√ Trik Anak Bisa Menulis Dengan Mudah, Ajarkan 5 Cara Berikut ini ...

Cara Belajar Anak Bisa Menulis dengan Mudah

Bagi mereka yang kini telah menjadi orang tua tidak jarang menginginkan anaknya bisa berkembang menjadi seseorang yang pandai dan pintar. selain hal tersebut, pada usia anak baru menginjak usia 4-6 tahun sudah banyak orang tua yang telah mengajarkan anak-anaknya untuk bisa belajar menulis.

Masa perkembangan anak terbagi atas: perkembangan nilai moral agama, perkembangan bahasa, perkembangan sosial emosional, perkembangan fisik motorik, perkembangan kognitif dan perkembangan seni. Salah satu perkembangan yang akan dibahas kali ini adalah perkembangan fisik motorik yang berhubungan dengan motorik halus anak yaitu kegiatan menulis.


Cara mengajarkan anak bisa menulis dengan Mudah

1. Menebalkan rangkaian trace the dot
Sebagai seorang pendidik tentunya sudah mengetahui apa itu trace the dot, akan tetapi bagi para orangtua hendaknya juga mengetahui seperti apakah cara mengajarkan menulis pada anak dengan menebalkan trace the dot. sebab trace the dot ini sangat mudah agar bisa diikuti oleh anak.


Cara mudah untuk mengajarkan trace the dot yaitu bunda bisa membuat sebuah pola sendiri dengan cara manual yaitu dengan menggambarkan angka, huruf, berbagai bentuk ataupun rangkaian tertentu. Pola titik-titik ini dapat digambarkan menggunakan pensil.

Selain dibuat secara manual trace the dot ini didapatkan dari buku-buku atau mencetak font sejenis melalui word ataupun gambar dari internet. Cara ini bisa mengajarkan pada anak untuk bisa menulis, dan cara mendapatkannyapun lebih praktis serta bisa menghemat waktu dibandingkan dengan bunda membuatnya sendiri.

Dengan metode trace the dot ini, anak bisa menebalkan ataupun menyambungkan dari masing-masing titik hingga ia bisa menciptakan sebuah tulisan atau bentuk tertentu.

2. Menebalkan huruf-huruf tipis
Setelah anak berhasil menebalkan trace the dot, bunda bisa mengajak anak untuk belajar menulis melalui huruf-huruf tipis dengan cara menebalkannya.

Tidak jauh berbeda dengan metode sebelumnya, kegiatan menebalkan huruf tipis ini dapat dilakukan dengan membuatnya sendiri, melalui buku-buku hingga mencari alternatif dari internet dan mencetaknya.

Untuk pembelajaran pertama kali, pilihlah pola-pola yang berukuran besar agar anak bisa dengan mudah mengerjakannya. Karena ketika bunda memilih pola yang terlalu kecil untuk pembelajaran awal, maka anak akan merasa kesulitan untuk melakukan kegiatan tersebut.

Saat anak belajar untuk menebalkan huruf-huruf tipis, bunda bisa menggunakan berbagai type huruf dimulai dari huruf A hingga Z. Dari bentuk-bentuk yang beragam hingga kesulitan yang berbeda-beda pada setiap hurufnya, hal ini akan membuat anak belajar untuk menyelesaikan masalahnya sendiri.

3. Belajar Menulis melalui kegiatan menjiplak
Memegang sebuah pensil ataupun membentuk huruf-huruf terkadang  bisa menjadi salah satu hal yang menjadi kesulitan untuk anak ketika ia memiliki masalah menulis.

Maka dari itu, marilah ajarkan anak menulis dengan metode, atau cara yang mudah untuk diterapkan. Salah satu yang menjadi metode sering digunakan pada pembelajaran anak ialah menulis melalui kegiatan menjiplak.

Menjiplak merupakan kegiatan anak dalam menirukan angka, huruf atau bentuk tertentu dengan menggunakan sebuah pola. Metode atau cara menjiplak ini biasanya menggunakan media kertas yang lebih tipis untuk bagian atasnya, sehingga anak bisa dengan mudah melihat jenis-jenis pola yang berada di bagian bawahnya yang bisa ia jiplak.

Menulis dengan cara menjiplak ini bisa membantu anak belajar menirukan huruf secara perlahan-lahan. Dengan menuntun anak secara perlahan melalui kegiatan menjiplak secara rutin, maka bisa menjadi perkembangan yang baru bagi anak.

Bahkan ketika anak sudah mulai terbiasa anak akan mampu menulis dengan mandiri tanpa perlu bunda sediakan pola lagi untuk menjiplak.

4. Mengajarkan menulis huruf satu demi satu
Tahap selanjutnya untuk mengajarkan anak menulis yaitu dengan membantu anak belajar untuk menulis huruf abjad satu persatu. Dari 26 huruf abjad yang ada dari huruf A hingga Z bisa melatih perkembangan anak.

Ketika meminta anak untuk menulis huruf satu persatu, bunda dapat membaginya menjadi huruf vokal terlebih dahulu dimulai dari huruf a, i, u, e, o dan usahakan kenalkan huruf kecil terlebih dahulu.

Bila kemampuan anak untuk menulis huruf vokal telah terlatih dengan baik, maka bisa bunda lanjutkan melatih menulis huruf konsonan. Bahkan ketika dirasa anak telah mampu, tidak ada salahnya bunda mencampurkan kedua huruf tersebut agar kemampuan menulis anak bisa semakin bertambah.

Ketika melatih huruf satu persatu ini bisa dilakukan dengan konsisten, agar kemampuan anak bisa berkembang sesuai yang diharapkan.

5. Mengajarkan menulis melalui suku kata
Tahap terakhir untuk melatih anak menulis yaitu menulis melalui suku kata. Tahap ini merupakan tahapan lanjutan dari tahap sebelumnya. Ketika anak telah mampu menulis huruf satu persatu bunda dapat melanjutkan mengajarkan anak untuk menulis suku kata.

Kenalkanlah anak menulis melalui suku kata misalnya ba, bi, bu, be, bo dan lainnya. Dengan mengenalkan anak menulis melalui suku kata akan memberikan dampak dan manfaat positif bagi anak. Cara ini selain membantu anak dalam menulis, bisa membantu dan mempermudah anak dalam belajar membaca.

Saat mengajarkan anak menulis janganlah lupa untuk memberikan dukungan dan pujian kepada anak, agar anak mempunyai motivasi untuk terus mencoba dan belajar.

Itulah tahapan mengajarkan menulis pada anak yang dapat bunda lakukan secara perlahan-lahan agar kemampuan menulis anak dapat berkembang dengan baik dan sesuai harapan.



Baca Selanjutnya Tips Anak Belajar Menulis dibawah ini:
1. 18 Cara Mengajarkan Anak Bisa Menulis Dengan Baik Dan Benar
2. 12 Cara Agar Anak Bisa Menulis Dengan Rapi Dan Tepat
3. Agar Anak Bisa Menulis Dengan Baik, Ajarkan 15 Cara Melatih Motorik Halus Berikut ini ...
4. 5 Cara Melatih Anak Belajar Menggunting Kertas Untuk Mengasah Motorik Halus-Nya

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ Trik Anak Bisa Menulis Dengan Mudah, Ajarkan 5 Cara Berikut ini ..."

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2