√ 5 Cara Mudah, Membujuk Anak Agar Mau Makan Sayuran

Terdapat banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh anak ketika ia terbiasa atau senang mengkonsumsi sayuran.

Pada tahap tumbuh kembang anak, sayuran merupakan makanan yang memiliki sumber energi serta mengandung banyak vitamin, antioksidan, serat, bahkan air. Anak yang suka dan gemar memakan sayuran bisa membantunya terlindung dari berbagai macam penyakit yang bisa saja terjadi di kemudian hari, seperti jantung, stroke hingga kanker.

Menurut Australian Dietary Guidelines, ia telah menyebutkan bahwa anak sebaiknya mengkonsumsi sayuran dengan porsi berikut:
- Anak usia 1-2 tahun, mengkonsumsi sayur 2-3 porsi setiap hari
- Anak usia 2-3 tahun, mengkonsumsi sayur 3,5 porsi setiap hari
- Anak usia 4-8 tahun, mengkonsumsi sayur 4,5 porsi setiap hari

Akan tetapi, memberikan anak makanan seperti sayuran tersebut tidaklah mudah seperti apa yang kita bayangkan. Tidak sedikit anak yang menyebutkan bahwa dirinya tidak menyukai dengan makanan sayuran. Oleh Karena itu, perlu adanya sebuah cara yang kreatif saat mengenalkan sayuran pada anak.


Berikut dibawah ini cara-cara yang bisa bunda terapkan agar anak doyan makan sayuran:

1. Memberikan contoh yang baik mengenai sayuran
Mendorong anak untuk makan sayuran bisa bunda lakukan dengan cara memberikan contoh terlebih dahulu, misalnya seperti ketika bunda sedang makan sayuran, biarkanlah anak melihatnya.

Cobalah menggunakan cara ini ketika bunda sedang berkumpul dengan anak ataupun dengan keluarga. Lalu kenalkan dan beritahukan kepada anak secara perlahan bahwa dengan mengkonsumsi sayuran berarti kita telah mengkonsumsi makanan yang sehat untuk tubuh kita. Dengan begini, maka anak bisa dengan perlahan-lahan meniru kebiasaan bunda makan sayuran.

2. Mencoba terus memberikan anak sayuran
Salah satu hal yang menjadi alasan anak tidak menyukai sayuran ialah tekstur ataupun rasanya. Alasan ini memang cukup wajar. Meskipun begitu, teruslah berusaha untuk membujuk anak untuk makan sayuran hingga ia mau mencobanya suatu hari nanti.

Beberapa anak diantaranya terkadang harus mencoba makanan baru hingga 10 kali sebelum ia mau mengkonsumsinya. Maka untuk makanan sayurpun tidak akan jauh berbeda.

3. Memberikan sebuah pujian ketika anak mau mengkonsumsi sayuran
Berikanlah sebuah pujian ketika anak mau mengkonsumsi makanan sayuran. Dengan begini, maka anak pasti akan menyukainya.

Hal yang perlu diingat, berikanlah sebuah pujian yang bijak. Hal Ini dikarenakan agar anak memang benar-benar menyukai sayuran. bukan semata-mata ingin mendapatkan sebuah pujian dari Bunda.

4. Melibatkan anak ketika bunda memasak sayuran di dapur
Melibatkan anak ketika bunda memasak sayuran di dapur, setelah itu menyiapkan hal lainnya bersama bunda, bisa saja dapat membantu anak untuk bisa menyukai sayuran dengan perlahan. Jika anak bunda sudah mulai besar, bisa ajak anak untuk memotong sayuran. Hal lain yang bisa bunda lakukan ialah mengajak anak untuk berbelanja sayuran, sehingga anak bisa memilih sendiri sayuran yang mereka inginkan.

5. Menjadikan sayuran sebagai camilan untuk anak
Jika anak tidak menyukai sayuran, bunda bisa membuat sayuran menjadi camilan yang bisa menarik minat anak. Carilah alternatif olahan sayur yang bisa dibuat menjadi camilan sehat di rumah, sehingga anak akan memilih mengkonsumsinya ketika ia merasa lapar.

demikian kiat agar anak mau mengkonsumsi sayuran yang dapat bunda praktekan.

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ 5 Cara Mudah, Membujuk Anak Agar Mau Makan Sayuran"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2