√ Cara Mengajarkan Anak Memahami Dua Bahasa

Pada saat ini banyak orang tua yang mengharapkan anaknya mempunyai kemampuan untuk berbahasa asing (bahasa inggris) selain bahasa Indonesia yang sudah anak kuasai. Tidak sedikit orang tua yang mempunyai pikiran bahwa ketika anaknya memiliki kemampuan berbahasa asing, maka hal itu akan memudahkan anaknya ketika ia meniti karier dimasa depannya. Akan tetapi kapan sebaiknya orang tua mengajarkan anak berbahasa asing? Sejatinya ketika mengajarkan bahasa asing pada anak bisa dilakukan sejak usia dini. Pembelajaran ini agar anak bisa lebih mudah menyerap kosa kata serta pola bahasa yang ia pelajari.

Misalnya saja, ketika anak menonton kartun berbahasa asing (inggris) cepat atau lambat anak tidak akan merasa asing dengan bahasa tersebut bahkan tidak sedikit anak akan mulai berani berbicara menggunakan bahasa inggris.

Salah satu penelitian menunjukkan, dalam mengajarkan anak memahami dua bahasa jauh lebih mudah ketika diajarkan sejak anak usia dini. American Speech-Language-Hearing-Association telah menyebutkan ada beberapa keuntungan ketika mengajarkan dua bahasa pada anak. Mulai dari anak bisa belajar mengenai kata-kata baru, anak lebih mudah untuk menyelesaikan masalah, begitupun ia mempunyai keterampilan mendengarkan dengan baik.


Berikut dibawah ini cara untuk mengajarkan dua bahasa pada anak:

1. Mendengarkan suara-suara yang unik
Ketika anak berusia dua ataupun tiga tahun, pertumbuhan anak dalam proses mengenali pola bicara. Maka dari itu, cobalah untuk mulai mengajarkan dua bahasa padanya menggunakan suara-suara yang unik. Pada usia tersebut, anak lebih mudah dalam mengenali suara. Kegiatan lain yang dapat bunda ajarkan, misalnya dengan memperdengarkan musik pada anak menggunakan bahasa asing.

2. Buatlah lingkungan belajar yang santai
Cara terbaik ketika mengajarkan bahasa baru kepada anak ialah, membiarkan anak untuk mendengarkan percakapan orang yang sudah lancar berbahasa asing. Kelak melalui hal ini, anak anda secara alami akan mulai mencoba untuk berbicara menggunakan bahasa asing. Terlebih lagi anak yang berusia dini selalu meniru apa yang telah ia dengar.

3. Mengajarkan kata demi kata
Selain mengajarkan pembelajaran dengan formal, bunda bisa mengajarkan ataupun memperkenalkan dasar-dasar dari bahasa tersebut dengan cara menunjukkan suatu benda yang memiliki dua bahasa. Bunda bisa memanfaatkan kartu-kartu permainan untuk mengajarkan dua bahasa yang dilengkapi dengan gambar agar dapat menarik minat anak untuk mempelajarinya.

Pembelajaran lainnya bunda juga bisa menggunakan video untuk bisa mengajarkan dua bahasa pada anak, hal ini akan lebih menarik minat anak. Janganlah lupa untuk terus mengulang-ngulang pembelajaran tersebut dengan rutin, agar anak bisa memahaminya dengan cepat.

Meski pembelajaran dua bahasa pada anak itu sangat penting, banyak hal yang perlu bunda pertimbangkan sebelum memulai mengajarkan anak lebih dari satu bahasa. yang menjadi kunci terpenting dari hal ini ialah, Bunda bisa mengajarkan pada anak bahasa asing setelah anak bisa menguasai bahasa Indonesia. Dengan mengajarkan seperti ini, anak tidak akan merasa kesulitan untuk membedakan kosakata dari bahasa Indonesia dengan kosakata dari bahasa asing.

penulis :

0 Response to "√ Cara Mengajarkan Anak Memahami Dua Bahasa"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2