√ Cara Melatih Anak Belajar Mandiri Di Rumah Agar Mencapai Prestasi

Bunda tentu saja ingin mendidik anak untuk dapat mandiri dan menjadi anak hebat, termasuk ketika ia bisa mandiri dalam hal belajar. Memiliki tanggung jawab dalam hal belajar di rumah memang merupakan suatu bekal yang berharga bagi anak agar proses belajar di sekolahnya bisa menjadi lancar serta anak mendapatkan hasil optimal.


Jika Bunda ingin bisa mendidik anak agar menjadi pribadi yang mandiri dalam kegiatan belajar, Berikut dibawah ini beberapa tips yang bisa bunda terapkan yaitu :

1. Mengetahui jadwal tugas, ulangan, atau tes anak

Dengan Bunda mengetahui jadwal-jadwal tersebut, Bunda dapat membantu anak untuk bisa menyusun jadwal untuknya belajar dan prioritas dalam melakukan aktivitasnya hingga anak mulai terbiasa untuk bisa menyicil tugas ketika belajar dan anak tidak melakukan ‘sistem kebut semalam’.

2. Mengajarkan anak untuk bisa menentukan targetnya dalam belajar dalam jangka pendek

Materi pembelajaran yang menumpuk dapat membuat anak merasa kewalahan. Karenanya, bunda bisa mengajarkan anak untuk memecah materi tersebut menjadi beberapa bagian dan bisa menentukan target belajar jangka pendek. Artinya, kini anak mempunyai target pembelajaran yang harus bisa ia kuasai dalam setiap minggu atau setiap hari.

3. Mengajarkan anak untuk membuat jadwal belajar di rumah

Jika anak sudah mempunyai target belajar dalam jangka pendek, maka akan terasa lebih mudah untuknya ketika ia membuat jadwal belajar dan benar-benar dilaksanakannya. Anak akan langsung tahu apabila ia tidak melakukan atau menjalankan jadwal belajar yang telah ia buat, kemungkinan anak tidak dapat memenuhi target belajarnya dalam waktu yang seharusnya. Tapi, tidak perlu khawatir bunda anak akan mengukur kemampuannya serta membuat jadwal belajar ulang yang sanggup ia laksanakan.

4. Mengajarkan anak membuat skala prioritas

Kemampuan anak dalam mengetahui apa yang perlu ia dahulukan untuk dikerjakan dan mana kegiatan yang bisa ia tunda akan sanggat membantu untuknya agar ia bisa belajar secara mandiri.

Mendidik anak agar mandiri dengan membuat skala prioritas  yang akan berkaitan dengan poin-poin diatas serta memang ini bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Akan tetapi kemampuan ini bisa sangat bermanfaat bahkan hingga anak Bunda dewasa kelak.

5. Jadilah fasilitator saat proses belajar anak

Agar dapat mendidik anak untuk bisa belajar dengan mandiri, Bunda harus bisa menempatkan diri sebagai moderator bagi anak. Tugas Bunda adalah memfasilitasi anak akan kebutuhan belajarnya, bukan mengambil alih. Artinya, saat anak mengerjakan tugas sekolahnya, meskipun hasilnya belum memuaskan, akan tetapi itulah hasil belajar anak. Jangan mengerjakan tugas anak, karena hal ini justru akan berdampak untuknya, anak menjadi tidak mandiri serta anak tidak mendapatkan manfaat dari tugas tersebut.

Ketika anak mendapatkan nilai yang kurang baik, maka hal ini secara tidak langsung menjadi pembelajaran untuknya agar di kemudian hari ia bisa menjadi lebih baik lagi.

6. Memastikan anak mempunyai tempat belajar di rumah

Dengan anak mempunyai tempat belajar, maka ia akan memiliki tempat yang mendukung baginya untuk belajar di rumah. Siapkan alat tulis serta perlengkapan lain yang mungkin saja ia butuhkan dalam proses belajar dan mintalah anak untuk bisa bertanggungjawab untuk bisa membersihkannya.

Dukungan Bunda dalam mendidik anak akan menjadi sangat penting baginya agar bisa menjadi pembelajar yang mandiri. Kemandirian yang dimiliki oleh anak sejak kecil akan sangat berguna selama anak bersekolah hingga anak memasuki dunia kerja nantinya. Yuk Bun, selalu mendorong anak agar menjadi anak yang mandiri.

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ Cara Melatih Anak Belajar Mandiri Di Rumah Agar Mencapai Prestasi"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2