√ Cara Mengatasi Anak Kecanduan Gadget Dengan 11 Langkah Berikut ini ...

Gadget atau handphone saat ini merupakan alat/benda yang sering digunakan dan tidak bisa kita pisahkan dari aktifitas yang dilakukan sehari-hari. Bagaimana tidak?  Ketika pergi kemanapun gadgetlah yang selalu dibawa, karena apapun yang dibutuhkan selalu bisa kita akses menggunakan gadget.

Maka tidak heran ketika anak-anak sekarang pun sudah mulai mengenal dengan yang namanya gadget ini. Bukan hanya itu saja, melainkan sudah banyak anak-anak yang kecanduan gadget untuk keperluannya.

Sebenarnya mengenalkan gadget pada anak itu boleh-boleh saja, akan tetapi sebaiknya tidak berlebihan dan anak tidak terlalu jauh mengenal kegunaannya. Sebab, Hal ini akan menjadi tidak baik bagi anak pada masa perkembangan pemikirannya, dikarenakan setelah anak kecanduan gadget akan sulit menghilangkan kebiasaannya tersebut.

Untuk pembelajaran positif yang bisa dipelajari oleh anak diantaranya ialah menghafal doa-doa, lagu untuk anak-anak, permainan modern yang mengedukasi untuk anak, serta melatih anak untuk bisa mengenal teknologi baru dan anak tidak gaptek.

Tetapi Orang tua juga harus memahami bahwa ada hal negatif dari gadget yang pada akhirnya tidak baik bagi anak jika membiarkannya terlalu lama bermain gadget. Terlebih lagi ketika ia telah kecanduan gadget ini, maka akan semakin sulit mengatasinya karena gadget sudah menjadi teman baginya.

Jika bunda memiliki seorang anak yang telah mengalami kecanduan gadget, maka bunda jangan diam saja, melainkan carilah panduan atau cara untuk bisa menghilangkannya. Sebab hal ini sangat tidak baik pada masa pertumbuhannya. Ketika seorang anak telah kecanduan gadget hal ini berdampak negatif untuknya, misalnya ketika anak pergi kemanapun tentu saja ia tidak akan bisa lepas dari gadgetnya, bahkan ketika makanpun anak akan selalu membawanya. Hal lainnya, saking asiknya anak bermain gadget maka ia akan lupa waktu untuk belajar, bergaul dengan temannya, serta akan malas pergi ke sekolah.

Mengapa tidak? Dalam sebuah gadget banyak hal yang bisa membuat anak merasa betah, terlebih lagi ketika sudah banyak game-game seru yang menarik minatnya, tentu anak akan memilih untuk tetap duduk di rumah dan memainkan gadgetnya.


Berikut dibawah ini ialah tips atau cara mengatasi anak kecanduan gadget:

1. Menerapkan Batasan Waktu Dalam Bermain Gadget
Bunda bisa memberikan sebuah batasan waktu bermain gadget pada anak. Ketika Bunda menerapkan langkah ini harus bersikap tegas serta jangan membiarkan anak terlalu asik bermain gadget. Apabila bunda membiarkan hal tersebut, maka anakpun akan menjadi semakin kecanduan, terlebih lagi ketika gadget yang bunda fasilitasi mendukung untuk banyak game yang bisa anak koleksi serta terdapat juga fitur-fitur lain yang sangat mumpuni. Maka anak bunda justru menjadi sulit untuk bisa lepas dari gadget.

2. Memberikan Mainan Lain Sebagai Alternatifnya
Bunda bisa memberikan mainan alternatif pada anak seperti boneka atau mobil-mobilan.

Pada dasarnya ketika bunda melakukan langkah ini memang kurang efektif, akan tetapi setidaknya anak memiliki beberapa mainan yang bisa ia pilih untuk dimainkan selain gadget.

Selain itu, ketika bunda melihat teman-temannya bermain di luar rumah, biarkanlah ia bermain bersama teman selama tidak membahayakan untuknya.

3. Luangkan Waktu Bersama Anak
Apabila bunda menginginkan anak tidak kecanduan gadget, maka alangkah baiknya bunda meluangkan waktu agar bunda bisa bermain bersamanya.

Perlu bunda ketahui, salah satu alasan anak lebih memilih untuk selalu memainkan gadgetnya ialah karena anak merasakan kesepian serta kurangnya perhatian dari orangtuanya. Maka janganlah terlalu sibuk dengan perkerjaan, tetapi mari luangkan waktu untuk menemani anak.

4. Membiarkan Anak Bermain Di Luar
Pada umumnya sebagai orang tua terkadang tidak menginginkan anaknya bermain di luar rumah. Memang hal ini dilakukan dengan tujuan yang baik, yakni sebagai orang tua ingin bisa melindungi anaknya dari berbagai hal buruk yang mungkin menimpa anaknya. Misalnya seperti ajakan dari teman-temannya untuk melakukan hal yang kurang baik, berbicara yang kurang baik, dan masih banyak hal lain yang ditakutkan oleh orang tua. Namun alangkah baiknya bunda memberikan kesempatan kepada anak untuk bermain dengan teman-temannya walaupun hanya sedikit untuk bisa bermain di luar rumah agar anak tidak merasakan kesepian dan tentunya anak bisa melupakan gadget-Nya.

5. Membatasi Penggunaan internet
Pada zaman sekarang bukan hal yang aneh ketika orang tua memasang sebuah koneksi internet di rumahnya. Namun perlu bunda ketahui bahwa dalam hal ini bisa menyebabkan anak bunda menjadi kecanduan gadget. Akses sambungan internet yang bisa dengan mudah anak dapatkan bisa mendukung anak untuk bisa semakin mencintai kehidupannya di dunia maya. Maka tidak heran ketika anak menjadi individualis dan mengurung dirinya di kamar untuk tetap bermain internet. Maka karena hal inilah bunda perlu membatasi penggunaan jaringan internet di luar dari kebutuhan.

6. Sibukkan Waktu Anak Dengan Berbagai Kegiatan
Semakin banyak waktu luang yang anak miliki maka semakin banyak juga peluang anak merasa bosan. Ketika anak sudah merasa bosan, ia akan memilih untuk memainkan gadgetnya. Dari sinilah anak bisa merasa kecanduan pada gadget serta sulit untuk lepas.

Cara alternatif yang bisa bunda lakukan ialah dengan memberikan kesibukan kegiatan pada anak dalam hal positif dan bermanfaat untuknya seperti :  les matematika, les bahasa inggris, les musik, atau kegiatan positif lainnya.

7. Mendiskusikan Dengan Anak
Salah satu cara yang paling efektif yang dapat menghilangkan kecanduan dengan gadget ialah mendiskusikan pada anak. Jelaskan secara perlahan pada anak mengapa bunda memberikan batasan penggunaan gadget, katakanlah bahwa hal ini bunda lakukan semata-mata untuk kebaikkannya.

Selain itu, berikan juga pemahaman yang logis pada anak agar ketika anak sudah kecanduan gadget bahwa akan ada dampak yang akan dialaminya, seperti : insomnia, individual yang pada akhirnya bisa membuatnya kesulitan menjalani kehidupan kedepannya.

8. Mengajak Anak Bermain Mengenal Lingkungan Sekitar
Saat bunda sudah tidak sibuk dengan pekerjaan rumah atau di kantor, maka marilah ajak anak sekali-kali untuk jalan-jalan pada waktu sore hari. Tentu saja dengan menikmati sebuah pemandangan yang indah di sore hari meski di sekitar rumah atau di lingkungan sekitar dimanapun itu yang bunda rasa indah ketika sore tiba. Dengan begitu maka anak akan sejenak melupakan gadgetnya, karena anak menikmati pemandangan alam yang memanjakan matanya dan anakpun akan merasa senang.

9. Mengajak Anak Untuk Bersosialisasi Dengan Teman Sebayanya.
Salah satu yang bisa saja menjadi penyebab anak lebih memilih memainkan gadgetnya ialah ia tidak mempunyai aktifitas bermain dengan teman-teman seusianya. Maka dari sinilah kita sebagai orang tua perlu mengajarkan dan mengajak anak agar mau bermain dengan teman sebayanya, seperti bunda mengundang teman-temannya kerumah, maka ia menjadi memiliki kesibukan baru dan akhirnya ia bisa lupa dengan gadgetnya.

10. Anak Merupakan Seorang Peniru Yang Ulung
Anak ialah seorang peniru yang ulung, maka ia bermain gadget kerena ia meniru orang tuanya. Maka sebaiknya kita sebagai orang tua perlu memberikan contoh agar tidak memainkan gadget di depan anak.

Sisihkanlah alat elekronik seperti tablet, ponsel, maupun laptop untuk beberapa jam setiap harinya. Kemudian, libatkanlah diri bunda dalam sebuah hiburan alterntif dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan anak.

11. Prioritaskan Konten pendidikan
Hingga anak berusia sembilan tahun. Maka akses internet harus orang tua yang mengendalikannya. oleh sebab itu, sebagai orang tua harus mencoba untuk memprioritaskan program-program pendidikan serta situs umumnya yang bisa membantu pertumbuhan dan perkembangan skill yang dimiliki oleh anak.

penulis :

Iklan Tengah Artikel 2