√ Cara Mendidik Anak Agar Menjadi Percaya Diri Dan Bahagia

Setiap Orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang cerdas, baik dan percaya diri. Agar hal ini dapat terwujud, sebagai orang tua maka kita harus mendidiknya sebaik mungkin sejak anak masih dini.

Beberapa dari orang tua terkadang berpikir bahwa ketika mereka telah memasukkan anaknya ke sekolah, maka orang tua tidak perlu lagi untuk mendidik anaknya di rumah. Padahal, tidak hanya di sekolah saja, tetapi kita sebagai orangtua juga mempunyai peran penting yang sangat dibutuhkan oleh anak agar bisa membentuk suatu karakter yang baik, begitupun pada kepribadian anak.

Apabila sikap orang tua dalam mendidik anaknya berjalan dengan baik, maka anak akan tumbuh menjadi pribadi yang memiliki rasa percaya diri dan merasa dirinya lebih bahagia di masa-masa pertumbuhannya serta mempunyai kehidupan sosial dengan baik.


Berikut dibawah ini ada beberapa cara untuk mendidik anak yang baik:

1. Mengajarkan anak agar bisa mandiri dan bertanggung jawab

Marilah ajarkan anak untuk tumbuh menjadi seseorang yang mempunyai sikap mandiri dan agar ia tidak selalu bergantung pada anda. Janganlah terlalu posesif kepada anak. Berikanlah sebuah kepercayaan pada anak agar ia melakukan hal yang ia mau, akan tetapi jangan lupa untuk tetap mengawasi kegiatan anak. Selain mengajarkan anak untuk menjadi mandiri, ajarkan juga agar anak bisa memahami seperti apakah sikap tanggungjawab yang harus ia lakukan. Misalnya, ketika anak selesai bermain, anak harus merapihkan mainannya kembali.

2. Mengasah rasa ingin tahu pada diri anak sejak dini
Setiap anak biasanya mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi. Ia akan mulai bertanya mengenai hal-hal yang ada disekelilingnya. Maka, sebaiknya kita selalu usahakan untuk bisa menjawab semua pertanyaan anak dengan jawaban serta penjelasan yang mudah di pahami olehnya. Sebisa mungkin hindari kalimat “tidak tahu”. Selain itu marilah melibatkan diri saat anak tertarik pada sesuatu yang belum pernah ia lakukan.

3. Menumbuhkan rasa simpati serta empati pada diri anak
Sejak dini marilah mendidik anak agar ia menjadi anak yang selalu bisa menghargai orang lain serta peduli kepada orang-orang yang berada disekelilingnya. Tumbuhkanlah sebuah rasa simpati dan empati pada diri anak. Contohnya, mengajarkan anak memberikan shodaqoh atau sumbangan untuk anak yatim piatu. Jelaskanlah pada anak bahwa ia harus bisa berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan.

4. Selalu menghargai pendapat anak
Yang selanjutnya berikanlah kebebasan pada anak untuk berpendapat. Sebagai orang tua marilah mendengarkan apapun yang anak kita utarakan. Ketika ada pendapat dari anak yang menurut anda kurang tepat, maka janganlah langsung memarahi anak, akan tetapi berikanlah respon serta penjelasan yang positif yang bisa dipahami oleh anak. Begitupun sebaliknya, jangan ragu untuk memuji anak ketika anak memberikan sebuah pendapat yang baik.

5. Berikanlah anak cinta, kasih sayang serta perhatian
Seorang anak pasti sangat membutuhkan perhatian dari kedua orang tuanya. Maka, janganlah bosan ketika harus selalu bisa memberikan sebuah perhatian, cinta dan kasih sayang kepada anak anda. Karena semua itu bisa menjadikan anak merasa nyaman ketika berada di dekat orang tuanya dan ia akan menaruh kepercayaan lebih terhadap anda.

6. Memberikan contoh prilaku yang baik
Sebagai orang tua jadilah panutan yang baik untuk anak. Jagalah perilaku serta ucapan anda saat sedang berada disekitar atau didekat anak, karena pada dasarnya anak merupakan peniru yang handal. Ia akan meniru kebiasaan yang dilakukan serta dikatakan oleh orang tuanya.

7. Mengajarkan anak untuk menerima kenyataan
Seorang anak perlu di didik agar ia bisa menerima kenyataan dalam hidupnya ketika tidak sesuai apa yang diharapkannya. Contohnya, Ketika anak kalah dalam lomba yang diadakan disekolah. Dalam hal ini anda bisa mengatakan kepada anak, bahwa yang terpenting adalah ia sudah berusaha dan mendapatkan sebuah pengalaman baru. Selain itu, jangan lupa untuk mengatakan bahwa kalah dan menang dalam sebuah pertandingan merupakan hal yang biasa.

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ Cara Mendidik Anak Agar Menjadi Percaya Diri Dan Bahagia"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2