√ inilah 5 Jenis Permainan Untuk Melatih Motorik Halus Pada Anak

Motorik Halus merupakan kemampuan anak untuk bisa menggerakkan anggota tubuhnya yang biasanya melibatkan tulang, syaraf, dan otot, agar bisa melakukan aktivitas tertentu. Pada umumnya, kegiatan ini banyak melibatkan jari-jari tangan serta kaki.

Salah satu contoh kemampuan motorik halus anak yang mempunyai peran pada kemandirian yaitu kemampuan anak dalam membuka pintu, mencuci tangannya, menyikat gigi, menulis atau melukis, menggerak-gerakan jari kaki, serta ketika anak dapat membuka dan menutup kancing pakaiannya.


Jenis Mainan Untuk Melatih Kemampuan Motorik Halus Pada Anak
Agar kemampuan motorik halus anak dapat terlatih dengan baik, maka anak haruslah mempunyai koordinasi, kekuatan, serta kemampuan untuk bisa menggerakkan otot-otot pada jari tangan dan kakinya dengan baik. Kemampuan motorik halus pada anak bisa dilatih ketika anak telah berusia sekitar 2 tahun.

Berikut dibawah ini jenis-jenis permaian agar bisa membantu anak mengembangkan kemampuan motorik halusnya:

1. Bermain menggunakan gelang karet
Salah satu kegiatan permaianan yang bisa dilakukan oleh anak agar otot-otot kecil terlatih yaitu dengan cara memberikan gelang karet pada anak untuk ia mainkan.

Ajarkan dan ajaklah anak untuk bisa melakukan kegiatan mengalungkan karet tersebut kesebuah benda (contohnya: kaleng atau botol). Ketika melakukan kegiatan ini, ajaklah anak untuk menghitung berapa banyakkah karet yang berhasil ia kalungkan pada kaleng atau botol.

2. Bermain menggunakan kertas
Marilah menyiapkan kertas yang tidak terpakai lagi atau koran bekas diatas meja kemudian letakkanlah tangan anak di atasnya.

Ketika tangan anak telah diletakkan, mintalah padanya untuk meremas kertas tersebut menjadi sebuah bola, tanpa ia harus mengangkat tangannya.

Untuk Kegiatan lainnya, mintalah pada anak untuk menggunting gambar yang ada pada buku ataupun majalah, lalu tempelkanlah hasil tersebut pada sebuah kertas hingga tempelannya menjadi sebuah kolase yang unik.

3. Bermain menggunakan lilin
Bermain lilin playdough atau tanah liat, bisa digunakan sebagai media untuk melatih keterampilan motorik halus pada anak. Biarkanlah anak mencubit playdough atau tanah liat menggunkan jarinya, dan berkreasi sesuai imajinasinya hingga menghasilkan benda-benda yang ia sukai.

Selain playdough serta tanah liat, bisa juga membuat adonan kue untuk dijadikan sebuah permaian.

4. Belajar makan dengan menggunakan sendok
Ajarkan pada anak ketika makan untuk menggunakan sendok ataupun garpu. Ketika anak mulai makan dan terlihat berantakan, biarkan dan janganlah membantunya. Ketika kita membiarkannya anak akan mencari tahu dengan sendirinya bagaimanakah ia harus menggenggam, dengan begitu ia akan mengarahkan alat makan yang dipegangnya dengan benar.

5. Membuat susunan balok dan puzzle
Menyusun balok dan puzzle merupakan salah satu permainan yang dapat melatih motorik halus anak. Mintalah anak untuk menyusun balok dan puzzle hingga membentuk suatu hal yang ia sukai.

Selain kegiatan diatas bisa juga menyediakan sebuah ember untuk diisi oleh anak dengan memasukkan mainan kedalamnya, setelah itu mintalah anak untuk menuangkannya kembali hingga kosong.

penulis :

Iklan Tengah Artikel 2