√ Review Curug Tundo Tigo Kendal: Rute Lokasi, Foto + Harga Tiket Masuk Wisata

Di daerah Limbangan ada juga curug yang masih tersembunyi dan akhir-akhir ini mulai dikenal oleh kalangan pecinta wisata, Curug tersebut ialah Tundo tigo. Curug tundo tigo ini memang bukan hal yang baru dan tidak asing lagi bagi masyarakat desa Pakis, karena memang keberadaanya sudah diketahui sejak dulu.

Tempatnya masih sangat alami dan juga terasa sejuk. karena keberadaan curug tundo tigo ini berada di lereng gunung Ungaran. Karena kurangnya sarana informasi dan promosi membuat curug tundo tigo ini jarang diketahui oleh masyarakat luas.

Curug tundo tigo memiliki ketinggian kurang lebihnya sekitar 15 meter. Dan di bawahnya terdapat kolam yang cukup luas. kolam ini tidak terlalu dalam, hanya setengah meter saja. Sedangkan debit airnya cukup tinggi pada saat musim hujan, dan akan reda ketika musim kemarau.

Harga Tiket Masuk Curug Tundo Tigo Kendal
Htm atau harga tiket masuk ke curug tundo tigo ini ialah Rp5.000 Per orang.
biaya parkir Rp3.000 - 5.000

Nb. ( Harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelola)

Alamat Curug Tundo Tigo Pakis Kendal
Untuk Lokasi Curug tundo tigo ini ialah berada di dusun Keponan, desa Pakis, Kec Limbangan, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah.

Rute Curug Tundo Tigo Pakis Kendal
untuk menuju ke lokasi alamat curug tundo tigo ini tidak begitu sulit. Sebab, Ada beberapa rute yang bisa anda lalui. Tetapi yang paling mudahnya ialah melalui jalur Boja. Nah, Dari Boja tepatnya di simpang 4 Boja, anda bisa ambil arah menuju ke Limbangan. Selanjutnya anda Lurus saja mengikuti jalan tersebut kurang lebihnya sekitar 20 menit-an.

Nantinya kita akan melihat lapangan sepak bola tepat di pinggir jalan ( kiri jalan ) yang cukup luas. Nah anda masih lurus sedikit lagi pas di turunan dan belokan akan ada papan petunjuk ke tempat wisata Curug Tundo Tigo dan Curug Citro Arum. Lapangan sepak bola tadi silakan dijadikan patokan agar lebih mudahnya, yang artinya pada saat di lapangan bola tadi, kurangi kecepatan dan harus jeli melihat papan penunjuk arahnya.

Jika anda dari arah Bandungan, silakan ambil arah menuju ke Kendal / Limbangan. selanjutnya Lurus terus, mungkin agak terlalu jauh jika anda melalui Bandungan. sebab pada saat Sampai ke curug 7 Bidadari anda harus lurus terus. Pokoknya jika anda melewati tanjakan, perhatikan dikanan jalan tersebut apakah ada papan petunjuk arahnya atau tidak, kalau anda ketemu petunjuk arahnya silahkan ikuti.

Medan jalan yang di lalui entah itu dari rute Boja atau Bandungan sama-sama saja berupa tanjakan, turunan, dan berkelok-kelok. di sarankan anda tetap berhati-hati dan jaga konsentrasi saat berkendara. Untuk menuju ke lokasi curug tundo tigo ini anda bisa menggunakan sepeda motor ataupun mobil.

Dari jalan raya anda akan melewati jalan perkampungan. Jalanya ini sudah beraspal beton, Jadi sudah cukup nyaman saat dilewati. Meskipun begitu anda harus tetap konsentrasi ketika mengendarai kendaraan karena medanya ini berupa tanjakan dan turunan dan sesekali ada tikungan.

Sebelum anda sampai ke lokasi curug tundo tigo ini, pengunjung akan melihat panorama alam yang sangat indah dan luar biasa. Dari atas akan nampak hamparan berupa sawah warga dan perbukitan sekitar. Dari jalan raya anda harus menempuh jarak kurang lebihnya sekitar 4 Km untuk bisa sampai ke lokasi.

bagi para pengunjung yang ingin ke curug tundo tigo, anda bisa memarkirkan kendaraannya ke salah satu rumah warga sekitar dengan uang jasa penitipan sekitar Rp5.000 Per Kendaraan.

Setelah anda parkir, para pengunjung harus berjalan kaki kurang lebihnya sekitar 500 meter untuk sampai ke lokasi curug tundo tigo ini. Selama berjalan kaki, para pengunjung akan melewati area perkebunan milik penduduk sekitar, kemudian nantinya akan melewati area hutan.

Setelah anda menyebrangi sungai kecil, para pengunjung akan melewati kebun kopi. Nah disini Suasananya masih sangat asri dan sejuk. Setelah itu barulah anda sampai ke curug tundo tigo-nya.