√ Tips Belajar Anak Di Rumah Selama Pandemi Virus Corona (Covid-19)

Pemerintah saat ini telah menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk melakukan kegiatan dari jarak jauh atau sosial distancing. Dengan begitu, bagi pelajar dan para pekerja harus belajar dan bekerja dari rumah.

Beberapa fasilitas dan tempat umum juga ditutup untuk sementara waktu. Tentu hal ini dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19 atau virus corona yang lebih parah.

Imbauan sosial distancing ini harus kita jalankan seefektif mungkin, termasuk juga bagi anak-anak yang tengah mengenyam bangku pendidikan. Ketika belajar di rumah, idealnya guru tetap menginformasukan terkait rencana pembelajaran kepada murid ataupun orang tua bagi anak usia dini.


Memberikan tugas secara online kepada siswa dan dikumpulkan dalam waktu tertentu. Gurupun tak luput membutuhkan kerjasama dari orangtua untuk bisa memastikan anak-anak untuk tetap belajar dirumah dengan baik dan benar, demi bisa terpenuhinya kebutuhan akademik siswa.

Maka agar pelaksanaan belajar di rumah bisa berjalan dengan baik dsn efektif, berikut dibawah ini tips yang bisa dilakukan sebagai berikut :

1. Buatlah Jadwal Belajar Harian

Bunda, pastikanlah jadwal belajar anak telah tersusun rapi seperti biasanya. Bangun pagi pada jam biasanya, lalu jalankanlah jadwal harian yang telah direncanakan.

Mengajarkan anak untuk bisa menepati jadwal harian yang sudah ditetapkan merupakan pelajaran hidup tersendiri baginya, terlepas berapapun umur mereka saat ini. Sebab, ketika anak berada dirumah, tidak ada bel  pengingat seperti saat pergantian jam pelajaran di sekolah.

Selain itu, dengan membuat jadwal harian bisa membantu Bunda dan anak agar lebih terencana waktu belajar setiap mata pelajaran.

2. Belajar Dengan Memanfaatkan Media Belajar Online Di Rumah

Ketika anak harus belajar dari rumah, sebagai orang tua bukan berarti Bunda harus menggantikan fungsi guru seperti di sekolah sepenuhnya. Terkadang beberapa materi belajar untuk anak mungkin tidak Bunda kuasai, sehingga memperlukan bantuan yang lebih paham untuk bisa menjelaskan.

Maka dari itu, jangan ragu bun untuk memanfaatkan aplikasi ruang belajar online, karena aplikasi tersebut menawarkan jasa berupa materi pembelajaran yang mudah dipahami dan lengkap. Ada yang berbentuk ebook dan video, bahkan bisa juga Bunda mendapatkan guru privat online.

Akan tetapi, Bunda perlu memperhatikan screen time anak. Karena, daripada anak hanya belajar dari materi online secara pasif, maka Bunda perlu memadukan aktivitas belajar dengan gadget, dan aktivitas belajar tanpa gadget adalah suatu pilihan terbaik.

3. Mengajak Anak Untuk Tetap Aktif Meskipun Beraktivitas Di Dalam Rumah

Proses pembelajaran di sekolah, anak tidak hanya belajar di dalam ruangan, ada juga pembelajaran di luar ruangan yang tetap diawasi oleh guru. Misalnya, praktik sains, kesenian atau membuat kerajinan, serta berolahraga.

Disaat anak diharuskan belajar di rumah, Bunda bisa ajak anak untuk tetap aktif bergerak dengan menambahkan aktivitas fisik dalam jadwal kegiatan belajar anak. Seperti melakukan senam dengan menonton gerakan dari media Youtube yang bisa Bunda akses, dan melakukannya bersama dengan anak.

4. Mengawasi Penggunaan Sosial Media Dan Game

Anak-anak hingga para remajapun mempunyai kebutuhan untuk berinteraksi dan bermain dengan teman sebayanya. Akan tetapi, bermain di luar rumah tidak bisa menjamin bahwa anak aman dari penularan penyakit virus corona.

Ketika waktu luang saat di rumah membuat anak-anak mempunyai banyak waktu untuk berinteraksi dengan temannya melalui sosial media. Namun, Bunda tetap harus bisa mengawasi interaksi anak dan teman-temannya.

Game online yang bisa dilakukan dengan teman-teman bisa menjadi tempat yang sehat bagi anak untuk ia bermain di dunia virtual saat mereka tidak bisa bermain dengan temannya di dunia nyata. Akan tetapi, Bunda harus tetap mengawasi durasi waktu bermain game anak.

penulis :

0 Response to "√ Tips Belajar Anak Di Rumah Selama Pandemi Virus Corona (Covid-19)"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2