√ Agar Anak Bisa Berhitung, Ajarkan 6 Pelatihan Sederhana Berikut ini ...

Salah satu kemampuan pada anak yang banyak diharapkan oleh orangtuanya ialah bisa berhitung. Meskipun dalam pembelajaran di paud/tk/ra guru tidak diperbolehkan mengajarkan anak untuk berhitung seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian. Akan tetapi tidak perlu khawatir, sebab para pendidik paud selalu berusaha mengajarkan anak bisa berhitung dengan berbagai kreativitas media yang telah disediakan.

Kemampuan berhitung pada anak usia dini termasuk kedalam salah satu aspek perkembangan anak yaitu perkembangan kognitif. Tapi tidak perlu khawatir, meskipun yang ditargetkan ialah untuk melatih anak berhitung atau meningkatkan kemampuan kognitifnya, biasanya media yang disediakan berkaitan dengan perkembangan yang lainnya juga, diantaranya ialah perkembangan moral agama, sosial emosional, bahasa, fisik motorik dan seni.


Selain pembelajaran disekolah paud/tk/ra untuk dapat mengajarkan anak berhitung, bunda juga bisa melakukan berbagai kegiatan untuk melatih kemampuan anak agar bisa berhitung. Berikut dibawah ini cara yang bisa bunda lakukan agar anak tertarik untuk belajar berhitung dan kemampuannya pun bisa berkembang dengan optimal:

1. Mengenal angka ketika ia berulang tahun
Pada saat anak berulang tahun, bunda dapat mengenalkan angka pada anak melalui lilin yang ada pada kue ulang tahunnya.

Pada momen ulang tahun ini bunda bisa mengenalkan angka lain pada anak. Misalnya ketika anak berulang tahun yang ke 4 bunda bisa mengenalkan angka 1, 2, 3, dan 5 pada anak.

Selain itu bunda dapat mengajak anak untuk menghitung berapa banyakkah hadiah yang ia terima. Bisa juga mengelompokan hadiah tersebut menurut warnanya, kemudian mintalah anak untuk menghitung berdasarkan kelompok-kelompok tersebut. Selain anak berlajar berhitung  ia juga dapat mengenal  mengenai berbagai warna.

2. Menghitung jumlah makanan
Bunda dapat mengajarkan anak berhitung ketika ia sedang makan. Misalnya ketika anak sedang memakan camilannya (permen, coklat, snack, atau makanan lain yang disukainya) ajaklah anak untuk menghitung camilannya sebelum ia memakannya.

3. Menghitung buah dan sayur
Pada saat bunda di dapur, ajaklah anak untuk memilah buah-buahan dan sayuran berdasarkan warnanya. Ketika anak mulai memilah, ajaklah anak untuk menghitung berapa banyakkah buah-buahan dan sayuran yang ada.

Bunda dapat memanfaatkan buah-buahan ataupun sayuran yang menarik minat dan perhatian anak. Seperti tomat, jeruk, mentimun, anggur ataupun yang lainnya agar anak tertarik untuk menghitungnya.

4. Menghitung dengan menyanyikan sebuah lagu
Salah satu cara yang menyenangkan untuk belajar berhitung yaitu melalui sebuah lagu jangan lupa untuk memeragakannya dengan jari. Karena dengan bantuan jari yang bunda peragakan anak akan lebih mudah dan cepat paham akan konsep bilangan dan hitungan.

Lagu yang dapat bunda ajarkan diantaranya Sayang Semua (Satu Aku Sayang Ibu), Balonku, Lima Jari dan lagu lainnya.

5. Menghitung banyaknya sepatu
Selain sepatu yang sering dipakai anak, biasanya sepatu ayah atau sepatu bunda juga berusaha ia pakai. Hal ini dikarenakan sepatu-sepatu tersebut telah menarik perhatiannya.

Ketika perhatian anak tertarik akan sesuatu benda, marilah ajak anak untuk belajar berhitung. Karena dengan benda yang disukainya biasanya anak lebih cepat untuk menghafal dan belajar. Caranya ialah ketika anak memasukkan kakinya atau ketika bunda memakaikan sepatu pada anak, ajaklah ia untuk menghitungnya.

Meskipun melalui kegiatan ini, angka yang dikenal anak baru sampai dengan angka 2, tapi kegiatan ini merupakan hal baik dan menyenangkan dalam mengenalkan angka dan hitungan pada anak.

6. Menghitung banyaknya mainan
Setiap anak pasti menyukai mainan, maka marilah ajak anak untuk mengenal angka dan berhitung melalui mainannya. Saat pembelajaran berhitung pada anak bunda dapat mendampingi dan menghitung bersamaan dengan anak.

Misalnya mainan kereta api, bunda dapat menempelkan angka-angka pada gerbong dan ajaklah anak untuk memasangkan gerbong tersebut berdasarkan angkanya.

Hal ini juga bisa dilakukan pada mobil-mobilan dengan cara, setelah angka di tempelkan ajaklah anak untuk memarkirkan mobilnya berdasarkan urutan angkanya.

Selain permainan diatas contoh lainnya ketika anak menyukai bola-bola kecil ajaklah anak untuk menghitung bola tersebut dengan memasukkannya kedalam sebuah wadah. Dan masih banyak kegiatan berhitung lainnya melalui mainan yang dimiliki anak.

Bagaimana bunda, tertarik untuk mencobanya? Ajarkanlah satu persatu kegiatan di atas agar anak tidak merasa bosan dan kemampuan anak dalam menghitung dan mengenal angka dapat berkembang dengan baik.

penulis :

Iklan Tengah Artikel 2