√ Peran Penting Seorang Ayah Untuk Kecerdasan Anak

Salah satu peran yang sangat penting untuk kecerdasan anak hingga ia dewasa ialah peran dari seorang ayah. Pada masa kini baik seorang ayah maupun seorang ibu memiliki peran yang sama pentingnya untuk memantau dan membantu tumbuh kembang anak hingga berkembang dengan optimal. Tidak ada lagi pemisah bahwa seorang ayah hanya bertugas untuk mencari nafkah, sementara anak menjadi tanggung jawab sepenuhnya seorang ibu. Apabila pandangan ini masih diterapkan, maka anakpun akan kehilangan figur dari sosok seorang ayah.

Mengapa demikian?
Karena Peran seorang ayah pada masa kehidupan anak mempunyai hal yang berarti, terutama ketika membangun sebuah kecerdasan emosional anak, meningkatkan kemampuan komunikasi, dan  memberikan motifasi padanya dikemudian hari. Ketika anak tidak merasakan adanya peran dari sosok seorang ayah maka ia akan merasakan sebuah kesulitan ketika ia melakukan adaptasi, baik di lingkungan sosial, sekolah ataupun dalam hal lainnya.

Hasil dari sebuah riset menunjukkan bahwa anak yang berkembang tanpa peran seorang ayah:

a. Sebanyak 63% seorang anak akan mengalami sebuah masalah psikologis seperti ia merasa gelisah, suasana hati yang dapat mudah sekali berubah, fobia, serta depresi.

b. Sebanyak 56% anak daya tangkapnya di bawah rata-rata.

c. Sebanyak 43% anak menjadi sangat agresif kepada orang tua.

Menurut Agustina, M.Psi., salah satu pakar psikologi menyebutkan bahwa ia telah menyeret sebuah perbedaan antara seorang ayah zaman dulu dengan sekarang. Terutama ketika dilihat dari segi waktu. Akan tetapi yang membedakan ayah zaman dulu dengan sekarang ialah, adanya sebuah peningkatan dalam hal yang berkaitan dengan pendidikan. Jadi, bisa disimpulkan bahwa ayah zaman sekarang hampir memiliki pendidikan relatif tinggi, sehingga seorang ayah memiliki cara tersendiri untuk memberikan pendidikan pada anaknya. Dengan demikian, maka anak akan merasa nyaman serta mampu menjadi sosok seorang anak yang mempunyai dua figur dalam dirinya, yakni figur dari seorang ayah dan seorang ibu.


Bentuk perhatian dari seorang ayah meskipun ia sibuk bekerja

Menjadi sosok seorang ayah bukanlah sebuah perkara yang mudah, sebab ia memiliki sebuah tanggungjawab yang  berat yakni untuk menafkahi keluarga. Terlepas dari hal ini ia pun memiki peranan penting untuk mendidik anaknya, meskipun ia telah sibuk dengan kegiatan di luar rumah. Berikut dibawah ini ialah bentuk sebuah perhatian yang perlu diterapkan seorang ayah untuk anaknya:

1. Usahakan meluangkan waktu untuk anak
Dalam waktu satu hari minimal seorang ayah haruslah memiliki waktu sekitar 15 hingga 30 menit untuk bisa bercengkrama dengan keluarga. Dalam momen ini ayah bisa menanyakan pada anak tentang kegiatannya hari ini serta mengajaknya berdiskusi dan bermain. Dengan demikian, maka anak merasa bahwa ia diperhatikan, serta cara ini memiliki makna pada perkembangan anak.

Seorang ayah yang bersikap positif akan memberikan sebuah dampak positif pada perkembangan dan pertumbuhan anak.

2. Menunjukkan ungkapan rasa sayang pada anak
Cobalah sesaat memperhatikan anak, misalnya dengan bertanya tentang kegiatannya disekolah, bagaimana kegiatan belajarnya, bagaimana teman-temannya. Dengan cara ini kemampuan akademis anak bisa saja meningkat. Maka dari itu, sesibuk apapun ayah bekerja sebisa mungkin luangkahlah waktu untuk anak karena anak memerlukan sebuah perhatian, sebuah kasih sayang serta dukungan dari sosok seorang ayah.

Selain ucapan yang verbal, ayahpun bisa memberikan sebuah perhatian berupa belaian kasih sayang, pelukan hangat, dan pujian sebagai penghargaan untuk anak ketika ia bisa mencapai sesuatu atau ketika ia bisa menunjukkan perkembangan pada dirinya.

3. Makan bersama dengan anak di rumah
Hal lain yang bisa ayah lakukan ialah melungkan waktu untuk makan bersama atau berdoa bersama keluarga. Jika waktu malam tidak bisa dilakukan, bisa dilakukan ketika sarapan pagi. Sebab dengan kegiatan ini anak merasakan sebuah kehangatan serta kedekatan yang erat dari anggota keluarganya. Selain itu, pada momen tersebut bisa dijadikan untuk saling mengobrol dengan sesama anggota keluarga.

4. Serasikanlah antara sebuah kesibukan dengan perhatian pada anak
Selain harus bisa menyerasikan adanya kesibukan, dengan sebuah perhatian pada anak, ayahpun harus bisa menjaga kekompakan ketika berada di depan anak. Dalam hal ini seorang ibu juga harus ikut dalam mendukung agar tubuh kembang anak berjalan dengan baik.

5. Menikmati masa-masa liburan dengan anak.
Ketika ayah libur berkerja temanilah anak bermain. Dengan melakukan hal ini anak akan merasa nyaman serta merasa dekat dengan sosok seorang ayah seperti ketika ia bersama dengan ibunya.

Demikian pembahasan tentang peran penting seorang ayah dalam tumbuh kembang anak. Semoga bisa memberikan sebuah manfaat yang positif.

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ Peran Penting Seorang Ayah Untuk Kecerdasan Anak"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2