√ 5 Manfaat Meminta Tolong Kepada Anak Untuk Pergi Ke Warung

Seorang ibu saat sedang sibuk di dapur terkadang melibatkan anaknya  agar bisa membelikan bumbu dapur ke warung. Hal semacam ini memang terlihat sepele, bahkan mungkin bunda juga mengalaminya ketika masih kanak-kanak.

Tapi apakah bunda tahu, ternyata dari aktivitas ini bisa memberikan banyak manfaat untuk anak. Berikut dibawah ini beberapa manfaat menyuruh anak untuk pergi ke warung:


1. Melatih Keberanian Anak
Sudah sewajarnya ketika anak merasa takut untuk pergi keluar dari rumah, kecuali ketika ia dipanggil bermain oleh temannya. Salah satu trik yang bisa bunda gunakan agar anak lebih berani dan tidak merasa takut pergi keluar rumah ialah dengan menyuruh anak untuk pergi ke warung.

Mungkin untuk permulaan anak akan merasa takut, akan tetapi bunda bisa mengantarnya hanya sampai ke dekat warung, baru setelah ini bunda hanya perlu mengantarnya sampai depan rumah saja. Pada proses pembelajaran ini bunda membutuhkan kesabaran agar bisa melatih keberanian pada anak, tapi jangan lupa bun, tak perlu sampai bunda memarahinya.

2. Melatih Daya Ingat Anak
Selain melatih keberanian pada anak, dengan menyuruh anak pergi ke warung akan melatih daya ingatnya. Misalnya, ketika bunda menyampaikan apa yang harus ia beli, maka anak dengan seksama akan menyimak serta mengingat pesan Bunda.

Akan tetapi apabila pesanan bunda ada yang terlupa, bunda tidak perlu kecewa ataupun marah ya bun. Maklumilah atau bisa saja terjadi kesalahan ketika anak melakukan transaksi ataupun saat penjual mulai memasukkan belanjaan ke kantung. Atau, cara terbaik dengan memberikan sebuah catatan pada anak guna untuk meminimalisir terjadinya kesalahan.

3. Melatih Memberikan Tanggungjawab Sejak Dini
Saat bunda meminta anak pergi ke warung dengan membekali catatan mengenai kebutuhan dapur ataupun hal lainnya, dengan adanya aktivitas ini bisa melatih tanggungjawab pada anak. Bagaimanapun proses anak melakukan aktivitas ini, ia pasti mempertanggungjawabkannya agar pesanan yang diminta ataupun yang diamanahkan bunda bisa ia dapatkan barang tersebut.

4. Melatih Anak Belajar Menyampaikan Pesan
Manfaat lainnya ialah anak dapat terlatih komunikasinya serta belajar untuk menyampaikan pesan kepada orang lain. Komunikasi pertama ialah ketika bunda sebagai pihak yang memberikan intruksi padanya, sehingga anak akan berusaha untuk memperhatikan barang apakah yang kita pesan.

Selanjutnya, anak juga akan berkomunikasi serta menyampaikan pesan kita kepada penjual. Interaksi anak bisa dengan memberikan salam hingga anak bisa menyampaikan barang yang dibutuhkan. Akan tetapi pasti ada anak yang bisa dan mampu untuk berkomunikasi dengan baik serta lancar, namun pasti ada anak yang malah sebaliknya.

Akan tetapi, ketika bunda sering meminta anak untuk pergi ke warung, maka kemampuan komunikasi anak akan semakin banyak, bahkan bisa mengurangi rasa takut, malu serta menambah rasa percaya diri anak.

5. Membiasakan Anak Terbiasa Berhitung
Keuntungan lainnya dari aktivitas ini ialah bisa melatih anak untuk berhitung. Terutama ketika Bunda memberikan uang lebih padanya, selain anak belajar untuk bertanggungjawab pada apa yang ia beli, ia juga akan belajar memastikan uang bahkan kembalian yang telah ia terima jumlahnya benar.

Namun perlu diperhatikan bun, meski banyak manfaat dari hal ini. Bunda harus menunjuk atau memilih warung ataupun toko yang berada disekitar lingkungan rumah. Maka pada dasarnya warung tersebut tidak jauh, kondisi jalan yang dilalui aman, dan anak telah bisa diberikan sebuah kepercayaan ketika memang usianya sudah cukup matang untuk dimintai tolong.

penulis :

Iklan Tengah Artikel 2