anak bisa belajar bersabar, melatih bertanggungjawab, hingga membantu anak untuk mempelajari tentang tumbuhan. Ajak anak menyemai bibit begitupun menyirami tanamannya setiap hari sambil anak mencatat perkembangan tumbuhan yang telah ia tanam. Saat tanamannya mulai tumbuh dan berbuah, anak akan merasa senang.

Bunda tidak perlu takut badan anak menjadi kotor karena anak sibuk berkebun. Setelah berkebun, anak bisa langsung membersihkan badanya dengan mandi.

3. Membuat berbagai kerajinan tangan
Kerajinan tangan yang bisa anak lakukan misalnya menggambar, mewarnai, melipat kertas dan hal lainnya. Bunda bisa mengajak anak membuat masker kain sendiri, bermodalkan kain, tisu dan ikat rambut.

Jika Bunda ingin membuat krajinan yang lain, Bunda bisa mencari ide krajinan tangan di internet. Ajaklah anak untuk membuat karya yang berbeda di setiap harinya agar anak tidak merasa bosan selama ia dirumah selama pemerintah memberlakukan physical distancing.

4. Melakukan berbagai kesenian sederhana
Karoke lagu favorit anak, mencoba memainkan berbagai alat musik, dan mengikuti gerak tari dari video yang ditonton anak merupakan beberapa dari kegiatan menyenangkan untuk anak. Selain berbagai kegiatan tadi, bunda bisa mengajak anak bermain peran seperti teater untuk mengisi waktu ketika bermain di rumah.

5. Melakukan kegiatan sains sederhana.
Bagi anak Bunda yang sudah bersekolah bisa mengajaknya untuk melakukan kegiatan percobaan sains sederhana. Selain kegiatan ini sangat menyenangkan, anakpun akan merasa tertatik untuk melakukan percobaan ini dengan penjelasan yang mudah ia mengerti. Salah satunya dengan melakukan percobaan dengan mencampurkan air yang sudah ditetesi pewarna makanan, dan anak bisa melihat warna apakah yang akan dihasilkan.

Dengan mendukung anak bergerak aktif lewat berbagai kegiatan yang bunda kenalkan selain menghilangkan rasa bosan anak saat dirumah, juga membantu anak menjaga kesehatan fisik dan mentalnya. Selain itu, dengan berbagai kegiatan yang dilakukan dirumah bersama anak meningkatkan interaksi antara bunda dan anak. Dengan begitu hubungan bundapun menjadi erat dengan anak. Hal ini karena ketika bunda mendampingi anak, bundapun menghabiskan banyak waktu bersama dengannya. Semakin banyak waktu yang dilalui bersama, semakin erat juga hubungan Bunda dengan anak.

penulis :

Iklan Tengah Artikel 2