√ Kalau Jodoh Tidak Akan Pernah Tertukar, Kenapa Selalu Ada Perceraian??

Banyak sekali sebagian orang yang beranggapan bahwa jodoh tidak akan pernah tertukar dengan siapapun. Namun kenapa perceraian setiap hari dipengadilan Agama Selalu ada!!, Bahkan banyak di antara mereka yang bercerai pada akhirnya menikah lagi dengan orang lain !. Apakah jodoh itu bisa tertukar atau hanya salah memilih saja?
----


Sesungguhnya, takdir manusia telah di tentukan oleh Allah Swt 50 ribu tahun yang lalu sebelum di ciptakannya langit dan bumi, Lalu bagaimanakah jika ada seorang yang tak kunjung mendapatkan jodoh? Lantas bagaimana pula dengan kasus perceraian yang sudah banyak terjadi?

Seorang muslim wajib meyakini bahwa segala takdir manusia sudah tertulis didalam kitab lauh Mahfudz dan tidak akan pernah berubah. Dan bahwasanya takdir yang tertulis telah ditetapkan oleh Allah Swt sebelum penciptaan langit dan bumi. Sebagaimana Allah Ta’ala telah berfirman yang artinya:

“Katakanlah: Sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan (Allah) untuk kami. Dialah Pelindung kami, dan hanya kepada Allah orang-orang yang beriman harus bertawakkal.” (QS. At Taubah: 51)

Rasulullah SAW juga telah bersabda yang artinya: “Allah telah menetapkan takdir untuk setiap makhluknya sejak lima puluh ribu tahun sebelum penciptaan langit dan bumi.” (HR. Muslim).

Itulah dasar-dasar keimanan yang harus diyakini sepenuhnya oleh ummat muslim.
Di jelaskan juga oleh Syeikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin dalam Kitabnya yaitu Al-Qadha’ wal Qadar "bahwasanya setiap takdir jodoh sama halnya dengan takdir rezeki. Keduanya ini ditulis beserta dengan sebab-sebabnya. Dengannya manusia juga harus bisa menempuh sebab-sebab tersebut untuk bisa memperolehnya. Takdir Rezeki dituliskan beserta sebab-sebabnya, dan sebagian sebab tersebut ialah hasil dari perbuatan manusia dalam mencari rezeki-Nya". Misalnya ialah menyambung tali silaturahmi, sebagaimana yang telah di sebutkan dalam hadits berikut ini: “Barang siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung persaudaraan (sillaturrahim).”

Dan contoh sebab lainnya yakni dengan bertakwa kepada Allah. Sebagiamana Allahu ta'ala juga telah berfirman : “Barang siapa yang bertaqwa, maka ia akan menjadikan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dengan tanpa disangka-sangka.” (Q.S. Ath-Thalaq : 2-3).

Apabila manusia beranggapan bahwa setiap rezeki yang tertulis dan dibatasi, kemudian orang tersebut tidak mau bersusah payah untuk mencarinya. maka Itu adalah pemikiran yang sangat salah. Meskipun takdir rezeki sudah di catat oleh Allah Swt, Maka kita juga wajib untuk mencarinya dan tetap berusaha.

Konsep dari takdir rezeki ini juga terjadi pada takdir jodoh. Sebagaimana Allah telah menetapkan jodoh beserta sebab-sebabnya. Jadi, Manusia juga seharusnya mengambil jalan untuk bisa meraihnya.

Perhatikan penjelasan berikut ini:
“Jika rezeki telah tertulis dan ditakdirkan bersama sebab-sebabnya, maka jodoh pun telah tertulis beserta dengan sebab-sebabnya. Masing-masing dari suami istri telah tertulis untuk menjadi jodohnya. Bagi Allah tidak rahasia lagi segala sesuatunya, baik yang ada di bumi ataupun yang ada di langit,” ucap syekh dikutip dari Almanhaj.

Maka jelaslah bagi kita, bahwasannya seseorang yang menantikan jodoh namun tak kunjung tiba. mungkin saja, dikarenakan orang tersebut belum melakukan usaha untuk meraihnya. Namun perlu diyakini pula, bahwasanya Allah lah yang telah mentakdirkan seseorang untuk memiliki kekuatan, kemampuan atau tidak untuk meraihnya.(Kembali lagi pada dasar keyakinan kita, bahwasanya segala sesuatunya telah Allah Atur dan tertulis dalam kitab Lauh Mahfudz).

Lantas bagaimana dengan kasus perceraian apakah itu termasuk jodoh yang tertukar ?
Seperti halnya yang telah dijelaskan diatas, Konsep jodoh sudah ditetapkan beserta dengan Rezeki dan juga matinya.

Rezeki, Jodoh, dan maut sudah Allah swt tetapkan, namun kita juga tetap wajib menjalankan prosesnya. Meskipun pernah salah dalam memilih atau pernah bercerai, Allah sudah menetapkan takdirnya dengan siapa kita akan berjodoh meskipun harus beberapa kali salah dalam memilih, sebab hakikatnya jodoh adalah misteri yang orang lain tidak akan pernah tahu dengan siapa akan berlabuh dalam bahtera keluarga. sesungguhnya mencari jodoh juga tidak harus lancar, namun tidak juga di anggap mudah, sebab kita harus tetap menjalankan prosesnya meskipun kita Jatuh dan pernah salah dalam memilih seseorang.

penulis :

Iklan Tengah Artikel 2