√ Langkah Mudah Agar Anak Tertarik Belajar Menulis

Pada saat anak menginjak usia 3 hingga 4 tahun, kemampuan motorik halus anak sudah bisa diasah. Kemampuan motorik ini akan dibutuhkan oleh anak untuk persiapan ketika anak mulai belajar menulis.

Keterampilan yang dapat diajarkan untuk melatih anak menulis diantaranya ialah belajar untuk menarik garis, menggambar sebuah lingkaran, serta menghubungkan titik-titik. Kegiatan mewarnaipun bisa menjadi penunjang untuk perkembangan keterampilan menulis.

Bunda, siapkanlah alat tulis yang pegangannya cukup gemuk atau sesuai dengan jari-jari anak, hal ini agar bisa membuat anak lebih mudah memegangnya. Agar kemampuan menulis anak dapat distimulasi dengan baik, ciptakanlah suasana belajar yang menyenangkan. Misalnya, bunda dapat mengajarkan hal ini dengan cara bermain agar suasana menjadi menyenangkan bagi anak. Dengan kegiatan yang menyenangkan, maka secara tidak langsung bunda telah mengajak anak untuk bisa belajar tanpa membuatnya bosan.


Berikut dibawah ini langkah-langkah yang mungkin bisa bunda ajarkan pada anak untuk bisa membantu perkembangan menulis anak:

1. Menyediakan alat tulis yang menarik
Saat bunda menyediakan alat tulis yang beraneka warna serta kertas bergambar yang menarik minat dan disuka oleh anak, hal ini secara tidak langsung akan menarik anak serta memotivasinya untuk berlatih dan belajar menulis.

2. Menyediakan tempat menulis
Sediakanlah tempat atau ruangan khusus di rumah yang bisa anak gunakan untuk belajar ketika anak ingin belajar menulis. Dengan di sediakan tempat seperti ini anak akan merasa nyaman, serta merasa aman dari berbagai gangguan.

3. Belajar menulis dengan berbagai tujuan
Ajarkanlah anak untuk belajar menulis dengan tujuan tertentu, misalnya saat anak menuliskan daftar belanjaan yang biasa bunda lakukan, menuliskan makanan kesukaannya, menuliskan kebutuhan dirinya, ataupun menuliskan hal-hal positif lainnya.

4. Berlatih menulis dengan cara yang kreatif
Salah satu kegiatan yang dapat mengasah kemampuan menulis anak dapat dilakukan dengan berbagai cara, bunda tidak hanya mengandalkan alat tulis sebagai media belajar anak. Misalnya, bunda bisa mengajak anak bermain dihalaman, setelah itu ambilah sebuah ranting pohon dan ajaklah anak menuliskan namanya ataupun kalimat lainnya diatas tanah dengan menggunakan media ranting tersebut.

5. Memahami ketertarikan anak
Setiap anak pasti tertarik akan berbagai hal, dengan ketertarikannya itu bunda bisa jadikan sebagai materi menulis untuk anak. Misalnya saja, ketika anak tertarik akan alat-alat transportasi bunda bisa mengajak anak menulis macam-macam alat transportasi seperti mobil, motor, pesawat dan yang lainnya.

Agar anak semakin tertarik untuk belajar menulis, bunda bisa sediakan gambar-gambar alat tranportasi tersebut dan barulah dibawah gambar tersebut anak mulai menuliskan nama dari alat transportasinya.

6. Mengajak anak berbincang
Apa yang menjadi hubungan antara berbincang dengan kemampuan menulis anak?

Dengan mengajak anak sering berbincang, maka secara tidak langsung bunda sedang menstimulasi potensi dari panca indera anak. selain itu bisa menambah wawasan perbendaharaan kosa-katanya. Dengan terjalinnya sebuah komunikasi yang baik, akan memudahkan bunda pada saat memberikan penjelasan pada anak tentang berbagai bentuk huruf atau kalimat yang akan ia pelajari.

Hal penting lainnya yang perlu bunda ingat ialah tidak memaksa anak agar ia mau belajar menulis, karena anak akan merasa trauma bahkan ia tak mau melakukannya lagi. Marilah ciptakan suasana yang menyenangkan, agar dengan sendirinya membuat anak belajar menulis dengan gembira.

penulis :

Iklan Tengah Artikel 2