√ Jangan Keliru, Berikut Perbedaan Anak Aktif Dan Anak Hiperaktif Yang Harus Bunda Ketahui ...

Saat anak balita mulai tumbuh besar, ia akan cenderung lebih banyak bergerak, baik itu sekedar berjalan, berlari ataupun melompat.

Bunda yang mempunyai anaknya aktif seringkali keliru dalam mendeskripsikan keaktifan anaknya. Tak jarang, banyak sekali dari orangtua yang mendeskripsikan anaknya termasuk anak hiperaktif. Padahal anak aktif dengan hiperaktif memiliki makna yang berbeda.

Anak yang aktif memiliki keadaan otaknya normal tanpa gangguan. namun secara umum, anak aktif ini memiliki energi yang cukup melimpah sehingga cenderung aktif dalam melakukan segala macam hal.

Sedangkan pada anak hiperaktif memiliki gangguan pada tingkah lakunya yang disebabkan oleh disfungsi neurogis.


Berikut dibawah ini perbedaan anak aktif dan anak hiperaktif yang harus bunda ketahui:

1. Anak aktif Masih Bisa "fokus" Dengan Baik
Meskipun anak aktif cenderung lebih banyak melakukan gerakan, akan tetapi mereka bisa memfokuskan perhatiannya kepada suatu hal yang sedang dilakukan ataupun dikerjakan-Nya.

Namun berbeda dengan anak hiperaktif, mereka cenderung hanya bisa fokus sebentar saja.

Untuk mengetahui apakah anak bunda termasuk aktif ataukah hiperaktif, cobalah ajak anak untuk berbicara mengenai topik yang menarik.

Perhatikan apakah anak bunda mampu mendengarkan secara seksama atau tidak?.

Apabila anak bunda hanya mampu mendengarkan selama beberapa menit saja, kemudian anak tampak gelisah ketika di minta harus duduk diam, berarti anak bunda bisa saja termasuk anak yang hiperaktif.

2. Anak pasif cenderung suka meninggalkan makanannya
Apabila anak bunda sulit untuk di ajak makan di meja makan, bukan berarti anak bunda hiperaktif.
.
Umumnya, Anak aktif biasanya mudah merasa bosan jika makan dimeja sehingga anak aktif lebih suka memilih untuk makan sambil melakukan aktifitas lainnya, misalnya seperti menonton TV ataupun sambil bermain.

Sedangkan anak hiperaktif seringkali meninggalkan makanannya, hal ini disebabkan karena ia lebih tertarik untuk melakukan sesuatu hal lain dan tidak bisa fokus dengan apa yang ada di hadapannya.

3. Anak aktif tidak mudah menangis
Umumnya, anak aktif hanya akan menangis ketika ia merasakan sedih dan juga kesal.

Namun yang sebenarnya, anak aktif tidak mudah menangis jika dibandingkan dengan anak hiperaktif. Sebab, anak aktif ini masih bisa mengontrol perasaannya dengan baik.

Sedangkan pada anak hiperaktif ia lebih cenderung mudah untuk menangis karena ia sangatlah hipersensitif. Kemudian anak hiperaktif ini sangat mudah terusik dan mudah mengeluh.

Umumnya, tangisan berupa rengekan tanpa air mata bisa menjadi cara anak hiperaktif untuk mengeluh.

4. Anak hiperaktif tidak bisa sabar
Apabila dibanding dengan anak yang aktif, anak hiperaktif-lah cenderung tidak bisa sabaran.

Umumnya, anak hiperaktif cenderung tidak bisa mengalah, tidak bisa menunggu ataupun tidak mau bergantiian dengan temannya saat bermain.

5. Anak aktif juga mudah bosan
Biasanya, anak aktif juga mudah bosan dengan sesuatu permainan yang dimainkannya. Sebab ia menganggap permainan tersebut kurang menarik menurutnya. Akan tetapi anak aktif ini akan terlihat asik kembali dengan mainan barunya.

Sedangkan pada anak hiperaktif sangat berbeda, umumnya ia akan lebih mudah bosan dengan mainan apapun, sebab cakupan perhatiannya cukup pendek.

6. Anak hiperaktif suka berbicara dengan tempo yang cepat
Umumnya anak hiperaktif cenderung lebih suka berbicara dengan tempo yang cukup cepat dan volume suara yang sangat tinggi.

Selain itu, Anak hiperaktif juga seringkali memotong pembicaraan oranglain saat diajak berbicara.

Sedangkan pada anak aktif cenderung bisa menangkap dan mengingat kosakata baru dengan cepat dan lebih mudah. Mereka juga bisa berbicara dengan tenang dan masih mau mendengarkan ucapan oranglain yang mengajaknya berbicara.

Nah Itulah beberapa perbedaan anak aktif dan anak hiperaktif.
Apabila bunda masih bingung anak bunda termasuk golongan anak aktif ataukah hiperaktif, tidak ada salahnya jika bunda berkonsultasi dengan dokter ataupun psikolog agar bisa mengetahui secara langsung dan lebih jelasnya.

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ Jangan Keliru, Berikut Perbedaan Anak Aktif Dan Anak Hiperaktif Yang Harus Bunda Ketahui ..."

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2