√ 13 Manfaat Melatih Anak Puasa Di Bulan Suci Ramadhan

Bulan suci Ramadhan sebentar lagi akan tiba. Bunda tentu saja ingin mengajak dan melatih anak untuk berpuasa. Bagi anak-anak yang baru mulai berpuasa, menahan lapar seharian penuh tentu menjadi tantangan tersendiri.

Untuk menambah rasa semangat pada diri anak, Sebaiknya berikanlah penjelasan mengenai nilai-nilai positif yang bisa didapatkan dari puasa selama bulan Ramadhan. Sebaiknya bunda melatih atau mengajarkan anak untuk berpuasa sejak usia dini, sehingga manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh anak hingga dewasa nanti.

Apa sajakah nilai-nilai positif dalam berpuasa untuk anak usia dini?


Manfaat Mengajari Anak Usia Dini Berpuasa Di Bulan Suci Ramadhan

1. Melatih Untuk Bersyukur
Jika sebelum bulan puasa kita dengan mudah memilih-milih makanan sesuai selera yang dapat mengenyangkan perut. dengan menjalankan puasa, maka bunda bisa melatih anak dan mengajarinya untuk lebih banyak bersyukur. Misalnya bisa menikmati es buah kesukaan bersama dengan keluarga setelah seharian berpuasa, memberi pengalaman pada si kecil bahwa hal-hal sederhana yang selama ini sering diabaikan ternyata bisa memberikan kebahagiaan yang luar biasa.

2. Melatih Rasa Empati
Masih banyak di dunia ini orang-orang yang kekurangan dan bahkan mungkin kesulitan untuk mendapatkan makanan. Puasa dapat mengajarkan anak untuk menahan lapar dan haus seharian, Hal ini tentu saja dapat mengajarkan mereka untuk berempati, ikut merasakan bahwa rasa lapar dan tidak memiliki makanan itu tidak enak.

Nah, dari sinilah si kecil juga bisa belajar untuk berbagi kepada orang-orang yang masih kekurangan. Bulan suci Ramadhan menjadi waktu yang tepat untuk lebih banyak berbagi. Mulai dari bersedekah hingga berbagi menu takjil untuk berbuka puasa pada sekelilingnya.

Tentu saja, Kepekaan sosial anak akan lebih terasah apabila bunda melatih anak untuk sering berbagi.

3. Mengajarkan Mengenai Agama
Mengajari anak mengenai ibadah puasa sejak usia dini akan membuatnya lebih dekat dengan nilai-nilai agama hingga ia dewasa nanti. Sehingga karakter anak akan dipenuhi dengan perilaku-perilaku positif dan anak pun lebih mengerti mana perbuatan yang boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukannya. pemahaman agama yang baik tentu akan menjauhkannya dari perilaku negatif.

4. Anak Akan Belajar Bersabar Dan Menghargai Waktu
Menjalankan puasa berarti ia harus berusaha menahan lapar dan haus seharian. Tentu, Ini akan mendidik anak menjadi pribadi yang lebih sabar dan juga menghargai waktu. Sebagai contohnya, anak akan segera bangun pada waktu sahur agar ia bisa menjalankan sahur tepat waktu, Dan bersabar untuk tidak makan hingga menunggu sampai waktunya berbuka.

Pada saat berbuka puasa atau sahur, hendaknya sajikan makanan favorit anak. Sehingga anak bunda akan lebih bersemangat dalam menanti waktu berbuka dan sahur. Jangan lupa, tambahkan juga sayur-sayuran dan makanan yang mengandung banyak nutrisi dan gizi.

5. Belajar Untuk Mengendalikan Diri Dan Emosi
Berpuasa bukan hanya soal menahan haus dan lapar saja, Tetapi juga belajar untuk mengendalikan diri dan emosi.

Saat lapar, si kecil kemungkinan akan mudah marah. Karena Ingin segera makan padahal belum waktunya berbuka. Dalam hal ini bunda sebaiknya bisa memberikan penjelasan kepadanya. atau bunda juga bisa melakukan kegiatan yang menarik untuk mengalihkan rasa laparnya.

Meskipun anak kecil belum diwajibkan untuk berpuasa, tetapi dapat membantunya untuk berlatih mengendalikan diri selama puasa tentu sangatlah penting. Jelaskanlah apa manfaat dan kebaikan yang akan diperoleh anak selama berpuasa.

6. Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Menurut Dr. Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK, seorang pakar kesehatan di bidang gizi telah mengatakan, jika berpuasa ternyata dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan anak. Daya tahan tubuhnya akan mengalami peningkatan sehingga anak tidak mudah jatuh sakit. Hal ini disebabkan karena manfaat puasa bagi anak yang bisa mencegah datangnya stres osidatif pada tubuhnya sehingga anak tidak akan mudah terkena oleh inflamasi atau peradangan.

Umumnya, Dokter tidak menyarankan anak-anak untuk berpuasa dalam jangka waktu yang lama (seharian). Tetapi bunda bisa mengajari puasa pada anak dalam waktu setengah hari secara bertahap hingga si kecil mampu menjalankan puasa seharian.

7. Untuk Membuang racun
Islam telah mengajarkan bahwa kebersihan sebagian dari iman. Salah satunya ialah wudhu, yaitu bersuci membersihkan segala kotoran sebelum menjalankan ibadah shalat. Sama halnya dengan menahan haus, lapar, dan hawa nafsu di bulan Suci Ramadhan.

Tentunya manfaat puasa bagi anak ialah dapat membersihkan tubuh dari racun, karena tubuh dibantu dalam memperbaiki sel dan memanfaatkan energi di area lain di dalam tubuh. Tubuh juga akan membakar lemak sebagai energi.

Apabila menjaga pola makan seimbang dengan baik dan benar selama Bulan Suci Ramadhan, Tentu puasa dapat membantu membersihkan kotoran dan detoksifikasi yang menyehatkan tubuh.

8. Menyehatkan fisik
Tanpa Bunda sadari, mungkin anak sering mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan pewarna makanan, pengawet, dan juga perasa buatan, entah di rumah ataupun di sekolah. Zat inilah yang kemungkinan bisa membuat anak mudah sakit.

Nah disinilah peran manfaat dari berpuasa, yaitu sistem pencernaannya akan memiliki waktu untuk beristirahat dan menghilangkan zat-zat beracun dalam tubuhnya (detoksifikasi) melalui urine, fases, ataupun keringat. Detosifikasi inilah yang akan membuat anak bunda lebih sehat secara fisik.

9. Belajar Ibadah Di Usia Dini
Pakar kesehatan telah menyebutkan jika dengan membiasakan anak berpuasa sejak usia dini, hal pertama yang ia dapatkan ialah pembelajaran untuk melakukan ibadah.

Umumnya, anak-anak juga akan menyambut bulan puasa sebagai bulan yang sangat menyenangkan baginya, meskipun harus menahan rasa lapar dan haus seharian.

Bunda tidak perlu memaksa anak berpuasa seharian penuh, cobalah meminta kepada mereka secara bertahap menjalankannya dengan cara berbuka di tengah hari. Berikan juga pemahaman yang baik kepada mereka mengapa kita harus melakukan ibadah puasa sehingga si kecil pun bisa dengan senang hati menjalankannya.

10. Untuk Menguatkan Mental Anak
Puasa adalah waktu yang tepat untuk mengajarkan anak menjaga perilaku dengan mengendalikan emosinya. Puasa juga dapat melatih anak untuk tidak mudah menangis jika keinginannya belum terpenuhi, dan melatih lebih sabar dalam keadaan tertentu. Selain itu, Manfaat puasa bagi anak kecil juga bisa menjadikan anak lebih mandiri.

11. Disiplin
Manfaat puasa bagi anak kecil di bulan Ramadan juga bisa melatih kedisiplinan, sebab umat Islam yang berpuasa di perintahkan untuk tidak makan dan minum seharian, bangun lebih awal untuk sahur, dan menjaga ucapan atau perilaku yang tidak baik, serta berusaha menjadi pribadi yang lebih baik. Itu semua tentu membutuhkan disiplin yang dihasilkan dari membujuk anak untuk bangun pagi-pagi untuk sahur dan shalat subuh.

Disiplin pada anak tentu tidak dapat dikembangkan dalam satu hari, namun membutuhkan banyak waktu, itulah mengapa umat Islam diperintahkan untuk berpuasa selama sebulan penuh.

12. Rendah hati
Puasa Ramadhan dapat mengingatkan umat Islam bahwa kita semua sepenuhnya bergantung pada Tuhan (Allah) untuk memperoleh rezeki dan keberkahan dalam hidup. Momen puasa inilah yang dapat mengajarkan kepada Anak untuk menjadi rendah hati dan  bertaqwa pada Tuhan sehingga membantu melatih Anak untuk mencapai kedekatannya dengan Tuhan.

13. Meningkatkan iman Anak
Puasa di bulan suci ramadhan adalah momen terpenting untuk melatih anak-anak menjadi individu yang baik. Mintalah kepada anak untuk melakukan lebih banyak shalat berjamaah, shalat tarawih dan membaca Al-quran di rumah dan di masjid. Pastikan bahwa anak Anda melakukan kewajibannya sebagai muslim dengan baik.

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ 13 Manfaat Melatih Anak Puasa Di Bulan Suci Ramadhan"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2