√ Penyebab Mata Minus Di Usia Dini, Cegah Sebelum Terlambat ...

Pernahkah bunda memperhatikan di era serba canggih ini semakin hari semakin banyak anak-anak yang memakai kacamata?

Tentu hal ini sangat mengkhawatirkan bagi setiap orangtua, karena usia yang masih kecil mereka harus kekurangan kemampuan indera penglihatannya.

Beberapa anak memang ada yang memiliki penyakit dari bawaan lahir, sehingga ia harus mengenakan kacamata sejak kecil. Namun sebagian anak lainnya menggunakan kacamata disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan buruk karena kelalaian orangtua-Nya.

Lalu, apa sajakah penyebab mata minus pada anak ?
Berikut dibawah ini alasan kenapa mata anak menjadi minus di usia dini, serta apa yang harus dilakukan oleh bunda apabila mata anak mengalami minus dan memakai kacamata:


1. Gadget bisa menjadi penyebab utamanya
Teknologi yang semakin canggih telah memudahkan banyak orang untuk mengaksesnya, termasuk anak-anak. Tentu hal ini sudah tidak heran lagi.

Anak-anak yang suka menonton TV ataupun menonton video pada gadget. Sebenarnya Jauh lebih riskan pada penggunaan gadget. Sebab, Paparan blue light dari gadget inilah yang bisa merusak mata anak secara perlahan-lahan. Alhasil, mereka bisa menderita miopi, rabun jauh, ataupun mata minus.

2. Penggunaan gadget yang terlalu lama
Para ahli telah mengungkapkan, anak-anak yang berusia di bawah 2 tahun seharusnya tidak boleh diberikan akses sama sekali menggunakan gadget.

Kalaupun harus terpaksa, minimal sekali anak berusia 1,5 tahun baru dikenalkan dengan gadget. Itupun tidak lebih dari 1 jam per-harinya, dan tentu saja harus dengan pengawasan orangtua.

Sedangkan anak-anak berusia 2-5 tahun disarankan hanya mengakses gadgetnya maksimal 1 jam per harinya. Apabila melebihi batas waktu tersebut, tentu bisa merusak mata anak.

Anak-anak yang berada didekat gadget terlalu lama justru lebih riskan menyebabkan penglihatannya menjadi terbatas. Dampaknya, Mereka akan melihat benda jauh menjadi tidak jelas, penglihatannya menjadi buram dan mengalami banyak kesulitan menentukan posisi tepat dari suatu objek.
.
Alangkah baiknya suatu pendidikan pada anak tidak melibatkan Gadget agar tumbuh kembang anak menjadi lebih Optimal.

Untuk mengetahui Dampak buruk penggunaan Gadget lebih mendalam bisa simak kedua artikel dibawah ini:
>>14 Dampak Buruk Jika Anak Keseringan Bermain Handphone / Smartphone

>>Ketahui, 5 Dampak Buruk Yang Akan Terjadi Jika Anak-Anak Keseringan Bermain Game

3. Membaca dengan cara yang salah
Selain penggunaan gadget, mata anak yang minus juga bisa disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan membaca dengan cara yang tidak benar.

Misalnya, mereka dibiarkan membaca sembari tiduran dan penerangan lampu yang kurang. Akibatnya, mata anak akan dipaksa bekerja lebih banyak, dan akhirnya mereka mengalami rabun jauh.

4. Mata minus disebabkan karena kornea terlalu melengkung
Jika sudah seperti ini, berarti anak sudah terkena oleh miopi atau mata minus. Hal Ini bisa diakibatkan karena kornea mata terlalu melengkung, sehingga mata anak tidak bisa fokus dengan tepat.

5. Bagaimanakah caranya mengetahui anak mengalami mata minus?
Umumnya, tandanya sangat mudah dikenali. Mereka akan mengalami kesulitan melihat benda jauh dengan jelas. Anak kesulitan saat diminta tolong mengambilkan benda kecil yang letaknya jauh. Dan tanda lainnya, ia seringkali bertanya tentang objek-objek tertentu yang letaknya jauh dari tempat anak berdiri.

Jika sudah seperti ini, sebaiknya bunda mengajak anak ke dokter ataupun klinik mata untuk tindakan lebih lanjut.

6. Menjaga kesehatan mata sebelum terlambat
Mulai sekarang, tidak ada salahnya jika bunda membatasi waktu mereka terpapar oleh gadget. Berikanlah beberapa pilihan permainan menarik tanpa harus bermain gadget.

Kemudian, Jangan biarkan anak menonton TV dengan jarak yang terlalu dekat, dan jangan biarkan anak menonton video di ponsel terlalu lama.

7. Cara merawat mata minus pada anak
Apabila mata anak sudah terlanjur minus dan memakai kacamata, sebaiknya bunda lebih memperhatikan kesehatan matanya. Kemudian selalu bersihkan kacamatanya dengan teratur dan berikanlah obat tetes mata secara teratur apabila memang dianjurkan oleh dokter.

Selain itu, bunda juga bisa memberikan beberapa makanan yang kaya akan vitamin A dengan porsi yang lebih banyak. Beberapa contohnya ialah seperti wortel, tomat, pepaya, paprika, dan lainnya.

Selain dari vitamin A, bunda juga bisa berikan Omega-3 yang terkandung didalam menu ikan.

Author :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar Untuk "√ Penyebab Mata Minus Di Usia Dini, Cegah Sebelum Terlambat ..."

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2