√ Hindari Corona Di Rumah Saja, Aktivitas ini Bisa Dilakukan Anak


Sebagai upaya untuk memotong siklus penyebaran dari infeksi virus corona (Covid-19), pemerintah mengeluarkan kebijakan terkait untuk menghentikan kegiatan belajar anak di sekolah. Agar anak tidak merasa bosan, berikut dibawah ini beberapa kegiatan yang bisa anak lakukan selama di rumah.

Para pekerja mulai melakukan pekerjaannya dari rumah, sementara anakpun tidak pergi sekolah hal ini dilakukan demi mencegahnya penyebaran virus corana atau Covid-19.

Penting untuk bisa dipahami bahwa virus corana atau Covid-19 menyebar melalui cipratan air liur, atau ketika menyentuh benda-benda yang telah terpapar ludah penderita.

Maka dari itu, salah satu upaya agar bisa menghindari paparan Covid-19 ialah dengan menjauhi atau menghindari aktivitas yang harus melibatkan interaksi sosial banyak orang.


Menerapkan Rutinitas
Agar tidak merasa bosan ketika berada dirumah, tentu saja anak perlu melakukan aktivitas rutin setiap hari. Maksudnya, meskipun sekolah anak saat ini diliburkan, bukan berati anak bisa bangun siang atau jam istirahatnya tidak terjadwal.

Salah satu hal yang sangat penting ialah dengan menetapkan rutinitas harian anak, seperti kapan waktunya untuk bangun, mandi, makan serta istirahat. Selain melatih anak untuk belajar disiplin, rutinitas ini juga akan mempunyai peran penting agar anak tidak cepat merasakan bosan saat melakukan aktivitas sehari-hari dirumah.

Bundapun bisa melatih kebiasaan serta kreativitas anak dengan menggunakan sistem short lesson. Melalui metode short lesson, selama 1 jam anak diberikan waktu untuk bisa fokus belajar setiap harinya. Durasi fokus belajar ini bisa ditingkatkan setiap harinya dengan menyesuaikan usia anak.

Setelah anak fokus belajar, berikanlah kebebasan untuknya melakukan berbagai kegiatan yang anak inginkan. Hal ini bertujuan untuk bisa mengasah kreativitas serta mewujudkan beragam ide pada diri anak. Bukan hanya itu, Bunda juga bisa membuat beberapa jadwal kegiatan menyenangkan yang bisa bunda lakukan berdua dengan anak.

Mempunyai Ide Kegiatan yang bisa dilakukan

Agar kegiatan yang bunda lakukan dengan anak tidak monoton, berikut dibawah ini terdapat berberapa kegiatan menyenangkan yang bisa lakukan dengan anak dirumah, yaitu:

a. Melibatkan anak dalam melakukan pekerjaan domestik

Pekerjaan domestik yang bisa dilakukan anak misalnya memasak, menyapu lantai rumah, mencuci piring, dan sebagainya, kegiatan ini bisa menjadi alternatif untuk anak ketika di rumah. Dengan kegiatan ini anak bisa mempelajari hal baru untuknya, selain itu juga kegiatan ini bisa melatih kebiasaan baik bagi anak.

Dengan membiasakan anak mengerjakan kegiatan domestik ini, anak secara tidak langsung bisa mempunyai sikap tanggungjawab pada kebersihan lingkungan dan dirinya.

Tentunya, mengajak anak mengerjakan pekerjaan domestik ini perlu disesuaikan juga dengan umurnnya. Jangan memaksa anak untuk melakukan pekerjaan domestic yang pada akhirnya membuatnya kelelahan dan cedera.

b. Membuat karya
Kegiatan yang bisa meningkatkan kreativitas anak, bisa dengan mengajak anak untuk membuat karya seperti membuat kue, menggambar, hingga membuat mainan seperti melipat. Ajarkan anak membuat karya yang berbeda-beda setiap harinya agar anak tidak cepat bosan.

c. Mengajak berolahraga
Berdiam diri di dalam rumah agar kita tidak terpapar virus corona (Covid-19) bukan berarti bunda dan Anak bermalas-malasan dan tidak melakukan olahraga.

Melakukan kegiatan olahraga secra rutin bisa membantu meningkatkan daya tahan pada tubuh kita agar tidak mudah terpapar oleh virus dan penyakit.

Ajak anak untuk melakukan kegiatan olahraga rutin dengan kegiatan yang menyenangkan bisa bunda mengajaknya menari, senam ataupun bersepeda selama berada dilingkungan sekitar rumah. Bundapun bisa mengajak anak untuk jogging sekali-kali di luar rumah agar anak tidak merasa bosan serta ia mendapatkan vitamin D dari sinar matahari yang bagus untuk kesehatannya.

d. Membaca
Bunda dapat memanfaatkan waktu libur dengan menanamkan kebiasaan membaca pada anak. Selain bisa mengisi waktu luang, membacapun bisa menjadi salah satu cara bagi anak untuk mengurangi screen timenya.

Beri anak byuku sesuai usia dan tidak ada salahnya bunda mendampingi anak saat membaca.

e. Mendongeng serta membuat pertunjukan
Agar kemampuan linguistic dan kreativitas anak bertambah, bunda bisa membacakan sebuah dongeng pada anak.

Dengan mengajak anak mendongeng secara langsung, bundapun mengajak anak untuk bisa berekspresi dengan memintanya untuk mendongeng ulang cerita yang telah bunda bacakan dengan gayanya sendiri.

Ajak anak untuk membuat pertunjukkan seperti menyanyi, teater, menari di rumah agar anak tidak merasa bosan.

f. Melakukan percobaan sains
Salah satu kegiatan yang tak kalah serunya yaitu dengan mengajak anak melakukan suatu percobaan sains.

Kegiatan ini anak tidak hanya bermain, akan tetapi anak belajar dengan hal menyenangkan. Banyak percobaan yang tidak memerlukan bahan-bahan kimia apapun, misalnya mencampurkan warna, membuat roket dari botol bekas dan minuman bersoda, dan banyak kegiatan lainnya.

Kegiatan lainnya seperti mengajarkan anak pembiasaan cahaya. Caranyapun mudah, Bunda hanya membutuhkan air bening, gelas bening, dan pensil.

Caranya gelas bening diisi dengan air bening sampai 2/3-nya, lalu bunda masukan pensil kedalam gelas yang telah berisi air, lalu mintalah anak untuk mengamatinya dari arah samping. Disini anak dapat melihat bahwa pensil yang ada dalam gelas akan menjadi bengkok.

penulis :

Iklan Tengah Artikel 2