√ Tetaplah Jadi Orang Baik, Meskipun Orang Lain Tak Memperlakukan-Mu Dengan Baik

Memaafkan kesalahan orang lain memang sangat berat bagi kita. Tetapi, lebih berat lagi jika memendam rasa benci dan dendam terlalu lama dihati. Sebab, rasa dendam sifatnya hasut, manusia sangat rentan dengan hasutan, barangkali bermusuhan yang awalnya hanya satu orang, malah orang lain yang tidak tau apa-apa ikut dimusuhi juga.

Bukankah Agama islam mencintai perdamaian, dan bukankah kita diciptakan untuk saling kenal-mengenal, serta saling mengasihi satu sama lain. Kalaupun kita sudah berlaku baik namun respon yang didapatkan justru sebaliknya, yang terpenting adalah kita sudah mencerminkan bagaimana islam mengajarkan kepada kita untuk tetap berbuat baik. Dan perbuatan baik yang pernah kita lakukan jangan pernah mengharapkan imbalan, sebab yang membalas kebaikanmu bukanlah sesiapa, melainkan Allah-lah yang akan menurunkan suatu kebaikan atas apa yang telah kita perbuat.
.

Lidah Seseorang Dapat Mencerminkan Bagaimana Hatinya.
Bila lisanmu sering menyebut asma Allah, mengucapkan kata-kata yang baik, Dan selalu menjaga lisan dari perkara-perkara yang bathil, maka hatimu juga tidak akan jauh dari apa yang lisanmu ucapkan, itulah pertanda hati yang hidup.

Namun sebaliknya, Jika menyebut asma Allah pun engkau jarang, lisan sering mengucapkan pekataan dusta, kefasikan, perkataan yang kotor, lisan yang suka mencaci, suka menghina, suka menggunjing, maka kebaikan pun akan jauh dari hatimu, dan itulah pertanda hati yang mati.

Balasan Bagi Amal yang Baik Akan Mendapatkan Balasan Kebaikan Pula

Berbuat baik tidak usah mengharapkan suatu imbalan, yakini saja bahwa setiap yang kita berikan yang terpenting adalah bermanfaat bagi sesama, dan tuhanlah yang akan memberikan yang terbaik dari yang kita berikan.

Kunci utamanya adalah ikhlas, toh semua yang kita miliki di dunia ini, bukanlah sepenuhnya milik kita, meskipun memiliki sertifikat atas nama kita pribadi, tetep saja semua pemberian tuhan pada akhirnya tidak bisa kita bawa mati.

Definisi kebaikan bukanlah hanya sekedar memberi, melainkan bisa bermanfaat bagi sesama dan tidak menyakiti hati orang lain. Mulai saat ini temukanlah, dengan melakukan setiap amal kebaikan maka disitulah selalu ada kebaikan untuk kita sendiri.

penulis :

Iklan Tengah Artikel 2